Kenapa Facebook Tidak Bisa Dibuka

Dianisa.com – Tips Jitu Cara Mengatasi Aplikasi Facebook Lite Tidak Bisa Dibuka Dan Error. Facebook adalah aplikasi sosial media dengan penggunanya yang mencapai jutaan bahkan sampai milyaran users. Di tahun 2016 mark membuat beberapa fitur unik pada facebook seperti misalnya fitur Smile Emoticon yang dapat difungsikan sebagai cara untuk mengekspresikan perasaan kita pada status, foto, atau video yang diunggah pengguna lain.

Baca Juga :

Menjamurnya pengguna facebook di Indonesia ternyata juga menjamur pula beberapa masalah pada aplikasi #Facebook android. Yap, kita tahu bahwa selain di akses pada aplikasi browser, tim facebook juga menydiakan aplikasi bernama facebook dan Facebook Lite. Nah, aplikasi facebook tersebutlah yang terkadang sering error, macet, atau #Tidak Bisa Dibuka.

Kenapa Facebook Tidak Bisa Dibuka? Pada umumnya aplikasi seperti facebook mengalami error pasti muncul pesan pop up bertuliskan “Sayangnya Facebook Lite Telah Berhenti” atau “Unfortunately Facebook Has Stopped”. Pesan yang muncul tersebut biasanya akan membuat aplikasi berhenti secara tiba – tiba atau bahkan tidak bisa dibuka sama sekali. Hal seperti ini bisa terjadi pada semua perangkat Android mulai dari Smartfreen Andromax, Samsung Galaxy, Oppo, Lenovo, Asus Zenfone, Xiomi, Sony Experia, HTC, LG, Motorola, Vivo, Advan, dan lainnya.

Cara Mengatasi Facebook Tidak Bisa Dibuka

Penyebab umum mengenai aplikasi facebook yang error yakni karena penumpukan cache atau memori RAM yang sudah penuh. Pengaruhnya tidak hanya pada aplikasi facebook, tetapi bisa juga pada aplikasi lain seperti Instagram, BBM, Line, Skype, WhatsApp, dan lainnya. Untuk mengatasinya silahkan ikuti metode dan langkah – langkahnya dibawah ini.

Metode 1 : Hapus File Cache Android

Metode pertama yang bisa anda lakukan yakni dengan menghapus cache aplikasi. Sebenarnya file cache itu sangat baik untuk meningkatkan performa Android, cache akan sangat berguna saat anda membuka aplikasi tertentu, contohnya saja facebook. Namun penumpukan cache yang terlalu berlebih juga berdampak tidak baik. Untuk menghapus file cache Android, silahkan ikuti langkah – langkahnya dibawah ini.

Hapus Cache Facebook

  • Buka menu Pengaturan » Setelan Tambahan » Manajemen Aplikasi » Cari “Facebook” » Kemudian tap “Hapus Cache”.

NOTE : Metode di atas saya lakukan pada Smartphone dengan sistem operasi Android Lollipop v5.1.1. Jika anda menggunakan Smartphone beda sistem, anda bisa menyesuaikan sendiri metodenya.

Baca Juga :

Metode 2 : Paksa Dan Hapus Data Aplikasi Facebook

Jika metode pertama tidak berhasil maka cobalah dengan metode kedua yakni dengan menghentikan aplikasi secara paksa dan menghapus data dari aplikasi tersebut. Menghapus data akan menghilangkan data login, basis data, cache, history, setelan, dan lainnya secara permanen. Untuk menghapus data aplikasi facebook silahkan ikuti langkah – langkahnya dibawah ini.

Hapus Data Aplikasi Facebook

  • Buka menu Pengaturan » Setelan Tambahan » Manajemen Aplikasi » Cari “Facebook” » Kemudian tap “Paksa Berhenti” dan “Hapus Data”.

NOTE : Metode di atas saya lakukan pada Smartphone dengan sistem operasi Android Lollipop v5.1.1. Jika anda menggunakan Smartphone beda sistem, anda bisa menyesuaikan sendiri metodenya.

Baca Juga :

Metode 3 : Update Aplikasi Facebook

Metode ketiga yakni dengan memperbarui aplikasi facebook ke versi terbaru. Selain mendapat fitur terbaru, aplikasi facebook juga akan bersih dari error atau kerusakan tertentu. Untuk update aplikasi facebook, anda bisa langsung update dari Google Play Store.

Update Facebook
Sumber Image : Play Store
  • Buka Google Play Store, kemudian cari aplikasi “Facebook” kemudian anda bisa mencoba untuk tap “Update” dan “Terima”.

Metode 4 : Install Ulang Aplikasi Facebook

Jika metode ketiga tidak berhasil maka terpaksa anda harus menghapus aplikasi facebook dan menggantinya dengan aplikasi facebook yang baru. Hapus aplikasi facebook, bersihkan cache, restart android, dan barulah anda download aplikasi facebook langsung dari Google Play Store secara gratis. Untuk mencopot aplikasi facebook, silahkan ikuti langkah – langkahnya dibawah ini.

Hapus Aplikasi Facebook

  • Buka menu Pengaturan » Setelan Tambahan » Manajemen Aplikasi » Cari “Facebook” » Kemudian tap “Hapus Instalasi”.

NOTE : Metode di atas saya lakukan pada Smartphone dengan sistem operasi Android Lollipop v5.1.1. Jika anda menggunakan Smartphone beda sistem, anda bisa menyesuaikan sendiri metodenya.

Baca Juga :

Agar nantinya aplikasi facebook tidak terjadi error lagi, alangkah lebih baiknya anda install aplikasi pembersih seperti CCleaner, Clean Master, CM Security, Go Speed, 1 Tap Cleaner, dan lainnya. Aplikasi semacam itu mampu meningkatkan performa Android agar dapat bekerja lebih ringan dan lebih cepat.

Baca Juga :

Demikian ulasan singkat mengenai Cara Mengatasi Facebook Tidak Bisa Dibuka di HP Android, semoga bisa membantu dan bermanfaat. Jika ada sesuatu yang ingin di tanyakan atau sampaikan, tulis melalui kolom komentar dibawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!!

114 KOMENTAR

  1. ada yang bisa nolong saya ga? fb saya ga bisa di buka tadi malam

    awal cerita saat saya masuk fb ada keterangan waktu telah habis,kemudian klik Ok,
    trus malah minta konfirmasi identitas anda. saya ikutin trus,tetep aja ga bisa di buka.
    terakhir ada tulisan gini :

    Terima kasih
    sayangnya,kami tidak dapat mengakses akun anda saat ini kami meninjau dukument tambahan ini,kami menghargai kesabaran anda,dan kami akan kembali pada anda secepatnya.

    begitu mas/mba om/tante.

    trima kasih

    • Oh itu masalah dari pihak facebook. Mas dapat peinjauan dari pihak facebook, dan mas harus menunggu. Pastikan juga semua data yang anda masukkan di facebook lengkap. Jangan lupa, perbarui semua data, baik nomor, email, dan lainnya. Pastikan juga facebook anda telah di verifikasi email.

  2. Sudah 2 bulan beranda FB sy TDK bisa kebuka,,
    Profil, pesan, notif semuanya bisa diakses kecuali beranda,, sy sdh pake metode2 diatas tapi tetap TDK bisa, tulisan yg sering muncul , “tidak dapat terhubung, ketuk dan coba lagi” sy sudah menggunakan browser2 lain, via komputer, laptop.. aduan masalah dan bantuan FB tapi TDK ada yg membantu,, tolong solusinya broo

  3. Facebook sya tdk bsa terbuka kalau kita buka sllu bilang sayangnya facebook lite anda telah berhenti tlng bntu sya untuk atasi masalah ini

  4. Makasih ya infox.. fb sy dah ok lg pdhl 2 hari error. Sy ikutin yg paksa berhenti aj. Nda tau deh apa efekx yg pst fbx dah kebuka lg hehehe.

  5. Bang ko aplikasi fb saya tetap gitu ajah. padahal saya udah menghapus data fb nya. dan semua data aplikasi udah saya hapus. bahkan hp’nya pun udah saya reset tapi tetap ajah berhenti tiba-tiba dan tidak bisa di buka.
    apa penyebabnya kalo terjadi separti itu???
    Minta infonya ya bang..

  6. kenapa aplikasi fb saya tidak bisa dibuka.. bukan masalah akun bahkan sama sekali tidak bisa loading tlong dong ap masalahnya

  7. Kan saya bikin akun baru di fb, trush sudah bisa tetapi dari pihak fb ada tulisan “Anda tidak dapat menggunakan Facebook sekarang. Kami meninjau foto yang anda kirimkan pada 22 maret 2018” itu knapa y gan?

  8. Kenapa akun saya tidak bisa dibuka. Ketika ingin mengganti sandi, sudah dicoba berkali-kali kode yg diberikan pihak facebook malah tdk bisa digunakan?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here