Mengatasi Baterai Xiaomi Cepat Panas

Dianisa.com – Solusi Mengatasi Baterai HP Xiaomi Yang Boros dan Cepat Panas. Baterai HP yang mengalami panas berlebih dan boros adalah hal yang wajar yang bisa di alami oleh para pengguna ponsel Android, baik itu OPPO, Samsung, Lenovo, Asus Zenfone, HTC, LG, Motorola, Xiaomi, Panasonic, Polytron, Advan, Axioo, dan lainnya. Namun biasanya setiap merek memiliki kualitas baterai yang berbeda – beda, dan pastinya suhu panas yang dihasilkan juga berbeda.

Baca Juga :

Xiaomi adalah salah satu produk Android yang hadir dengan beragam tipe #Smartphone cukup berkelas dengan harga yang terbilang sangat terjangkau. Fitur yang ditawarkan dari Xiaomi cukup mengesankan. Selain itu, dukungan hardware dapur pacunya juga hadir dengan media yang cukup besar. Adapun pada bagian daya juga siapkan baterai berkapasitas yang cukup besar. Namun sayangnya, kelemahan ada pada daya baterai. Daya memang cukup besar, namun untuk aktifitas multitasking berat seperti gaming, menonton film, dan melakukan aktifitas dunia maya pasti lama kelamaan akan terjadi panas berlebih pada baterai.

Mengatasi Baterai Xiaomi Cepat Panas dan Boros

Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi tips sederhana ke anda semua, khususnya pengguna Smartphone Xiaomi mengenai Cara Mengatasi Baterai Xiaomi Agar Tidak Cepat Panas Dan Boros. Mengurangi aktifitas multitasking adalah salah satu cara terbaik untuk mengurangi panas berlebih pada baterai. Namun, ada beberapa tips ampuh lainnya yang bisa membuat Baterai Xiaomi tetap dalam suhu standar dan tidak terlalu panas. Bagaimana caranya? Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

1. Kurangi Tingkat Kecerahan Layar

Hal pertama yang bisa anda coba lakukan untuk mengurangi panas berlebih pada baterai Xiaomi yakni mengurangi tingkat layar. Dengan mengurangi kecerahan layar, penggunaan baterai juga akan lebih hemat. Selain itu, panas yang dihasilkan oleh layar smartphone juga tidak terlalu tinggi.

Kecerahan pada layar sebenarnya tergantung pada kondisi. Untuk siang hari biasanya memang butuh kecerahan layar yang cukup tinggi. Mengapa? Adanya papasan langsung dengan cahaya matahari membuat kecerahan pada layar kalah telak. Sementara untuk malam hari, pengguna tidak perlu membutuhkan pencahayaan lebih karena memang tidak berpapasan langsung dengan cahaya matahari

2. Matikan Smartphone Saat Charging

Untuk tips yang kedua anda bisa mematikan smartphone saat sedang mengisi daya. Mungkin hal semacam ini sudah sangat biasa di telinga para pengguna smartphone Android, namun hal semacam ini juga banyak terabaikan. Mematikan smartphone saat sedang charging mampu membuat baterai lebih cepat penuh. Selain itu, panas yang dihasilkan pada saat mengisi daya juga tidak berlebihan.

Adapun jika pengguna memakai smartphone bersamaan dengan charging pasti akan membuat baterai lebih cepat panas. Dan dampak buruknya adalah kerusakan pada dua komponen, yakni baterai dan charger.

Baca Juga :

3. Matikan Data Saat Tidak Digunakan

Internet memang sudah menjadi kebutuhan wajib para pengguna smartphone dan tablet Android. Namun jika anda tidak sedang membuka Internet maka tidak perlu anda meng-aktifkan data yang ada. Sebaiknya, matikan data internet saat anda tidak membutuhkannya. Selain menghemat data internet (kuota), anda juga menghemat penggunaan baterai smartphone.

4. Jangan Gunakan Live Wallpaper

Live Wallpaper atau Animasi bergerak yang ada pada Home Screen memang terlihat cukup keren. Namun sebenarnya Live Wallpaper sangat boros pada baterai dan memori RAM Android. Untuk itu, hindari penggunaan Live Wallpaper pada smartphone Xiaomi yang anda miliki.

5. Kurangi Penggunaan Widget

Penting atau tidak penting, ada beberapa Widget yang penting untuk dipasang pada Home screen Android. Seperti misalnya Widget Tanggal dan Waktu. Selain itu, tidak ada widget lain yang sangat penting.

Kurangi penggunaan Widget yang memang tidak begitu penting. Dengan cara ini, baterai dan RAM juga akan lebih hemat. Tak hanya itu saja, mengurangi widget juga akan membuat smartphone tidak lemot dan LAG.

6. Nonaktifkan Aplikasi Yang Berjalan Pada Background

Tips keenam yang bisa anda coba terapkan adalah menonaktifkan aplikasi yang tidak anda gunakan, khususnya adalah aplikasi yang banyak menyedot RAM dan baterai seperti game, sosial messenger (LINE, WhatsApp, #Instagram, dan lainnya). Aplikasi semacam itu memang terus berjalan di belakang layar, walaupun anda tidak sedang membuka aplikasi tersebut. Gunakan aplikasi dari pihak ketiga untuk menonaktifkan aplikasi yang terinstall.

Baca Juga :

7. Jangan Terlalu Lama Bermain Game dan Menonton Video

Solusi ketujuh adalah jangan terlalu lama bermain game dan menonton video. Mengapa? Karena kedua aktifitas ini adalah bagian yang paling sering membuat baterai Xiaomi cepat panas. Lebihnya lagi, casing produk Xiaomi berbahan metal, sehingga panas yang ditimbulkan juga lebih banyak ketimbang casing dengan material plastic.

Bermain game dan menonton video memang sangat seru dan mengasyikkan, namun anda sebagai pengguna smartphone yang baik harus tahu batas waktu dan kondisi. Jangan sampai kecanduan game membuat anda terus – terusan bermain game tanpa henti. Lakukan aktifitas lain yang lebih bermanfaat dan lebih berkualitas.

8. Gunakan Smartphone Sewajarnya

Gunakan smartphone Android sewajarnya dan jangan berlebihan dalam menggunakan. Seperti misalnya jika anda suka browsing juga harus mengatur berapa lama anda harus browsing. Bermain game, anda juga harus atur berapa lama anda harus bermain game. Menonton video, anda juga harus atur berapa lama waktu yang harus anda atur untuk menonton video.

Masalah Baterai xiaomi yang cepat panas dan boros ada pada pengguna itu sendiri. Walaupun panas pada baterai tidak bisa terhindarkan, namun setidaknya anda bisa mengurangi tingkat panas dari baterai itu sendiri. Beberapa tips – tips diatas bisa anda terapkan pada semua perangkat Xiaomi seperti Xiaomi Redmi Note, Xiaomi Redmi Note 2, Note 2 Pro, Redmi 1S, Mi3, Mi4, Xiaomi Redmi 3, 3s, 3 Pro, Redmi 4 Prime, Xiaomi Redmi Note 4, 4 Pro, 4 Snapdragon, Xiaomi Mi2A, Mi2S, Mi2, Mi1S, Mi Pad 2, Xiaomi Mi Note, Mi Note Pro, dan lainnya.

Baca Juga :

Demikian ulasan singkat mengenai Cara Mengatasi Baterai Xiaomi Cepat Panas Dan Boros, semoga bisa membantu dan bermanfaat. Jika ada sesuatu yang ingin anda tanyakan atau sampaikan, silahkan tulis melalui kolom komentar dibawah ini atau chat melalui fanspage facebook NGAWIDIAN. Terima kasih dan selamat mencoba!!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here