Cara Mempercepat Booting Windows 7 & 8

Dianisa.com – Cara Mengatasi Booting Windows XP, 7, 8, & 10 Yang Sangat Lama. Setiap pemilik dan pengguna laptop yang kesehariannya bekerja didepan laptop pastinya tidak mau jika booting Windows serasa sangat lama. Perlu anda ketahui bahwa sebenarnya proses Booting ataupun Startup yang lama terjadi karena meload semua aplikasi yang berjalan di startup. Dan apabila hardware komputer tidak begitu bagus, alhasil Booting pasti akan sangat lama. Itu artinya, jika booting ingin secepat kilat tentunya Hardware juga harus powerfull, terutama pada Processor, RAM, dan Motherboard.

Baca Juga:

Sebagai pengguna yang cerdas, tentunya kita juga harus bisa mengola semua aplikasi yang ada pada sistem operasi windows, baik itu bawaan ataupun tambahan. Perawatan secara software perlu dilakukan pada sistem komputer, hal ini dilakukan supaya sistem serasa lega, ringan, dan enteng dalam menjalankan semua aktifitas yang ada, terutama pada saat Booting. Jika spesifikasi komputer anda terbilang sangat baik namun proses booting serasa lambat maka anda perlu melakukan perawatan pada Sofware.

Tips Mempercepat Proses Booting Pada Windows 7

Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan metode ke anda mengenai Cara Mempercepat Booting Windows 7 Secepat Kilat. Metode yang saya berikan kali ini bersifat software dan langsung pada sistem Windows tanpa adanya aplikasi tambahan, sehingga anda bisa mengikutinya dengan mudah dan cepat. Untuk lebih jelasnya, langsung saja anda simak metode dan langkah – langkahnya berikut ini.

Metode 1 : Matikan Proses Startup Yang Kurang Penting

Program Startup merupakan program bawaan dari sistem operasi Windows. Program ini akan berjalan disaat anda menyalakan PC atau Laptop, dan akan mengeksekusi semua aplikasi pada startup bersamaan dengan Booting Windows. Apalagi Aplikasi yang berjalan pada startup terlalu banyak lebih dari 10 aplikasi maka pastinya akan membuat booting serasa lebih lama. Untuk mengatasi hal tersebut, metode pertama yang bisa anda lakukan yakni Mematikan Proses Startup Dari Beberapa Aplikasi. Untuk melakukannya, silahkan anda ikuti langkah – langkahnya dibawah ini.

Startup Windows

  • Klik Menu Start » Run » dan Ketikkan “msconfig” tanpa tanda kutip, lalu tekan enter. Selanjutnya anda pilih tap “Startup” kemudian anda hilangkan centang pada beberapa aplikasi sesuai keinginan anda. Dan apabila telah selesai, anda bisa klik “Apply” dan “OK”.

Baca Juga :

Metode 2 : Bersihkan File Temporary Secara Berkala

Untuk metode kedua yang bisa anda lakukan yakni membersihkan file sampah secara berkala menggunakan aplikasi Disk CleanUp. Aplikasi tersebut dapat membantu anda membersihkan file sampah dengan mudah dan cepat. Atau jika anda ingin hasil yang lebih optimal, anda bisa gunakan Aplikasi CCleaner yang mampu membersihkan file sampah hanya dengan sekali klik. Untuk menggunakan aplikasi Disk CleanUp, silahkan anda ikuti langkah – langkahnya dibawah ini.

Disk CleanUp

  • Klik Menu Start » Accessories » System Tools, dan kemudian pilih Aplikasi “Disk CleanUp”. Setelah anda klik, maka akan muncul opsional Drive. Anda pilih Drive yang ingin anda bersihkan sesuai keinginan anda, bisa C, D, ataupun E. Kemudian lanjutkan dengan mencentang bagian yang ingin anda bersihkan dan terakhir klik “OK”.

Baca Juga :

Metode 3 : Defrag Hard Disk Secara Berkala

Untuk metode ketiga yang bisa anda lakukan yakni melakukan defrag pada hard disk supaya hard disk bersih dari file error, sampah, registrasi, dan lainya. Anda bisa gunakan fitur defrag yang ada Sistem Windows. Atau untuk hasil yang lebih optimal, anda bisa gunakan aplikasi tambahan seperti AVG PC TuneUp. Untuk lebih jelasnya, langsung saja anda simak ulasan mengenai Cara Defrag Hard Disk Windows 7 berikut ini.

Disk Defragment

  • Klik Menu Start » Accessories » System Tools, dan kemudian pilih Aplikasi “Disk Defragmenter”. Untuk melakukan defrag, anda pilih dahulu Drive yang anda inginkan, dan kemudian anda bisa klik “Defragment Disk” dan proses defrag akan dimulai. Tunggu sampai proses defrag selesai dan berhasil.

Baca Juga :

Metode 4 : Sisakan Free Space 20% Pada Drive C

Untuk menghindari penuhnya space harddisk karena banyak aplikasi, alangkah baiknya anda menyisakan free space pada Drive C. Hal ini bisa menjadi solusi supaya Sistem Windows tetap optimal dalam menjalankan aplikasi, terutama saat sedang Booting Sistem. Jika misalnya Drive C memiliki Space 100 GB, maka anda bisa sisakan 20 GB sebagai space kosong.

Baca Juga:

Itulah ulasan singkat mengenai Cara Mempercepat Proses Booting Windows 7 PC Dan Laptop, semoga bisa membantu dan bermanfaat. Jika anda ingin bertanya sesuatu mengenai Booting Windows, silahkan tulis melalui kolom komentar dibawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here