Cara Memutar Video Resolusi Tinggi 4K di HP Android

0
1185

Dianisa.comCara Mudah Memutar Video Resolusi Tinggi 4K di Smartphone Android. Video merupakan perpaduan antara gambar bergerak dengan suara musik seperti Video Klip, Film, Animasi, dan lainnya. Dari setiap video yang anda lihat atau anda putar pastinya memiliki tingkat resolusi yang berbeda-beda. Misalnya saja dari #Video A memiliki gambar yang jernih dan jelas, sedangkan video B memiliki gambar yang kurang jernih dan terlihat buram. Dari contoh tersebut dapat anda simpulkan bahwasannya setiap video memiliki tingkat resolusi yang berbeda-beda.

Baca Juga :

Untuk smartphone android pada umumnya biasanya sudah dapat memutar video dengan kualitas HD (High Definition) atau di bawahnya. Sedangkan untuk kualitas UHD (Ultra High Definition) Biasanya hanya dapat di putar pada Smartphone dengan harga yang relatif lebih mahal dan memiliki spesifikasi hardware yang lebih tinggi. Berbeda dengan PC atau Laptop tentu saja sudah memungkinkan untuk memutar video kualitas HD ataupun UHD, karena spesifikasi setiap laptop jauh lebih baik dibanding dengan Smartphone Android.

Lalu Bagaimana Dengan Tablet Android? Untuk Tablet android tentu saja masih harus tergantung dari spesifikasi hardware serta versi OS Android itu sendiri. Apabila harga tablet tersebut mahal dan memiliki spesifikasi hardware yang baik pastinya dapat memutar Video dengan kualitas UHD. Bagi yang punya Tablet Android cobalah untuk memutar video dengan kualitas UHD. Apabila muncul keterangan bertuliskan “Tidak Dapat Memutar Video Ini” Maka berarti Tablet android anda tidak mendukung video dengan kualitas UHD (Berlaku pula untuk smartphone android).

Ada 2 cara dalam mengatasi masalah pada Smartphone android yang tidak dapat memutar video dengan resolusi tinggi. Cara pertama, anda bisa membeli Smartphone Android baru dengan kualitas hardware yang lebih baik dan cara kedua, anda bisa memanfaatkan aplikasi pihak ketiga bernama MX Player. Untuk cara yang pertama mungkin terlihat lebih kejam, untuk itu anda bisa mencoba dengan cara yang kedua.

Aplikasi Pemutar Video Dengan Resolusi Tinggi/UHD

MX Player merupakan aplikasi video player terbaik Android yang dapat memutar video dengan resolusi tinggi atau UHD Resolution. Pada umumnya Aplikasi pemutar video bawaan android hanya dapat memutar video dengan kualitas 2k, sedangkan untuk kualitas 4k harus memiliki spesifikasi hardware yang baik. MX Player memiliki fitur HW+ decoder dan multi-core decoding sehingga dapat memutar video dengan kualitas yang lebih baik.

Download MX Player via Google Play Store

NOTE : MX Player memang dapat memutar video dengan resolusi tinggi, tetapi terkadang juga terjadi patah-patah pada gambar atau terjadi lag. Jadi dapat di simpulkan bahwa tidak semua smartphone Android mampu memutar video Resolusi Tinggi, tergantung dari spesifikasi hardware Smartphone tersebut.

Baca Juga :

Demikian ulasan mengenai Cara Memutar Video Resolusi Tinggi/ UHD 4K di Smartphone Android, semoga bisa membantu dan bermanfaat untuk semuanya. Jika ada yang kurang jelas atau ada yang ingin ditanyakan, silahkan sampaikan melalui kolom komentar di bawah ini. Terima kasih 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here