JR East Pass, Solusi Transportasi di Kawasan Timur Jepang

Ingin menjelajahi kawasan timur Jepang? JR East Pass merupakan kunci kenyamanan menjelajahi kawasan timur Jepang. Anda bisa mengunjungi berbagai destinasi wisata dengan tarif transportasi yang lebih terjangkau dengan memanfaatkan tiket khusus ini.

Jenis Tiket JR East

Tiket JR East memungkinkan Anda bisa menaiki kereta dari Japan Railways Grup termasuk Shinkansen dan KRL yang melalui jalur Kanto, Tohoku dan Tokyo Raya. Selain itu, tiket ini juga bisa dipakai untuk perjalanan menuju kawasan Nagano, Prefektur Niigata, Shizuoka dan Yamanashi.

Tiket khusus ini terbagi menjadi tiga jenis yakni JR East Tohoku Area, JR East Nagano Niigata Area dan JR East-South Hokkaido Rail Pass. 

JR East Tohoku Area merupakan tiket khusus yang hanya berlaku untuk wisatawan asing yang liburan ke Jepang dengan durasi tak lebih dari 90 hari dan memegang paspor luar negeri.

Jika memiliki tiket ini, Anda berkesempatan untuk merasakan unlimited ride menggunakan kereta JR East di kawasan JR East Tohoku Area. Perjalanan bisa dimulai dari Bandara Narita atau Bandara Haneda Tokyo.

Kemudian, Anda bisa menaiki kereta express terbatas ke Sendai, Iwate, Fukushima, Miyagi, Akita, Yamagata atau Aomori, atau bisa juga menaiki Tohoku Shinkansen.

Tiket JR East Pass Kereta Jepang
image source : klook.com

Apabila Anda ingin memiliki akses tak terhingga menaiki jaringan kereta ke kawasan Nagano dan Niigata, manfaatkan tiket khusus JR East Pass (Nagano, Niigata Area). Tiket khusus ini juga memungkinkan Anda bisa mengunjungi berbagai tempat wisata di Nagano dan Niigata dengan menaiki Narita Express, Shinkansen dan Tokyo Monorail.

Selain kereta dari JR East tersebut, Anda juga bisa memanfaatkan tiket JR East Nagano – Niigata Area untuk menaiki kereta non-JR di kawasan Nikko dan Izu. 

Masa berlaku JR East Nagano Niigata ini adalah 5 hari kalender selama masa 14 hari tiket tersebut diaktifkan. Tiket khusus ini sangat bermanfaat bila Anda ingin mengunjungi kawasan Kanto, Atami, Semenanjung Izu, Karuizawa Ski Resort dan Kinugawa Onsen.

Cara penggunaan tiket ini cukup mudah yakni dengan menunjukkan paspor dan pass kepada petugas di pintu masuk manual yang ada di stasiun. Selain praktis, tiket khusus ini juga memungkinkan Anda bisa melakukan reservasi tanpa dikenai biaya tambahan. 

Sementara itu, tiket khusus JR East-South Hokkaido Rail Pass menawarkan harga tiket diskon bagi wisatawan yang ingin menggunakan layanan kereta dari JR East Lines dan JR Hokkaido Lines.

Perjalanan yang nyaman bisa Anda nikmati dari Bandara Narita atau Bandara Haneda ke kawasan Tokyo dan dari Bandara New Chitose ke Sapporo. Perjalanan menjelajahi Tokyo, Aomori dan Sendai terasa lebih nyaman dan cepat dengan memakai kereta express terbatas maupun Hokkaido Shinkansen.  

Lihat Juga : Liburan ke Surabaya dari Jakarta Menggunakan Kereta

Lebih Praktis dan Murah

Menjelajahi kawasan timur Jepang terasa lebih praktis dan mudah dengan memanfaatkan JR East Pass. Hanya dengan menggunakan satu tiket saja, Anda bisa mengunjungi berbagai atraksi di area tertentu secara gratis.

Hal ini tentu membuat budget liburan jadi lebih efisien. Perpindahan dari satu tempat wisata ke tempat lainnya pun terasa lebih mulus dan mudah daripada menaiki bus atau pesawat berulang kali.

Transportasi Kereta Cepat Jepang
image source : jalan2kejepang.com

Anda juga berkesempatan mendapatkan potongan harga apabila mengunjungi Resort Ski Gala Yuzawa menggunakan JR East Pass Niigata Nagano. Potongan harga tersebut berlaku baik untuk wisatawan yang ingin bermain salju (sled), bermain ski maupun mencoba pemandian air panas. Bahkan dengan menunjukkan tiket khusus ini Anda bisa membeli tiket bus PP spesial jalur Takayama-Matsumoto seharga 4.500 yen

Anda bisa membeli tiket JR East sebelum mengunjungi Jepang (secara online) atau ketika sampai di Jepang. Lokasi pembelian JR East yang paling banyak direkomendasikan adalah di Bandara Haneda (Terminal Internasional) dan Bandara Narita (Terminal Internasional, Terminal 1, 2 dan 3.

Selain itu bisa juga membelinya di Stasiun Tokyo, Shinagawa, Shinjuku, Shibuya, Ueno, Ikebukuro dan Yokohama. Sedangkan Bandara Sendai tidak melayani pembelian tiket JR East melainkan hanya melayani penukaran tiket saja. 

Bila ingin liburan yang lebih tertata dan tak ribet, lebih baik memesan tiket JR East Pass secara online di Traveloka. Di Traveloka Anda bisa membeli tiket pass sesuai kebutuhan yang nantinya bisa diambil sendiri atau dikirimkan melalui kurir maupun email.

Apabila terjadi perubahan rencana, Anda masih bisa melakukan refund dengan mudah di Traveloka.

Share Your Thoughts

Your email address will not be published. All fields are required.