Instagram Tidak Dapat Memuat Foto dan Video

Dianisa.com – Solusi Cara Mengatasi Instagram Lemot dan Tidak Dapat Memuat Ulang Kabar Berita di Android. Kabar Berita yang saya maksud pada aplikasi #Instagram adalah feed dari semua postingan foto, video, dan instagram stories dari pengguna lain yang telah anda follow. Dari kabar berita tersebut tentunya anda bisa melihat semua hal yang telah di upload oleh pengguna lain, termasuk teman – teman anda sendiri. Intinya adalah ini bisa dibilang beranda pada home page Facebook yang menampilkan semua status pengguna lain.

Baca Juga:

Dari penjelasan diatas, tentu ada beberapa pengguna #Instagram Android yang mengalami masalah pada Feed tersebut, salah satunya adalah muncul tulisan “Tidak Dapat Memuat Ulang Kabar Berita” atau “Couldn’t Refresh Feed” yang artinya Instagram mungkin dalam kondisi lemot karena koneksi internet. Atau bisa juga ada penyebab lain yang membuat Instagram tidak bisa memuat halaman utama/ Feed dari semua postingan.

Mengatasi Instagram Tidak Dapat Memuat/ Loading Terus

Pada saat anda menyentuh load atau icon bulat dan instagram tidak loading sama sekali dan anda terus tekan dan hasilnya tetap sama maka tentunya anda pasti merasa sedikit kesal dan bingung. Namun tenang saja kali ini saya akan membantu anda dalam mengatasi permasalahan tersebut. Penyebab utama yang bisa dijadikan landasan adalah Koneksi Internet yang lemot atau bisa juga karena kesalahan server instagram itu sendiri. Untuk mengatasinya, silahkan anda simak Metode Cara Mengatasi Instagram Tidak Bisa Menampilkan Kabar Berita berikut ini.

Metode 1 : Pastikan Koneksi Internet Anda Lancar

Tips pertama yang bisa anda coba yakni cek kecepatan internet Android anda, pastikan internet anda dalam kecepatan yang cukup untuk memutar video di Youtube atau loading page dengan ringan dan cepat. Coba lakukan Browsing atau membuka sosial media lain, pastikan kecepatan normal dan tidak lemot. Jika lemot maka tentu anda bisa menyedari kalau Instagram anda juga serasa lemot.

Solusinya anda anda bisa mencari tempat dengan kualitas sinyal yang lebih baik, atau bisa juga anda berada pada area Wi-Fi dengan kecepatan internet yang tinggi, salah satunya adalah WiFi.id.

Baca Juga :

Metode 2 : Bersihkan File Sampah Android

Metode kedua yang bisa anda coba yakni membersihkan file sampah Android. Anda bisa lakukan satu persatu atau bisa juga menggunakan aplikasi Cleaner seperti Clean Master, 1 Tap Cleaner, CCleaner, CM Security, dan aplikasi pembersih lainnya. Dan untuk melakukannya secara manual, silahkan anda ikuti langkah – langkahnya dibawah ini.

Hapus Cache Instagram

  • Buka menu Pengaturan » Setelan Tambahan » Manajemen Aplikasi » Cari “Instagram” » Kemudian tap “Hapus Cache”.

NOTE : Metode di atas saya lakukan pada Smartphone dengan sistem operasi Android Lollipop v5.1.1. Jika anda menggunakan Smartphone beda sistem, anda bisa menyesuaikan sendiri metodenya.

Baca Juga :

Metode 3 : Hentikan dan Hapus Data Aplikasi Instagram

Jika metode kedua tidak berhasil maka cobalah dengan metode ketiga yakni menghapus data aplikasi Instagram. Cara ini akan membuat Instagram kembali pada kondisi semua atau default seperti halnya baru menginstall. Hapus data Android akan membuat anda kehilangan basis data, data login, history, dan file sampah aplikasi Instagram. Untuk melakukannya, silahkan anda ikuti langkah – langkahnya dibawah ini.

Hapus Data Aplikasi Instagram

  • Buka menu Pengaturan » Setelan Tambahan » Manajemen Aplikasi » Cari “Instagram” » Kemudian tap “Paksa Berhenti” dan “Hapus Data”.

NOTE : Metode di atas saya lakukan pada Smartphone dengan sistem operasi Android Lollipop v5.1.1. Jika anda menggunakan Smartphone beda sistem, anda bisa menyesuaikan sendiri metodenya.

Baca Juga :

Setelah anda berhasil menghapus data instagram, selanjutnya anda bisa buka kembali Aplikasi Instagram di Android anda. Masukkan dengan Username dan Password yang sudah anda miliki sebelumnya.

Metode 4 : Update Aplikasi Instagram

Untuk menghilangkan Bugs atau kerusakan, baik itu error segala macemnya, anda bisa update aplikasi instagram ke versi paling baru. Tujuan dari cara ini supaya instagram anda mendapatkan perbaikan secara online langsung dari Google Play Store. Terlebih lagi, dengan cara ini tampilan dan fitur dari instagram tentu anda akan mendapatkan pembaharuan.

Untuk update aplikasi, anda bisa kunjungi Google Play Store dan cari Aplikasi Insragram. Selanjutnya dari situlah anda bisa lakukan update aplikasi instagram.

Update Aplikasi Instagram

  • Buka Google Play Store, kemudian cari aplikasi “Instagram” kemudian anda bisa mencoba untuk tap “Update” dan “Terima”.

Metode 5 : Hapus dan Install Ulang Aplikasi Instagram

Apabila semua cara diatas telah anda lakukan, namun tidak membuahkan hasil sama sekali dan masalah anda tidak teratasi, maka terpaksa anda hapus aplikasi instagram dan pasang dengan aplikasi instagram yang baru. Untuk menghapus aplikasi Instagram, silahkan anda ikuti langkah – langkahnya dibawah ini.

Hapus Aplikasi Instagram

  • Buka menu Pengaturan » Setelan Tambahan » Manajemen Aplikasi » Cari “Instagram” » Kemudian tap “Hapus Instalasi”.

NOTE : Metode di atas saya lakukan pada Smartphone dengan sistem operasi Android Lollipop v5.1.1. Jika anda menggunakan Smartphone beda sistem, anda bisa menyesuaikan sendiri metodenya.

Baca Juga :

Setelah berhasil menghapus aplikasi instagram, anda harus membersihkan file sampahnya pula. Selanjutnya anda reboot smartphone android dan barulah anda unduh yang baru langsung dari Google Play Store.

Metode 6 : Reboot Smartphone Android

Setelah berhasil menginstall aplikasi instagram, alangkah baiknya anda restart atau reboot smartphone Android anda. Setelah berhasil reboot, barulah anda mencoba unduh membuka aplikasi instagram. Dan semoga dengan cara ini instagram anda tidak error kembali.

Untuk menghindari kesalahan pada aplikasi atau error pada aplikasi lain, entah itu Instagram, BBM, Line atau aplikasi lainnya. Alangkah baiknya anda gunakan aplikasi pembersih supaya Android anda tidak penuh dengan file cache/ sampah. Gunakan aplikasi Cleaner seperti Clean Master, CCleaner, 1 Tap Cleaner, dan aplikasi pembersih lainnya sebagai solusi untuk meringankan beban memori Internal Android.

Baca Juga:

Demikian ulasan singkat mengenai Cara Mengatasi Instagram “Tidak Dapat Memuat Ulang Kabar Berita” Di Android, semoga bisa berguna dan bermanfaat. Jika ada sesuatu yang ingin ditanyakan atau sampaikan, silahkan tulis melalui kolom komentar dibawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here