Menghapus Memori Internal Android
Sumber Image : Jalan Tikus

Dianisa.com – Cara Format Memori Internal Smartphone dan Tablet Android Anda. Memori Internal atau lebih di kenal dengan memori telepon merupakan tempat penyimpanan OS Android. Semua data sistem dan aplikasi tersimpan di memori internal. Selain itu, terkadang ada juga data pribadi yang tersimpan di memori tersebut, seperti Foto, Musik, dan Video. Menghapus ataupun format memori Internal secara keseluruhan adalah tindakan yang sangat beresiko, karena memang Memori tersebut berisikan OS Android. Jadi, apabila dihapus secara keseluruhan maka Smartphone Android anda tidak akan bisa digunakan lagi, kecuali anda telah melakukan backup pada semua data sistem.

Baca Juga :

Alasan anda menghapus memori Internal mungkin saja disebabkan oleh lemot atau lelet pada ponsel android, sehingga anda berkeinginan untuk mengembalikan Android seperti setelan pabrik atau awal agar lebih baru dan fresh. Lemot atau lelet itu mungkin saja banyaknya data temporary yang tidak pernah anda hapus, sehingga membuat Memori Internal penuh. Saran saya, sebaiknya tambahkan pula dengan memori Eksternal (Kartu SD) agar semua data aplikasi dapat anda pindahkan atau tambahkan pada memori Eksternal tersebut. Minimal bisa menggunakan memori Eksternal sebesar 4 GB atau 8 GB.

Sebelum anda melakukan penghapusan pada memori Internal, sebaiknya Lakukan Backup agar data-data penting atau data pribadi anda tidak hilang, seperti Aplikasi, Foto, Kontak Telepon, dan lainnya. Berikut Cara Menghapus Memori Internal Android yang dapat anda coba dan terapkan.

Menghapus Memori Internal Android Dengan Factory Data Reset

Sebenarnya melakukan Factory Data Reset bukanlah menghapus semua data OS Android, tetapi hanya menghapus semua data Telepon seperti Aplikasi dan Akun (Google, BBM, Facebook, Line, dan lainnya). Cara ini lebih dikenal dengan mengembalikan Android ke setelan pabrik atau setelan awal. Sebelum melakukan cara ini sebaiknya anda Backup pada semua pengaturan Android melalui Google Server agar semua pengaturan dapat dikembalikan secara otomatis.

Baca Juga :

Delete Memori Internal Dengan Aplikasi Format SD Card

Dilihat dari namnya memang aplikasi ini digunakan untuk menghapus Memori Eksternal (SD Card), tetapi sebenarnya aplikasi bisa anda gunakan untuk menghapus memori Intenal. Aplikasi ini dapat menghapus data telepon dengan mudah dan cepat tanpa menghapus Akun yang terkait dengan OS Android anda. Cara menggunakan aplikasi ini cukup mudah. Pertama, Lepas Kartu SD dan unduh aplikasi ini melalui Google Play. Kemudian buka dan pilih /storage/sdcard0. Setelah itu, pilih opsi “Format SD Card”.

Download Format SD Card via Google Play Store

Format Memori Internal Android Melalui PC Atau Laptop

Cara yang terakhir, anda bisa memanfaatkan PC atau Laptop anda untuk menghapus Memori Internal Android. Pertama, Lepaskan memori Internal (Micro SD) dari slot smartphone android anda, kemudian gunakan kabel USB untuk menghubungkan antara Komputer dengan ponsel Android, pilih mode Portable Device (Media Device) agar memori Internal dapat terbaca oleh komputer. Kemudian masuk pada Folder Explo rer Laptop anda. Cobalah untuk mencari Device yang terhubung, biasanya bertuliskan nama merek ponsel tersebut seperti “Samsung SM-G531H”. Klik kanan dan pilih Format, maka semua data sistem Android akan hilang secara keseluruhan.

NOTE : Tidak semua PC atau Laptop dapat melakukan cara tersebut, karena cara tersebut memang sangat beresiko tinggi.

Baca Juga :

itulah 3 cara yang dapat anda coba dalam Menghapus Memori Internal Android Anda. semoga dengan cara tersebut bisa membantu dan bermanfaat bagi semua pengguna android. terima kasih dan selamat mencoba!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here