Cara Backup dan Restore Data Android

Dianisa.com – Cara Mudah Melakukan Backup dan Restore Data/ File di Smartphone dan Tablet Android. Sebelumnya anda sadah tahu atau belum apa itu Backup? dan apa itu Restore? Backup adalah sebuah cara atau langkah yang dilakukan oleh pengguna android untuk mencadangkan file ataupun data yang ada pada ponsel android. Hal ini bisa dijadikan antisipasi agar bisa mencegah sesuatu yang tidak diinginkan. Sedangkan Restore merupakan pengembalikan file yang telah hilang atau terhapus dengan memanfaatkan file yang telah di backup sebelumnya. Misalnya saja, data android anda hilang, terhapus, ke pencet format, atau dicuri orang.

Baca Juga :

Melakukan backup data pada ponsel android memang sangat penting untuk dilakukan, hal seperti ini dapat menjadi antisipasi agar disaat terjadi kehilangan ataupun kerusakan pada file sistem android, anda masih bisa mengembalikannya. Backup biasanya juga dilakukan oleh para developer android, karena mereka selalu melakukan modifikasi dan eksperimen, sehingga jika terjadi kerusakan atau kesalahan, sang developer bisa mengembalikannya ke sedia kala.

Cara Backup File Android dengan Titanium BackUp

Nah, untuk melakukan backup ataupun restore pada ponsel android, diperlukan aplikasi tambahan yaitu Titanium BackUp atau Terminal Emulator. Anda bisa memilih 1 dari 2 aplikasi tersebut. Untuk melakukan backup, sebelumnya smartphone atau tablet android anda harus di root terlebih dahulu. Dan apabila sudah diroot anda bisa mengikuti langkah-langkahnya dibawah ini.

  1. Pertama unduh aplikasi Titanium BackUp via Google Play secara gratis. Klik link berikut untuk mengunduh : Download Titanium Backup Via Google Play Store
  2. Kemudian pasang dan buka aplikasi tersebut. Kemudian pilih menu “Batch Action” yang letaknya terdapat pada bagian pojok kanan atas.
  3. Pilih aplikasi yang ingin anda backup. Rekomendasi dari saya, sebaiknya lakukan backup pada semua data android atau “All User Apps + System Data”. Tinggal centang pada bagian pojok kanan atas.
  4. Tunggu hingga proses backup selesai. Lama tidaknya proses backup tergantung dari banyaknya data aplikasi dan sistem yang ada pada ponsel android anda.
  5. Selesai.

Untuk melakukan restore pada ponsel android, ikuti langkah-langkah dibawah ini.

  1. Buka aplikasi Titanium Backup, kemudian pilih “Batch Action” pada bagian pojok kanan atas.
  2. Lalu pilih “Run Restore all apps with data” untuk mengembalikan semua data aplikasi dan sistem android yang telah anda backup sebelumnya.
  3. Pilih aplikasi yang ingin anda restore, lalu pilih Ceklis pada bagian pojok kanan atas.
  4. Tunggu hingga proses restore selesai.

Cara Backup Data Android dengan Terminal Emulator

  1. Pertama, unduh aplikasi Terminal Emulator via Google Play store. Klik link berikut untuk mengunduh : Download Terminal Emulator Via Google Play Store
  2. Kemudian install dan buka aplikasi tersebut, kemudian ketik su (enter) dan ketik reboot recovery (enter).
  3. Pilih menu “Backup And Restore”.
  4. Pilih “Backup”.
  5. Tunggu sampai proses backup selesai.
  6. Jika sudah silahkan reboot ponsel anda.

Untuk melihat hasil backup, masuk pada bagian sdcard/clockworkmod/backup

Untuk melakukan retore bisa menggunakan CWM (Clock Work Mod), ikuti langkah-langkah dibawah ini.

  1. Masuk ke Recovery Android.
  2. Pilih Backup And Restore
  3. Pilih Restore

Baca Juga :

Itulah langkah-langkah dalam Melakukan Backup Dan Restore Data/ File Android, semoga bisa membantu dan bermanfaat untuk semua pengguna android. Terima kasih !!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here