Cara Menghentikan Proses Download Di Android

Dianisa.com – Cara Menghentikan Proses Download Yang Berjalan Di Smartphone Android. HP Android merupakan sebuah smartphone pintar yang dapat kita gunakan sebagai alat berbagi dan komunikasi secara digital. Dulu mungkin kita hanya bisa menggunakan HP sebagai alat komunikasi berupa SMS dan Telepon, tetapi untuk sekarang ini HP sudah bisa digunakan untuk berselancar di dunia maya dengan mudah dan cepat. Selain daripada itu, smartphone android juga bisa digunakan untuk mencari tugas sekolah, tugas kuliah, mencari file, mengunduh film, video, musik, dan lainnya.

Baca Juga :

Dulunya mungkin anda hanya bisa mengunduh video atau film lewat laptop atau PC, tapi sekarang anda bisa mengunduh film melalui smartphone android, tetapi dengan ketentuan bahwa Memori Eksternal (SD Card) anda masih cukup untuk menyimpan file film tersebut dan kuota internet anda masih cukup untuk mengunduh film tersebut. Selain mengunduh film, anda juga bisa menonton dan mendengarkan lagu lewat youtube seperti lagu Maher Zain berjudul Insyallah, Fatin Sidqia Lubis berjudul Away, Harris J berjudul Assalamu’alaikum, serta lagu – lagu lainnya.

Di saat kita mengunduh film atau file lainnya terkadang kita lupa bahwa kuota internet tidak cukup dan ingin menghentikan proses download tersebut. Usut punya usut mungkin anda bingung bagaimana cara menghentikannya, kemudian anda matikan Android anda dan proses download pasti berhenti. Lalu disaat anda menghidupkan kembali Android anda, maka proses download akan berjalan lagi. Nah, di sinilah letak kebingungan terjadi. Mau tau Bagaimana Cara Menghentikan Proses Download Di Android? Berikut langkah – langkah yang dapat anda ikuti.

Menghentikan Proses Download di Android

Ada 2 cara dalam menghentikan proses download yang sedang berjalan. Pertama, apabila anda mengunduh file aplikasi melalui Google Play maka anda bisa langsung membatalkannya dengan menggulirkan Notifitasi Bar pada bagian atas kemudian tekan tanda “X” maka secara otomatis proses download akan berhenti. Sedangkan apabila anda mengunduh file musik, video, dan film melalui Google Chrome atau yang lainnya anda bisa mengikuti langkah – langkahnya dibawah ini.

Menghentikan Proses Download Di Android

  1. Pertama, masuk pada menu “Pengaturan”, kemudian pilih “Aplikasi”.
  2. Selanjutnya masuk pada bagian tab “Semua”, lalu cari aplikasi Downloader yang anda gunakan. Jika anda masih menggunakan aplikasi downloader default maka anda bisa mencari aplikasi “Pengelola Unduhan”.
  3. Terakhir pilih “Hapus Data” dan “Hapus Cache”, Secara otomatis proses download akan berhenti.
  4. Selesai.

NOTE : Cara diatas saya lakukan pada Smartphone Smartfreen Andromax G2. Jika pengaturan smartphone anda menggunakan Bahasa Inggris, maka anda bisa menyesuaikannya sendiri.

Baca Juga :

Demikian ulasan mengenai Cara Menghentikan Proses Download Di Android, semoga bisa membantu dan bermanfaat bagi semua pengguna android. Apabila terjadi kesalahan atau mungkin terjadi error maka anda bisa bertanya melalui kolom komentar, Insyallah saya balas. Terima kasih 🙂

7 KOMENTAR

  1. Kalau batalin app yg kedownload gara2 kepencet pas ada iklan?

    Maksudnya app itu kedownload gara2 gak sengaja pencet layar iklan yg otomatis download. Bukan di google chrome atau playstore yg gampang dibatalin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here