Fitur Bluetooth Terbaru Versi 5

Dianisa.com – Fitur Canggih Bluetooth Versi 5 Yang Dapat Mengirim File 4 Kali Lebih Cepat. Bluetooth adalah spesifikasi industri untuk jaringan kawasan pribadi (personal area networks atau PAN) tanpa kabel. Bluetooth menghubungkan dan dapat dipakai untuk melakukan tukar-menukar informasi di antara peralatan-peralatan. Spesifiksi dari peralatan Bluetooth ini dikembangkan dan didistribusikan oleh kelompok Bluetooth Special Interest Group. (Sumber : Wikipedia.org)

Baca Juga :

Baru – baru ini memang banyak laman di internet yang membicarakan tentang fitur terbaru yang akan di usung pada Bluetooth versi 5. Pada versi yang terbaru kali ini katanya akan memberikan fitur pengiriman file 4 kali lebih cepat. Dikutip Selular.ID dari Android Authority (11/6/2016), Mark Powell, Bluetooth Special Interest Group (SIG), mengatakan generasi 5 akan menawarkan 2x radius jangkauan yang lebih luas dan kecepatan transfer yang 4x lebih cepat dari pendahulunya.

Para pengguna ponsel android, IOS, Blackberry, dan Windows Phone tentunya menunggu perilisan Bluetooth versi 5 tersebut. Tapi kita tidak tahu apakah Bluetooth bisa dipasang pada semua ponsel atau hanya pada ponsel versi terbaru. Karena biasanya Bluetooth dipasang sesuai dengan hardware. Yang artinya Bluetooth membutuhkan hardware tersendiri untuk bisa support pada ponsel. Kita tunggu kelanjutannya seperti apa.

Mengenai fitur dari Bluetooth versi 5, anda bisa simak ulasannya fiturnya berikut ini.

  1. Jangkauan 2 Kali Lebih Luas. Seperti yang dikatakan oleh Direktur Bluetooth, dia mengkaim bahwa jangkauan akan lebih luas (Double Range). Pada Bluetooth versi 4.0 idelnya menawarkan minimal 200feet (atau sekitar 60,96 meter). Nah, untuk yang versi terbaru kali ini mungkin akan jauh lebih luas, bisa dibilang hampir mendekati Wi-Fi.
  2. 4X Lebih Cepat. Pada umumnya, saat anda mengirim file menggunakan Bluetooth memang terasa sangat lama, apalagi anda masih menggunakan Bluetooth versi Jadul tentunya anda bisa sambil tidur untuk mengirim satu file. Pada versi sebelumnya, yakni 4.2 Bluetooth bisa mengirim file dengan kecepatan 25Mbps. Nah, untuk versi terbaru yang akan hadir, Bluetooth berjanji akan bisa mengirim file hingga 4 kali lebih cepat dari versi sebelumnya.
  3. Tersedia Paket Iklan Lengkap. Paket iklan yang lengkap bukan berarti banyak iklannya. Namun memiliki jenis iklan yang berbeda – beda sesuai kebutuhan dan keinginan. Ukuran paket saat ini adalah 47 byte dan termasuk rincian seperti nama dan jenis perangkat. Bluetooth 5 akan memiliki paket berukuran lebih besar, yang memungkinkan informasi lebih lanjut untuk dibagi antar perangkat, itu maksudnya paket iklan lebih lengkap yaitu informasi perangkat yang lebih lengkap.
  4. Informasi Lokasi Layaknya GPS. Pada versi terbaru Bluetooth 5.0, tim Bluetooth menyediakan informasi berupa lokasi dan navigasi dari berbagai tempat tanpa koneksi internet. Dikutip dari JurnalWeb.com, “Dengan menambahkan kapasitas secara signifikan untuk transmisi iklan, Bluetooth 5 akan lebih mendorong adopsi dan penyebaran layanan berbasis lokasi pada pengguna diseluruh dunia,” kata Powel.
  5. Hardware Bluetooth Mungkin Harus Baru. Untuk versi 4.0 masih bisa diperbarui pada versi ke 4.1 dan 4.2. tapi untuk versi 5 mungkin belum bisa. Hal ini tentunya akan membutuhkan hardware smartphone yang lebih baru. Artinya Blutooth versi 5 kemungkinan akan dihadirkan pada akhir tahun dengan ponsel buatan terbaru.

Itulah beberapa ulasan singkat mengenai Bluetooth Android Versi 5. Kita tunggu saja kelanjutan mengenai versi terbaru tersebut dilain kesempatan. Semoga dengan adanya fitur baru yang akan diusung oleh Bluetooth versi 5 akan membuat pengguna semakin dimanjakan dengan kecepatan yang lebih Wuzzzzz….

Terima kasih dan semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here