4 Cara Merawat Kartu ATM & Kartu Kredit

Anjungan Tunai Mandiri atau yang sering kita dengar dengan ATM, merupakan sebuah alat elektronik yang melayani nasabah bank untuk mengambil uang dan mengecek rekening tabungan mereka tanpa perlu dilayani oleh seorang “Teller” manusia.

Banyak ATM juga melayani penyimpanan uang atau cek, transfer uang atau bahkan pembelian pulsa telepon seluler. Transaksi tersebut diawali dengan menyisipkan cek kertas yang dikeluarkan oleh teller, ditandai dengan karbon-14 untuk pembacaan mesin dan keaamanan, yang dicocokkan dengan enam digit PIN (Nomor Identifikasi Pribadi).

Dengan menggunakan ATM, nasabah dapat mengakses rekening bank mereka untuk membuat penarikan, uang tunai melalui kartu debit, memeriksa saldo rekening serta membeli kredit ponsel prabayar. Meski awal perkembangan hanya sebagai pengambilan uang, saat ini ATM memasukkan banyak produk perbankan lainnya yang terkait seperti:

  • Memperbarui buku tabungan
  • Membayar tagihan rutin : telepon, listrik, asuransi
  • Memproses cek
  • Membayar saldo pada kartu kredit terkait rekening tertentu
  • Mentransfer uang antar rekening

Dan di beberapa negara, khususnya yang menfaatkan jaringan ATM lintas bank terintrgrasi. ATM mencakup banyak fungsi yang tidak berkaitan langsung dengan pengelolaan rekening bank sendiri, seperti:

  • Memuat nilai uang ke kartu prabayar
  • Membeli perangko, tiket undian, tiket transportasi (kereta, pesawat), tiket konser, dan pulsa telepon seluler
  • Fitur permainan dan promosi
  • Donasi ke badan amal

Lihat Juga : Cara Mengganti PIN ATM BNI via Mesin ATM

Merawat Kartu ATM dan Kartu Kredit

Cara Merawat Kartu ATM
Image Source : aspek.id

Jika dilihat dari kebutuhan kartu ATM baik untuk nasabah yang sering menggunakan kartu ATM maupun yang tidak terlalu sering menggunakannya memang sangatlah penting. Selain itu, jika kita tidak merawatnya Kartu ATM tidak terbaca oleh mesin atau bisa jadi kartu ATM rusak maka dari itu kita harus merawat dan membersihkannya agar tidak terjadi kejadian yang tidak diingikan seperti sebelumnya.

Adapun cara merawat kartu ATM dan kartu kredit agar tidak cepat rusak. Yaitu dengan membersihkan bagian tertentu seperti chip dan pita magnetik. Simak beberapa tipsnya berikut ini.

1. Bersihkan chip dengan cotton bath/penghapus pensil

Mungkin hanya sedikit nasabah bank yang mengetahui. Jika dengan membersihkan chip ATM tersebut, transaksi akan berjalan lancar. Terdapat beberapa hal yang dapat menyebabkan gagalnya sebuah transaksi. Hal ini biasanya terjadi karena kartu ATM tidak dibersihkan maupun dijaga dengan baik.

Maka dari itu gunakan penghapus pensil dengan cara gosokkan ke bagian chip tersebut secara halus dan perlahan. Chip pada bagian ATM itu merupakan hal terpenting dalam kartu kredit. Jika chip kotor ataupun rusak maka kartu kredit tersebut tidak bisa terbaca atau bisa jadi rusak. Dan menggunakan penghapus merupakan cara termudah untuk membersihkan, atau anda juga bisa menggunakan cotton bath sebagai penggantinya.

Lihat Juga : Cara Mengatasi Internet Banking BNI Terblokir

2. Bersihkan pita magnetik dengan tissu/kapas

Transaksi gagal juga dapat disebabkan hilangnya sensifitasnya. Oleh sebab itu jangan menyimpan di dalam dompet dalam waktu lama apa lagi dompet itu kotor dan lembab. Kemudan jangan lupa Bersihkan pita magnetik dengan tissu/kapas dengan lembut. Dan jangan pernah membersihkan pita magnetik dengan bahan yang kasar agar pita magnetik tidak rusak.

3. Simpan di dalam Rumah

Bagi para nasabah bank yang jarang sekali menggunakan Kartu ATM untuk bertransaksi lebih baik simpan saja kartu ATM anda di dalam rumah, untuk berjaga-jaga atau menghindari kejadian yang tidak di inginkan seperti kehilangan dompet. Untuk menyimpan didalam rumah pun tidak sembarangan tempat agar tidak cepat rusak atau patah. Simpanlah di loker yang teksturnya lembut dan usahakan jauh dari jangkauan anak kecil.

4. Simpan di Dompet Khusus

Jika anda sering menggunakan kartu ATM dan ingin menyimpan kartu ATM di dalam dompet. Usahakan sedia Dompet khusus untuk menyimpan kartu ATM. Dan dompetnya pun tidak sembarangan, minimal bahan dompet tersebut berteksur lembut dan halus. Supaya tidak terjadi gesekan dipermukaan chip ataupun pita magnetik.

Agar tidak tercampur dengan kartu identitas lainnya, didalam Dompet Khusus tersebut hanya berisi Kartu ATM saja supaya mudah mengambilnya. Dan saya sarankan untuk membeli dompet yang berukuran lumayan besar agar kartu ATM anda muat didalam dan Kartu ATM tidak melengkung.

Lihat Juga : Cara Mengatasi ATM BNI Lupa PIN atau Terblokir

Seperti itulah cara mudah untuk merawat Kartu ATM agar tidak cepat rusak, dan jangan lupa untuk membersihkan kartu atm anda supaya aman dan lancar untuk bertransaksi.

Demikian ulasan singkat dari saya, semoga bisa membantu para nasabah. Bagikan artikel melalui sosial media supaya lebih berguna dan bermanfaat. Jika ada sesuatu yang ingin ditanyakan, silahkan anda tulis melalui kolom komentar dibawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!!!

Share Your Thoughts

Your email address will not be published. All fields are required.