7 Cara Mengatasi HP Android Agar Tidak Lemot (Lelet)

0
447

Dianisa.comCara Ampuh Mengatasi HP Android Agar Tidak Lemot dan Lelet. Salah satu hal yang paling tidak disukai oleh pengguna smartphone adalah lemot/ lelet. Tidak hanya smartphone saja, pengguna Laptop (PC) juga tidak mau merasakan lemot. Salah satu hal yang paling sering terjadi memang pada smartphone Android, banyak pengguna Smartphone Android yang mengeluh karena berat dalam menjalankan program aplikasi.

Baca Juga :

Alasan dari pengguna Smartphone sangat bermacam – macam mulai dari Lag, Force Close, Muncul pesan error, Memori Internal penuh, dan lainnya. Memori RAM biasanya menjadi perhatian pengguna Android saat sedang menjalankan aplikasi tertentu, padahal tidak semua hal seperti lemot atau lag tergantung dari RAM. Ada banyak hal yang bisa menjadi alasan Mengapa Android Bisa Lemot?

Walaupun RAM sebesar 2GB atau 4GB sekalipun, tetapi jika perawat dan penggunaan Smartphone salah kaprah maka tetap saja Android bisa mengalami LAG atau Lemot. Tumpuan Smartphone tidak hanya pada RAM saja, tetapi pada bagian lainnya juga seperti Memori Internal, GPU, Prosessor, Versi OS Android, dan lainnya. Maka dari itu, sebagai pengguna anda tidak harus fokus pada RAM saja, tetapi perhatikan juga pada hardware lain.

Penyebab HP Android Serasa Lemot dan Berat

Sebelum membahas ke Point utama mengenai Cara Mengatasi HP Android Agar Tidak Lemot, kali ini saya akan berbagi dulu mengenai Penyebab Android Bisa Lemot. Ada beberapa hal yang perlu anda ketahui mengenai penyebab Android lemot. Lebih jelasnya, silahkan simak kutipan singkatnya berikut ini.

1. Spesifikasi Smartphone Kurang Joss

Sebagai pengguna Android tentunya kita harus sadar dari diri kita masing – masing. Spesifikasi Smartphone yang kurang memadai atau terbilang biasa – biasa saja bisa menjadi penyebab Android serasa lemot, berat, dan Lag. Terlebih jika anda terlalu banyak menginstall dan menjalankan aplikasi tertentu, hal ini pasti akan membuat Android serasa lebih lemot. Kapasitas Memori Internal dan RAM menjadi perhatian utama pada spesifikasi Smartphone. Kapasitas yang kecil, tentunya anda tidak mungkin mengharapkan performa yang besar. (Baca : Cara Cek Chipset Hardware Android Dengan CPU-Z)

2. Banyaknya Aplikasi Yang Berjalan Di Belakang Layar

Aplikasi yang sering berjalan dibelakang layar biasanya adalah aplikasi Chat seperti Facebook Messenger, LINE, WhatsApp, BBM, WeChat, Instagram, dan lainnya. Jika semua aplikasi tersebut anda pasang dan terus berjalan dibelakang layar maka pastinya Android anda serasa sangat lemot dan berat. Kecuali jika RAM Android anda diatas 1GB tentunya tidak bermasalah. (Baca : 2 Cara Menonaktifkan Aplikasi LINE Sementara di Android)

3. Widget Yang Berlebihan

Widget yang terlalu banyak anda pasang pada Home Screen juga bisa menjadi penyebab Android anda lemot dan lag. Widget memang terlihat sangat keren, tapi jika terlalu banyak anda pasang maka akan membuat RAM terkuras habis karena Widget butuh Memori RAM yang besar. Maka dari itu gunakanlah Widget yang biasa saja seperti JAM dan Pencarian.

4. Tumpukan Cache Yang Tidak Pernah Dihapus

Pada dasarnya file cache dapat mempercepat kinerja Android saat sedang membuka aplikasi tertentu. Hal ini bisa jadi history yang sangat bermanfaat. Tapi sayangnya, apabila file cache terlalu banyak dan terus menumpuk maka akan berakibat buruk pada ponsel Android. Salah satu hal yang paling sering adalah Android serasa lemot, Sering Lag, Force Close tiba – tiba, dan restart Sendiri. (Baca : Apa Itu Cache? Ini Penjelasan dan Cara Membersihkannya)

5. Terlalu Banyak Aplikasi Yang Diinstall

Banyaknya aplikasi yang anda install pada Android bisa menjadi penyebab mengenai Android lemot dan lelet. Memori Internal akan terus menipis apabila anda menginstall banyak aplikasi, terlebih jika aplikasi tersebut semacam Game yang cukup berat dan menguras banyak memori. Salah satu hal yang perlu anda perhatikan, jika Memori Internal sudah mencapai 80 atau 90% maka dapat dipastikan Android akan serasa lemot dan berat.

Mengatasi Smartphone Android Lemot (Lelet)

Setelah mengetahui beberapa penyebab Android lemot dan lag, selanjutnya anda masuk ke Point utama yakni mengatasi Android lemot tersebut. Untuk mengatasinya, anda diharuskan untuk menginstall beberapa aplikasi tambahan. Aplikasi tambahan tersebut berguna dalam meningkatkan performa Android supaya lebih optimal. Lebih jelasnya, silahkan anda simak ulasannyaberikut ini.

Metode 1 : Hapus File Sampah Android Dengan Clean Master

Metode pertama yang bisa anda lakukan yakni dengan menghapus file sampah Android. File sampah bisa bermacam – macam mulai dari temporary, history, basis data, dan lainnya. Sebenarnya, anda sendiri bisa melakukan secara manual (satu persatu), tapi untuk hasil yang lebih baik dan menghemat waktu, maka anda bisa gunakan aplikasi pembersih seperti Clean Master, CCleaner, 1 Tap Cleaner, Go Speed, DU Booster, dan lainnya. Untuk melakukannya secara manual, anda bisa ikuti langkah – langkahnya dibawah ini. Dan jika ingin menggunakan aplikasi, anda bisa simak dengan klik link berikutnya.

  • Buka menu Pengaturan » Setelan Tambahan » Manajemen Aplikasi » Cari “Nama Aplikasi” » Kemudian tap “Hapus Cache”.

NOTE : Metode di atas saya lakukan pada Smartphone dengan sistem operasi Android Lollipop v5.1.1. Jika anda menggunakan Smartphone beda sistem, anda bisa menyesuaikan sendiri metodenya.

Baca Juga :

Metode 2 : Hapus Widget Pada Home Screen

Seperti yang saya katakana diatas, anda tidak perlu menggunakan banyak Widget, cukup dengan Widget yang anda anggap penting saja, seperti JAM dan Kalender. Untuk Widget lain yang tidak begitu penting sebaiknya anda hapus, karena widget yang terlalu banyak juga akan menguras RAM anda. Alokasikan RAM untuk hal yang lebih penting seperti Internetan atau Aplikasi Messenger.

Metode 3 : Pindahkan Aplikasi Ke SD Card

Cara terbaik supaya Memori Internal tidak terlalu penuh yakni dengan memindah aplikasi tertentu dari Internal Card ke Eksternal Card. Cara ini hanya bisa dilakukan pada Android Jelly Bean ke atas. Anda tidak perlu aplikasi tambahan untuk memindahkannya, karena sudah tersedia fitur “Pindahkan Aplikasi” pada Android itu sendiri. Untuk melakukannya, silahkan anda simak langkah – langkahnya dibawah ini.

  • Buka menu Pengaturan » Aplikasi » tap Terunduh » cari NAMA APLIKASI, kemudian tap “Pindahkan Ke Kartu SD”.

Baca Juga :

Metode 4 : Gunakan 1 Aplikasi Antivirus Terbaik

Untuk menghindari terjangkitnya Virus atau malware pada Smartphone sebaiknya pasang dengan antivitus android terbaik yang pernah anda kenal seperti AVG, Avira, CM Security, Kasoersky, dan lainnya. Jangan pasang lebih dari 1 antivirus, karena hal tersebut tidak akan membuat Android anda aman, tetapi malah akan membuat Android anda serasa lemot dan berat. Untuk itu, install Antivirus terbaik dari Google Play Store.

Baca Juga :

Metode 5 : Hapus atau Matikan Aplikasi Yang Tidak Terpakai

Buat apa anda menginstall aplikasi jika tidak anda gunakan!!. Untuk menghindari memori penuh, sebaiknya anda hapus aplikasi yang memang jarang anda gunakan atau bahkan tidak pernah anda pakai. Seperti misalnya Game yang sudah jarang anda mainkan, maka hapus game tersebut supaya memori Internal anda lebih lega dan lebih leluasa dalam mengakses Aplikasi lain. Untuk menghapus aplikasi sangatlah mudah, simak langkah – langkahnya dibawah ini.

  • Buka menu Pengaturan » Setelan Tambahan » Manajemen Aplikasi » Cari “Nama Aplikasi” » Kemudian tap “Hapus Instalasi”.

NOTE : Metode di atas saya lakukan pada Smartphone dengan sistem operasi Android Lollipop v5.1.1. Jika anda menggunakan Smartphone beda sistem, anda bisa menyesuaikan sendiri metodenya.

Baca Juga :

Metode 6 : Kurangi atau Matikan Animasi di Android

Animasi yang saya maksud disini berupa Live Wallpaper yang biasanya menjadi penghias Home Screen android anda. Sebaiknya, matikan atau ganti Wallpaper anda dengan gambar yang biasa saja. Mengapa demikian? Karena animasi semacam itu menguras banyak memori RAM. Jika RAM anda berukuran besar saya rasa tidak masalah, tetapi jika RAM anda berkapasitas kecil, sebaiknya ganti saja.

Metode 7 : Gunakan Launcher Lain

Launcher atau tema Android bisa menjadi solusi terakhir dalam mengatasi Smartphone Android yang lemot. Ada banyak Aplikasi Launcher dengan Tampilan UI yang tentunya bisa membuat performa Android anda lebih ringan dan cepat. Selain Mempercantik tampilan, ternyata Launcher juga bisa menjadi solusi bagi anda yang merasa Android serasa lemot, berat ataupun Lag. Mau Launcher gratis? cari di Google Play Store.

Baca Juga :

Dengan menerapkan beberapa tips sederhana diatas semoga nantinya Smartphone Android yang anda miliki bisa lebih cepat dan lebih ringan. Semua metode diatas bisa anda terapkan pada Semua perangkat Android seperti Samsung Galaxy, Oppo, Lenovo, Asus Zenfone, Xiomi, Acer, Advan, Smartfreen Andromax, Sony Experia, HTC, LG, Motorola, Meizu, Vivo, dan lainnya.

Baca Juga :

Demikian ulasan singkat mengenai Cara Mengatasi Smartphone Android Lemot Dan Lag, semoga bisa membantu dan bermanfaat. Bagikan artikel melalui sosial media supaya lebih bermanfaat dan lebih berguna. Jika ada sesuatu yang ingin ditanyakan, tulis melalui kolom komentar dibawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!!!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here