Cara Hard Reset HP SONY Xperia L, L1, L2 [Dual] Lengkap!

0
42

Dianisa.com – Cara Factory Reset & Hard Reset Smartphone SONY Xperia L, L1, L2, L2 Dual. Dimulai pada perilisan pada bulan Mey 2013, SONY Xperia hadirnya tipe L. Untuk tipe L sendiri bisa dibilang cukup mumpuni jika digunakan untuk melakukan aktivitas multitasking. Adapun untuk yang tersimpan tersedia tipe L2 yang rilis pada bulan Januari 2018. Usung OS Android Nougat v7.1, dengan Chipset dari Mediatek MT6737T dan RAM berkapasitas 3 GB mampu memaksimalkan semua aktivitas multitasking pengguna. Lebihnya lagi, pengguna juga merasakan kenyamanan dengan hadirnya layar berukuran 5,5 Inchi.

Baca Juga :

Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi metode ke anda semua mengenai Cara Melakukan Factory Reset & Hard Reset SONY Xperia L, L1, L2, L2. Metode ini bisa menjadi solusi ketika terjadi banyaknya masalah pada perangkat SONY, khususnya yang terkait pasa sistem Android. OS Android yang bermasalah tentu membuat aktivitas multitasking berasa kurang maksimal. Semisal, jika ada aplikasi yang error atau tidak bisa dibuka, tentu pengguna akan merasa malas dalam menggunakannya. Nah, solusi yang dapat dilakukan bisa dengan Factory Reset atau Hard Reset melalui menu Recovery Mode. Penasaran bagaimana caranya, simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Factory Reset SONY Xperia L, L1, L2

Yang pertama yakni Factory Reset SONY Xperia atau mengembalikan smartphone ke pengaturan pabrikan. Metode ini mungkin anda sendiri sudah paham, opsionalnya bisa anda pilih pada menu Pengaturan HP SONY Xperia anda. Sebelum melakukannya, anda bisa melakukan backup terlebih dahulu pada data penting yang tersimpan di Internal Android anda. Hal ini supaya anda bisa mengembalikan lagi setelah melakukan Factory Reset. Dan berikut Langkah – Langkah Factory Reset SONY Xperia L, L1, L2 yang dapat anda ikuti.

Factory Reset SONY Xperia

  • Buka menu Settings » Backup & Reset » Factory Data Reset » Kemudian anda tap “Reset Phone”.

NOTE : Metode di atas saya lakukan pada Smartphone SONY Xperia C5 Ultra Dual dengan sistem operasi Android Marsmallow v6.0. Jika anda menggunakan Smartphone beda sistem, anda bisa menyesuaikan sendiri metodenya.

Baca Juga :

Hard Reset SONY Xperia L, L1, L2

Selanjutnya yakni metode Hard Reset yang bisa anda lakukan melalui menu Recovery Mode. Metode ini sama dengan Factory Reset, hanya saja penempatannya dipisahkan dengan sistem, sehingga apabila sistem android anda bermasalah dan tidak memungkinkan untuk masuk ke menu utama, maka anda bisa melakukan Wipe Data tau Hard Reset melalui menu Recovery Mode. Dan untuk melakukannya, anda bisa simak Tutorial Hard Reset SONY Xperia L, L1, L2 berikut ini.

  1. Pastikan HP SONY Xperia anda terhubung dengan charger dan berada pada posisi Off atau Mati.
  2. Selanjutnya, untuk masuk pada menu Recovery Mode, anda bisa tekan tombol “Power + Volume Up” selama beberapa saat sampai sampai nantinya anda akan berhasil masuk ke menu Recovery Mode SONY Xperia yang anda miliki.
  3. Untuk melakukan Hard Reset atau Wipe Data, anda bisa pilih “Wipe Data/ Factory Reset”, kemudian lanjutkan dengan memilih “Yes — Delete All Data”. Tunggu sampai proses Hard Reset selesai dan berhasil.
  4. Jika sudah, anda bisa melakukan setup ulang smartphone SONY Xperia anda mulai dari awal. Cukup mudah bukan!
  5. Selesai.

*NOTE :

  • Apabila nantinya tombol “Power + Volume Up” tidak berhasil untuk masuk ke menu Recovery Mode, anda bisa gunakan kombinasi alternatif lainnya seperti “Volume Up + Volume Down + Power” atau “Power + Volume Down”.
  • Gunakan tombol Volume Up dan Down untuk Navigasi ke atas dan ke bawah.
  • Gunakan tombol Power untuk memilih menu.

Metode Factory Reset & Hard Reset diatas dapat anda lakukan pada banyak perangkat SONY Xperia dengan tipe L (C2104/C2105/S36h), L1 (G3311 / G3312 / G3313), L2, L2 Dual (H3311 / H3321 / H4311 / H4331). Jika nantinya ada sedikit perbedaan dari metode yang saya berikan, maka anda bisa melakukan penyesuain.

Metode Hard Reset diatas bisa menjadi solusi ketika anda mengalami masalah seperti Bootloop, Lupa Pola Kunci, munculnya pesan error pada aplikasi tertentu, dan masalah – masalah lainnya. Apabila nantinya masih tidak berhasil, solusi lain bisa dengan melakukan Flashing atau Hard Reset dengan PC melalui Software Xperia Comparison.

Baca Juga :

Demikian ulasan singkat dari saya mengenai Cara Melakukan Factory Reset & Hard Reset HP SONY Xperia L, L1, L2, L2 Dual, semoga bisa membantu dan bermanfaat. Jika ada sesuatu yang ingin anda tanyakan atau sampaikan terkait masalah pada HP SONY anda, silahkan tulis melalui kolom komentar yang ada dibawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here