5 Langkah Memilih Jadwal Tiket Travel

Jadwal perjalanan travel dari berbagai kota di Indonesia kini telah semakin mudah ditemukan. Bahkan untuk Anda yang ingin mencari tiket travel untuk keberangkatan di hari H, Anda tetap dapat menemukannya dengan mudah.

Tiket travel yang banyak tersedia menjadikan Anda dapat memilih jadwal travel sesuai dengan kebutuhan Anda. Bila Anda ingin mengetahui bagaimana langkah mudah untuk menentukan jadwal travel yang ingin Anda pilih, berikut ini merupakan sekilas ulasannya untuk Anda.

Lihat Juga : Traveloka Xperience – Hadirkan Pengalaman Liburan tak Terlupakan

Cermati Jadwal Anda

Cermati Jadwal Travel Anda
Sumber Image : Kompasiana.com

Ketika akan mencari tiket travel yang akan Anda pilih, tentu hal pertama yang harus Anda lakukan ialah memeriksa jadwal keberangkatan yang Anda inginkan.

Biasanya penumpang cenderung memilih untuk memesan tiket travel terlebih dahulu baik beberapa hari maupun beberapa jam sebelum keberangkatan. Sebenarnya hal ini sah-sah saja untuk dilakukan selama Anda menghindari beberapa hal berikut.

#1. Ubah Jadwal

Bagi para penumpang yang ingin berangkat ke kota lain menggunakan travel, hal pertama yang harus dihindari ialah mengubah jadwal keberangkatan terlalu dekat dengan jam keberangkatan.

Hal ini harus dihindari agar Anda tetap mendapatkan kuota keberangkatan sesuai dengan kebutuhan Anda. Sebagai contoh, ketika Anda hendak bepergian dari Kota Jakarta ke Semarang, sebaiknya Anda memeriksa terlebih dahulu jadwal travel Jakarta Semarang lengkap sebelum melakukan pemesanan tiket.

Kalau terpaksa Anda harus mengubah jam keberangkatan, pastikan Anda melakukannya jauh hari atau beberapa hari sebelum jadwal keberangkatan Anda.

Bila pihak penyedia jasa travel harus menentukan jam keberangkatan Anda, sebaiknya Anda memilih jadwal yang paling mungkin untuk Anda pilih dan jangan membuat jadwal yang masih fakultatif agar Anda tidak tertinggal dari jadwal keberangkatan travel.

#2. Tidak Berangkat dari Pool

Hal lain yang sebaiknya Anda hindari adalah mencari travel di tengah jalan maupun mencegat travel di pinggir jalan. Meskipun hal ini masih cukup banyak dilakukan oleh masyarakat Indonesia, namun sebaiknya hal ini Anda hindari karena cara-cara seperti ini bukan hanya akan mengganggu kenyamanan Anda, namun juga kan mengganggu kenyamanan penumpang lain.

Selain itu, apabila Anda melakukan hal ini dengan tidak berangkat dari pool travel, kemungkinan Anda tak akan mendapatkan jatah kursi yang nyaman dari pihak travel.

Pihak penyedia jasa travel biasanya telah menentukan dan menghitung berapa jumlah penumpang yang akan dibawa dalam sekali perjalanan. Apabila Anda naik tidak melalui pool, Anda tidak akan terhitung sebagai penumpang resmi dan hal itu tentu akan mengganggu keamanan dan kenyamanan Anda.

Oleh karena itu, sebelum Anda membeli tiket travel untuk keberangkatan Anda ke kota tujuan, sebaiknya Anda cermati dulu jadwal Anda dan pilih tiket travel yang terdekat dan mungkin untuk Anda jangkau.

Hal itu ditujukan untuk kenyamanan Anda serta kenyamanan seluruh penumpang yang akan menggunakan jasa travel antar kota.

Lihat Juga : 10 Aplikasi Booking Tiket Kereta Api Terbaik

Melihat Jadwal Beberapa Jasa Travel

Melihat Jadwal Beberapa Travel
Sumber Image : Centro MundoLengua

Kini ada banyak jasa travel yang bisa menjadi pilihan Anda. Oleh karena itu, sebelum Anda memilih satu travel untuk berangkat ke kota tujuan, sebaiknya Anda juga mengecek jadwal travel yang mungkin untuk Anda pilih. Ada banyak keuntungan dengan melihat jadwal travel lain sebelum Anda membeli tiket.

#1. Lihat Jadwal Terdekat

Keuntungan pertama ialah untuk melihat jadwal yang paling dekat dengan jadwal keberangkatan Anda. Agar Anda tak menunggu terlalu lama, pastikan untuk memilih jam keberangkatan yang paling dekat dengan Anda.

#2. Bandingkan Harga

Selain untuk melihat jadwal keberangkatan yang paling mungkin untuk menjadi pilihan Anda, tujuan lain dengan mengecek jadwal travel ialah untuk membandingkan harga.

Sebagai penumpang, Anda tentu ingin untuk mendapatkan harga terbaik ketika akan membeli tiket travel bukan? Silahkan Anda membandingkan beberapa penyedia jasa travel sebelum memilih satu travel untuk menjadi pilihan perjalanan Anda.

#3. Sesuaikan Fasilitas

Anda juga dapat menyesuaikan fasilitas yang Anda butuhkan selama perjalanan dengan fasilitas yang disediakan oleh pihak penyedia jasa travel. Bila Anda membutuhkan fasilitas lengkap atau membutuhkan layanan khusus, Anda dapat memberitahukannya kepada pihak penyedia jasa travel sebelum jadwal keberangkatan Anda.

Beberapa hal mudah tersebut ada baiknya untuk Anda terapkan dalam setiap perjalanan Anda. Bahkan, ketika Anda hendak bepergian ke luar kota, hal tersebut justru akan menambah kenyamanan Anda selama perjalanan. 

Penyedia jasa travel terbaik selalu mengakomodasi kebutuhan dan keperluan Anda selama perjalanan dari satu kota ke kota tujuan Anda.

Share Your Thoughts

Your email address will not be published. All fields are required.