Cara Hard Reset HP SONY Xperia C, C3, C4, C5 [Ultra Dual] Lengkap!

0
54

Dianisa.com – Cara Factory Reset & Hard Reset SONY Xperia C, C3, C3 Dual, C4, C4 Dual, C5, C5 Ultra, C5 Ultra Dual. Untuk tipe C sendiri, SONY Xperia dihadirkan pada bulan Juli 2013 yang pada saat itu masih menggunakan Android Jelly Bean. Dan sampai saat ini, yang paling baru adalah SONY Xperia C5 Ultra Dual dengan OS unggulannya Android Lollipop v5.0 dengan upgradable to Marshmallow v6.0. Upgade dari sisi fitur dan performa tentu menjadi andalan untuk memaksimalkan pengguna dalam melakukan aktivitas multitasking. C5 Ultra Dual sendiri hadir dengan CPU berkecepatan 1.7 GHz Octa-core + RAM berkapasitas 2 GB yang pastinya mampu membuat performa aplikasi terasa mantap dan maksimal.

Baca Juga :

Beberapa pengguna ada yang mengalami masalah ketika anda melakukan aktivitas multitasking diatas layar SONY Xperia. Beberapa masalah yang bisa terjadi seperti Bootloop, kerusakan pada sistem, banyaknya bugs atau error pada aplikasi, smartphone sering lag dan macet, Aplikasi Tidak Bisa Dibuka, muncul pesan error pada aplikasi, Lupa Pola Kunci atau kata sandi layar, dan masalah – masalah lainnya. Dan untuk mengatasinya, anda sebagai pengguna bisa melakukan Factory Reset atau Hard Reset melalui menu Recovery Mode. Penasaran bagaimana caranya, simak ulasannya berikut ini.

Factory Reset SONY Xperia C, C3, C4, C5

Untuk metode pertama, anda bisa mencoba melakukan Factory Reset melalui menu Pengaturan SONY Xperia anda. Ini bisa menjadi solusi ketika smartphone SONY anda terasa lag, lemot, sering macet, dan juga banyak aplikasi yang error. Untuk lebih amannya, anda bisa melakukan backup pada semua data yang tersimpan di Internal Android anda. Dan berikut Langkah – Langkah Factory Reset SONY Xperia C, C3, C4, C5 yang dapat anda ikuti.

Factory Reset SONY Xperia

  • Buka menu Settings » Backup & Reset » Factory Data Reset » Kemudian anda tap “Reset Phone”.

NOTE : Metode di atas saya lakukan pada Smartphone SONY Xperia C5 Ultra Dual dengan sistem operasi Android Marsmallow v6.0. Jika anda menggunakan Smartphone beda sistem, anda bisa menyesuaikan sendiri metodenya.

Baca Juga :

Hard Reset SONY Xperia C, C3, C4, C5

Selanjutnya yakni metode Hard Reset melalui menu Recovery Mode. Metode ini sama dengan Factory Reset hanya saja Hard Reset terpisah dengan sistem, sehingga jika anda tidak bisa masuk ke menu utama, maka Hard Reset bisa anda lakukan. Selain itu, Hard Reset juga bisa menjadi solusi ketika anda nada lupa dengan Pola Kunci Layar. Adapun untuk melakukannya, anda bisa simak Langkah – Langkah Hard Reset SONY Xperia C, C3, C4, C5 berikut ini.

  1. Pastikan HP SONY Xperia anda terhubung dengan charger dan berada pada posisi Off atau Mati.
  2. Selanjutnya, untuk masuk pada menu Recovery Mode, anda bisa tekan tombol “Power + Volume Up” selama beberapa saat sampai sampai nantinya anda akan berhasil masuk ke menu Recovery Mode SONY Xperia yang anda miliki.
  3. Untuk melakukan Hard Reset atau Wipe Data, anda bisa pilih “Wipe Data/ Factory Reset”, kemudian lanjutkan dengan memilih “Yes — Delete All Data”. Tunggu sampai proses Hard Reset selesai dan berhasil.
  4. Jika sudah, anda bisa melakukan setup ulang smartphone SONY Xperia anda mulai dari awal. Cukup mudah bukan!
  5. Selesai.

*NOTE :

  • Apabila nantinya tombol “Power + Volume Up” tidak berhasil untuk masuk ke menu Recovery Mode, anda bisa gunakan kombinasi alternatif lainnya seperti “Volume Up + Volume Down + Power” atau “Power + Volume Down”.
  • Gunakan tombol Volume Up dan Down untuk Navigasi ke atas dan ke bawah.
  • Gunakan tombol Power untuk memilih menu.

Metode Factory Reset & Hard Reset diatas dapat anda lakukan pada banyak perangkat SONY Xperia dengan tipe C (C2304 / C2305 / S39h), C3, C3 Dual (D2533 / D2502 / S55t / S55u), C4, C4 Dual (E5303 / E5306 / E5353 / E5333 / E5343 / E5363), C5, C5 Ultra, C5 Ultra Dual (E5553 / E5506 / E5533 / E5563). Jika nantinya ada sedikit perbedaan dari metode yang saya berikan, maka anda bisa langsung menyesuaikannya.

Apabila metode yang saya berikan nantinya tidak berhasil dalam mengatasi masalah anda, maka solusi lain yakni dengan melakukan Hard Reset melalui PC denga software SONY Xperia Comparison. Atau bisa juga dengan melakukan Flashing dengan Firmware baru.

Baca Juga :

Demikian ulasan singkat dari saya mengenai Cara Melakukan Factory Reset & Hard Reset SONY Xperia C, C3, C4, C5 Lupa Pola Kunci, semoga bisa membantu dan bermanfaat. Jika ada sesuatu yang ingin anda tanyakan atau sampaikan mengenai masalah yang ada pada perangkat SONY anda, silahkan tulis melalui kolom komentar yang ada dibawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here