Cara Mengatasi LINE Android Tidak Bisa Dibuka

Dianisa.com – Tips Jitu Mengatasi Aplikasi LINE Muncul Pesan Error “Sayangnya LINE Telah Berhenti” di HP Android. LINE merupakan salah satu #Sosial Messenger yang populer di kalangan remaja Indonesia. LINE identic dengan Sticker – Sticker-nya yang lucu dan unik yang tidak ada di Aplikasi Messenger lainnya. Munculnya film drama “AADC” (Ada Apa Dengan Cinta) membuat #LINE semakin populer di Negara Indonesia.

Baca Juga :

Namun sayangnya, ada saja masalah yang sering dihadapi para penggunanya saat menggunakan aplikasi LINE. Dari yang tidak bisa video call, Macet, Error, tidak tersedia tombol logout, dan yang paling parah muncul pesan error seperti “Unfortunately, LINE Has Been Stopped”, atau “Sayangnya, LINE Telah Berhenti”. Hal ini menunjukkan bahwa LINE pasti tertutup secara otomatis dan pengguna harus tekan “Ok” untuk keluar dari aplikasi LINE.

Penyebab mengenai masalah tersebut sangatlah bermacam – macam, namun yang paling sering dan paling banyak di alami oleh pengguna android yakni karena masalah RAM Android Penuh, Penumpukan Cache, serta Kapasitas RAM yang terlalu kecil dan tidak bisa membuka banyak aplikasi. Hal ini terjadi tidak hanya pada aplikasi LINE saja, namun berlaku juga pada aplikasi lainnya seperti WhatsApp, BBM, Facebook Messenger, Facebook Lite, WeChat, Instagram, dan lainnya.

Dan masalah ini-pun bisa berlaku pada perangkat android apa saja mulai dari Samsung Galaxy, Xiomi, Oppo, Asus Zenfone, Smartfreen Andromax, Lenovo, HTC, LG, Evercross, Advan, Sony Experia, dan perangkat android lainnya.

Mengatasi LINE Android Berhenti Tiba – Tiba

Ada beberapa tips yang bisa anda coba untuk Mengatasi LINE Android Yang Berhenti Tiba – Tiba, Tidak Bisa dibuka ataupun Force Close. Simak dan lakukan beberapa tips singkatnya dibawah ini supaya LINE Android anda bisa berjalan normal kembali.

Metode 1 : Hapus File Sampah LINE

File sampah atau Cache sering kali menggangu performa aplikasi yang sedang berjalan. Semakin banyak file sampah maka akan semakin memberatkan ponsel android. Dari segi memori tentunya semakin lama akan semakin penuh jika tidak pernah dihapus. Minimal pengguna Android harus membersihkan sampah 3 hari sekali supaya performa Android tetap optimal. Untuk menghapus file sampah yang ada di LINE sebaiknya gunakan aplikasi cleaner atau lakukan secara manual. Untuk cara manual, anda bisa ikuti langkah – langkahnya dibawah ini.

Hapus Cache LINE

  • Buka menu Pengaturan » Setelan Tambahan » Manajemen Aplikasi » Cari “LINE” » Kemudian tap “Hapus Cache”.

NOTE : Metode di atas saya lakukan pada Smartphone dengan sistem operasi Android Lollipop v5.1.1. Jika anda menggunakan Smartphone beda sistem, anda bisa menyesuaikan sendiri metodenya.

Baca Juga :

Metode 2 : Paksa Dan Hapus Data LINE

LINE Android memiliki data – data penyimpanan yang tersimpan di memori Internal Android. Data tersebut hanyalah bersifat sementara seperti data Login, file cache, basis data, dan lainnya. Jika data tersebut dihapus maka akan hilang secara permanen, tetapi hal tersebut tidak menghapus/ uninstall aplikasi. Untuk melakukannya silahkan ikuti langkah – langkahnya dibawah ini.

Hapus Data LINE

  • Buka menu Pengaturan » Setelan Tambahan » Manajemen Aplikasi » Cari “LINE” » Kemudian tap “Paksa Berhenti” dan “Hapus Data”.

NOTE : Metode di atas saya lakukan pada Smartphone dengan sistem operasi Android Lollipop v5.1.1. Jika anda menggunakan Smartphone beda sistem, anda bisa menyesuaikan sendiri metodenya.

Baca Juga :

Untuk masuk pada Aplikasi LINE, anda tinggal masukkan ID dan Password yang telah anda buat sebelumnya disaat LINE belum terjadi masalah.

Metode 3 : Update LINE Android

Memperbaharui aplikasi akan membuat LINE Android terasa lebih segar dan lebih fresh. Semua bugs dan kerusakan akan diperbaiki saat anda mengupdate aplikasi. Selain Bugs dan kerusakan, keuntungan lain mengupdate aplikasi yakni mendapatkan fitur dan tampilan terbaru.

Update LINE Android
Sumber Image : Play Store
  • Buka Google Play Store, kemudian cari aplikasi “LINE” kemudian anda bisa mencoba untuk tap “Update” dan “Terima”.

Metode 4 : Reinstall atau Install Ulang Aplikasi LINE

Jika 3 cara diatas tidak berhasil, maka anda hapus saja aplikasi LINE Android anda kemudian anda install kembali dengan yang baru. Lebih baiknya anda download LINE langsung dari Google Play Store supaya dapat menyesuaikan dengan sistem android yang anda gunakan.

Uninstall LINE

  • Buka menu Pengaturan » Setelan Tambahan » Manajemen Aplikasi » Cari “LINE” » Kemudian tap “Hapus Instalasi”.

NOTE : Metode di atas saya lakukan pada Smartphone dengan sistem operasi Android Lollipop v5.1.1. Jika anda menggunakan Smartphone beda sistem, anda bisa menyesuaikan sendiri metodenya.

Baca Juga :

Untuk mengunduh Aplikasi LINE, langsung saja masuk ke Google Play Store dan cari aplikasi line, lalu pasang di Android anda.

Metode 5 : Matikan Android, Cabut Baterai, Copot SIM Card dan SD Card

Langkah terakhir yang bisa anda lakukan yakni dengan mematikan Android selama beberapa saat, cabut baterai, SIM Card, dan Eksternal Card. Diamkan selama beberapa saat agar tidak ada daya yang masuk ke Android. Nyalakan kembali android anda dan buka aplikasi LINE, semoga nantinya tidak terjadi masalah.

Dengan menerapkan metode – metode diatas semoga saja nantinya LINE Android anda dapat normal kembali. Untuk menghindari terjadi masalahan error yang kedua kalinya, Alangkah lebih baiknya anda menginstall aplikasi cleaner dan antivirus seperti CM Security, CCleaner, Clean Master, AVG Security, atau yang lainnya. Kedua jenis aplikasi tersebut mampu melindungi dan membersihkan android dari file sampah dan file jahat.

Baca Juga :

Sekian ulasan singkat mengenai Cara Mengatasi Aplikasi Line Muncul Pesan Error Di Android, semoga bisa membantu dan bermanfaat. Jika nanti ada yang ingin ditanyakan atau ingin menambahkan sesuatu, tulis melalui kolom komentar dibawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here