Cara Mengatasi Messenger Telah Berhenti

Dianisa.com – Cara Mengatasi “Unfortunately Messenger Has Stopped” di Android Mudah dan Cepat. Messenger merupakan #Aplikasi Pesan Singkat atau chatting yang dikembangkan oleh Facebook Inc. Aplikasi ini terhubung langsung dengan akun Facebook yang kita miliki. Penggunaan aplikasi Messenger cukup mudah dan tidak tidak begitu ribet. Lebihnya lagi, Aplikasi Messenger lebih ringan ketimbang aplikasi #BBM yang pada dasarnya lebih banyak memuat data. Terintegrasi langsung dengan akun facebook membuat pengguna lebih mudah untuk mendapatkan teman di Messenger. Semakin banyak teman di #Facebook, maka daftar teman di Messenger juga sama banyaknya.

Baca Juga :

Akhir – Akhir ini ada banyak pengguna Android yang mengeluh karena aplikasi Messenger yang mereka memiliki mendapatkan problem berupa pesan singkat yang bertuliskan “Sayangnya, Messenger Telah Berhenti” atau dalam bahasa Inggris “Unfortunately Messenger Has Stopped”. Pesan pop up tersebut memang biasanya muncul pada beberapa perangkat Android yang memuat banyak data, namun memori yang ada tidak mencukupi. Selain itu, banyaknya aplikasi yang dibuka membuat aplikasi Messenger error, macet, dan secara otomatis keluar dengan sendirinya. Untuk mengatasi hal tersebut, anda bisa mecoba tips Cara Mengatasi Munculnya Pesan Pop Up Pada Aplikasi Messenger berikut ini.

Cara Mengatasi Aplikasi Messenger Berhenti / Macet

Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi metode ke anda mengenai Cara Mengatasi Aplikasi Messenger Tidak Bisa Dibuka Atau Muncul Pesan Pop Up Error. Penyebab mengenai aplikasi Messenger yang memunculkan pesan pop up tanda error bisa bermacam – macam, utamanya karena file sampah yang menumpuk terlalu banyak. Hal seperti ini memang bisa terjadi pada banyak perangkat Android seperti OPPO, Lenovo, Asus Zenfone, Xiaomi, Samsung, HTC, LG, Motorola, Axioo, Advan, Polytron, Panasonic, Vivo, Huawei, dan perangkat Android lainnya. Dan untuk mengatasinya, silahkan anda simak Metode mengatasi “Sayangnya, Messenger Telah Berhenti” Di Android berikut ini.

Metode 1 : Hapus File Cache / Sampah

Untuk metode yang pertama yang bisa anda lakukan yakni Membersihkan File Sampah Android atau bisa juga membersihkan sampah pada aplikasi Messenger. Terkadang, file sampah yang terlalu banyak menumpuk pada memori membuat jalannya aplikasi terasa lebih lambat. Dan hal tersebut membuat beberapa aplikasi sering terjadi error ataupun macet, salah satunya adalah pada aplikasi Messenger. Untuk membersihkan file sampah, anda bisa tanpa aplikasi dan bisa dengan menggunakan aplikasi cleaner. Untuk caranya, silahkan anda ikuti langkah – langkahnya berikut ini.

Hapus File Cache Messenger

  • Buka menu Pengaturan » Setelan Tambahan » Manajemen Aplikasi » Cari “Messenger” » Kemudian tap “Hapus Cache”.

NOTE : Metode di atas saya lakukan pada Smartphone dengan sistem operasi Android Lollipop v5.1.1. Jika anda menggunakan Smartphone beda sistem, anda bisa menyesuaikan sendiri metodenya.

Baca Juga :

Metode 2 : Hentikan dan Hapus Data Messenger

Jika metode pertama belum berhasil maka cobalah dengan metode berikutnya yakni menghentik dan menghapus data aplikasi. Cara ini akan membuat aplikasi messenger bersih dari data yang bersifat sementara seperti history, file cache, basis data, temporary, dan lainnya. Terkadang, cara ini ampuh dalam mengatasi aplikasi yang error atau macet. Dan untuk melakukannya, silahkan anda ikuti langkah – langkahnya dibawah ini.

Hapus Data Aplikasi Messenger

  • Buka menu Pengaturan » Setelan Tambahan » Manajemen Aplikasi » Cari “Messenger” » Kemudian tap “Paksa Berhenti” dan “Hapus Data”.

NOTE : Metode di atas saya lakukan pada Smartphone dengan sistem operasi Android Lollipop v5.1.1. Jika anda menggunakan Smartphone beda sistem, anda bisa menyesuaikan sendiri metodenya.

Baca Juga :

Metode 3 : Install Ulang Aplikasi Messenger

Jika kedua cara diatas tidak berhasil mengatasi aplikasi messenger yang muncul pesan error, maka sebaiknya anda uninstall atau hapus aplikasi Messenger tersebut dan kemudian ganti dengan yang baru. Menghapus aplikasi Messenger juga harus dibarengi dengan menghapus file sampah dan restart smartphone. Hal ini anda lakukan supaya data instalasi bersih secara total. Dan untuk mendapatkan aplikasi Messenger kembali, anda harus mengunduh secara langsung dari Google Play Store. Untuk menghapus aplikasi, silahkan anda ikuti langkah – langkahnya dibawah ini.

Uninstall Aplikasi Messenger

  • Buka menu Pengaturan » Setelan Tambahan » Manajemen Aplikasi » Cari “Messenger” » Kemudian tap “Hapus Instalasi”.

NOTE : Metode di atas saya lakukan pada Smartphone dengan sistem operasi Android Lollipop v5.1.1. Jika anda menggunakan Smartphone beda sistem, anda bisa menyesuaikan sendiri metodenya.

Baca Juga :

Itulah beberapa metode yang bisa anda lakukan untuk Mengatasi Aplikasi Messenger Yang Error Atau Muncul Tulisan “Sayangnya, Messenger Telah Berhenti” di HP Android. Cara diatas kebanyakan bisa berhasil mengatasi aplikasi yang error. Jika nantinya masih tidak berhasil juga, silahkan anda tanyakan melalui kolom komentar yang ada, semoga saja saya bisa bantu.

Baca Juga :

Demikian ulasan singkat mengenai Cara Mengatasi “Sayangnya, Messenger Telah Berhenti” Di HP Android, semoga bisa membantu dan bermanfaat. Jika ada sesuatu yang ingin anda tanyakan atau sampaikan, silahkan tulis melalui kolom komentar dibawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!!!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here