Cara Menghapus Aplikasi di Android Mudah dan Cepat

0
683

Dianisa.com – Cara Menghapus atau Uninstall Aplikasi di Android Dengan Mudah dan Cepat. Smartphone yang menggunakan OS Android kebanyakan dibandrol dengan harga yang relatif murah dan mampu dibeli oleh kalangan masyarakat Indonesia. Selain Powerfull, Smartphone ber OS Android juga memiliki fitur terbaik dan tercanggih dan menjadi saingan dari Apple IOS.

Baca Juga :

Google Play Store menjadi tempat terbaik untuk download aplikasi dan Game Android, baik yang gratis ataupun berbayar. Sebagai tempat download Aplikasi Android, Google Play Store menyediakan lebih dari 1 Milyar aplikasi dan Game yang semuanya dibuat oleh developers – developers di seluruh dunia, baik secara individual ataupun kelompok besar. Jika dibandingkan dengan OS Lain, saya rasa Android lebih unggul dalam menyediakan aplikasi. Mengapa demikian? Karena Aplikasi Android lebih mudah dibuat dibanding aplikasi ber-OS Lainnya.

Bagi anda pengguna Smartphone ataupun Tablet Android yang merasa kebingungan dalam Menghapus Aplikasi Android, kali ini saya akan membantu anda dengan cara yang mudah dan cepat. Setiap Merek Smartphone mungkin akan sedikit berbeda caranya tapi intinya tetap sama. Cara yang akan saya berikan bisa anda terapkan pada semua merek smartphone dan tablet Android mulai dari Samsung Galaxy, Smartfreen Andromax, Oppo, Lenovo, Asus Zenfone, Xiomi, Sony Experia, HTC, LG, Motorola, Advan, Evercross, Acer, ZTE, Flash, dan lainnya. Penasaran Bagaimana Cara Uninstall Aplikasi Di Android, simak ulasannya dibawah ini.

Cara Uninstall Aplikasi dan Game di Android

Cara menghapus aplikasi di Android sangatlah mudah dan cepat, tapi bagi para pengguna Android yang masih baru atau yang baru saja membeli smartphone OS Android pasti kebingungan. Hal ini sangatlah lumprah, karena saya sendiri pada Awalnya juga merasa bingung dalam menggunakan OS Android, baik menginstall, menghapus, ataupun memperbaikinya.

Sebelumnya perlu anda ketahui bahwa tidak semua aplikasi bisa anda hapus begitu saja, hanya aplikasi yang bersifat umum atau publik yang bisa anda hapus. Aplikasi bawaan seperti Galeri, Pesan, Kontak, Google penelusuran, Musik, Kamera, Video Player, dan aplikasi bawaan lainnya tidak bisa anda hapus. Kecuali jika android anda dalam keadaan Rooted mungkin masih bisa menghapus aplikasi bawaan. Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi Tutorial Cara Uninstall Aplikasi Di Android. Untuk melakukannya, silahkan anda ikuti langkah – langkahnya dibawah ini.

1. Langkah pertama, anda buka menu “Setelan” di HP Android yang anda miliki. Selanjutnya, anda bisa pilih “Setelan Tambahan”.

Manajemen Aplikasi di OPPO

2. Kemudian lanjutnya dengan memilih “Manajemen Aplikasi”. Setelah itu, pilih aplikasi yang ingin anda hentikan dan hapus data. Dan untuk melakukannya, anda bisa tap “Hapus Instalasi.

Uninstall Aplikasi di OPPO

3. Dengan melakukan hal ini, maka aplikasi akan tertutup dan semua data pada aplikasi akan terhapus seperti yang saya katakana diatas. Cukup Mudah bukan!!

4. Selesai.

NOTE : Metode di atas saya lakukan pada Smartphone dengan sistem operasi Android Lollipop v5.1.1. Jika anda menggunakan Smartphone beda sistem, anda bisa menyesuaikan sendiri metodenya.

Baca Juga :

Sekedar Share,

Pada bagian info Apl dari aplikasi yang anda pilih, ada beberapa opsi yang tentunya bisa menjadi pengetahuan lebih untuk anda. Untuk lebih jelasnya, coba simak ‘Sekedar Share’ dibawah ini.

  • Paksa Berhenti Adalah opsional bagi anda yang ingin mengentikan aplikasi secara paksa saat aplikasi macet atau error. Selain itu, cara ini juga dapat menghentikan aplikasi saat sedang berjalan dibelakang layar atau background. (Baca : Cara Menghentikan Aplikasi Android Secara Paksa)
  • Copot Pemasangan Adalah Opsional bagi anda yang ingin menghapus atau uninstall aplikasi tertentu sesuai keinginan anda. Aplikasi yang bisa anda hapus sangat bermacam – macam, tidak termasuk aplikasi bawaan.
  • Pindah ke Kartu SD Adalah Opsional bagi anda yang ingin memindah program aplikasi dari memori Internal ke Memori Eksternal ataupun sebaliknya. Cara ini sebenarnya sangat menarik, karena dapat menghemat ruang pada memori Internal. (Baca : Cara Memindahkan Aplikasi Android Ke SD Card Tanpa Root)
  • Hapus Data Adalah opsional bagi anda yang ingin menghapus data sementara secara permanen mulai dari basis data, data login, setelan, dan lainnya. Cara ini biasanya banyak digunakan oleh pengguna Android saat aplikasi mengalami error atau tidak bisa dibuka.
  • Hapus Cache Adalah opsional saat memilik smartphone ingin menghapus cache android supaya tidak terlalu menumpuk pada memori Internal. Cara ini cukup ampuh mengatasi lemot atau lag pada saat – saat tertentu. (Baca : 2 Cara Membersihkan File Cache di HP Android)
  • Dll.

Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Dengan Link2SD

Dari beberapa informasi yang saya dapatkan, anda memang tidak bisa menghapus aplikasi bawaan secara lansung dari setelan android itu sendiri, tetapi anda bisa menghapus aplikasi bawaan dengan bantuan aplikasi dari pihak ketiga bernama Link2SD. Sebanarnya aplikasi Link2SD lebih banyak berfungsi untuk Memindah Aplikasi Dari Internal Card Ke Eksternal Card. Tetapi untuk fungsi lain ternyata juga dapat menghapus aplikasi bawaan. Menariknya lagi, aplikasi ini dapat anda jalankan tanpa akses root sama sekali. Untuk melakukannya, silahkan ikuti langkah – langkahnya dibawah ini.

Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Android

  1. Langkah pertama, unduh dan pasang aplikasi Link2SD melalui Google Play Store secara gratis. Klik link berikut untuk mengunduh : Download Link2SD via Google Play Store
  2. Setelah berhasil memasang, buka aplikasi tersebut, kemudian cari dan pilih aplikasi bawaan yang ingin anda hapus seperti misalnya game bawaan ataupun aplikasi banking bawaan.
  3. Setelah anda pilih, anda pasti bisa melihat “Icon Tiga Titik” pada bagian pojok kanan atas. Klik icon tersebut dan pilih “Hapus”.
  4. Tunggu sampai proses penghapusan aplikasi bawaan selesai. Untuk melihat hasilnya, anda bisa keluar dan lihat apakah aplikasi bawaan tersebut masih ada atau tidak.
  5. Selesai.

Itulah beberapa metode dan langkah – langkah dalam menghapus aplikasi bawaan di smartphone dan tablet android. Sedikit informasi, sebaiknya anda tidak perlu menghapus aplikasi bawaan seperti pesan, galeri, kamera, ataupun aplikasi penting lainnya. Karena hal tersebut sangat beresiko dan sulit untuk dikembalikan.

Baca Juga :

Demikian ulasan singkat Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Di Android, semoga bisa membantu dan bermanfaat. Jika ada sesuatu yang ingin ditambahkan atau tanyakan, tulis melalui kolom komentar dibawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here