Cara Flash OPPO A83
Sumber Image : DailySocial

Dianisa.com – Cara Flash HP OPPO A83 CPH1729, Lupa Pola Kunci, Bootloop. OPPO A83 merupakan salah satu produk OPPO kelas menengah yang dijual dengan harga 3 Jutaan. Ponsel cerdas ini sudah menggunakan teknologi A.I. Beauty recognition, dimana kamaera pintar dari OPPO A83 dapat mengenali jenis kelamin, usia, warna dan tipe kulit, secara tepat bahkan hingga lebih dari 200+ titik fitur wajah. Didukung dengan kamera depan 8 MP yang sudah ditanamkan teknologi kecerdasan buatan dan algoritma kecantikan sehingga dapat membuat foto selfie anda lebih berwarna. Kamera belakang dari smartphone cerdas ini juga tidak bisa dianggap remeh, dengan kamera belakang 13 MP serta sudah adanya mode “Ultra HD” yang dapat menghasilkan foto beresolusi hingga 50 MP.

Baca Juga :

Dengan berbagi fitur yang ditawarkan oleh OPPO A83, pastinya dapat mendukung segala aktifitas kita diatas layar. Namun, seiring dengan penggunaan OPPO A83, tak menutup kemungkinan bahwa pengguna dari ponsel cerdas ini mengalami berbagai masalah. Baik itu masalah hardware ataupun masalah software. Dimana kalau kita mengalami kerusakan hardware, kita harus membawa smartphone kita ke service center untuk mengganti beberapa komponen yang rusak. Sedangkan kerusakan software sendiri seperti lupa pola kunci atau pin layar, terkena virus, hang, restart sendiri, bootloop, dapat kita upayakan sendiri perbaikkannya. Berbagai pertolongan dini apabila anda terkena masalah software yaitu dengan melakukan Factory Reset Ataupun Hard Reset pada smartphone anda, apabila masih gagal upaya lanjutannya yaitu dengan melakukkan #Flashing pada ponsel pintar kita. Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan metode Cara Flash HP OPPO A83, Lupa Pola Kunci, Lengkap.

Flash Smartphone OPPO A83 CPH1729

Flashing sendiri merupakan proses install ulang sistem operasi pada smartphone, gunanya untuk memperbaiki berbagai macam kerusakan software, menurunkan atau downgrade versi sistem operasi (OS) pada ponsel pintar, dan mengupdate versi sistem operasi. Melakukkan flashing tidak lah sulit, anda hanya perlu teliti mengikuti setiap langkah yang telah disediakan. Pastikan anda tidak salah dalam memilih firmware untuk smartphone, karena apabila firmware tidak cocok ponsel cerdas anda nantinya akan mengalami bootloop / nyala tapi hanya sampai pada logo saja.

Alat dan Bahan Flashing OPPO A83 CPH1729

  • Laptop atau PC Terinstal Windows
  • Kabel Data USB
  • Firmware OPPO A83 CPH1729 : Download
  • OPPO All Tool Enabler: Download
  • Driver Mediatek: Download

Cara Flashing OPPO A83 CPH1729

  1. Ekstrak semua file yang sudah anda download tadi, jadikan dalam satu folder supaya dapat lebih mudah dalam mengaksesnya.
  2. Buka folder driver Mediatek, pilih dan install “InstallDriver.exe” guna untuk memasang driver perangkat pada laptop atau pc.
  3. Buka Folder OPPO All Tool Enabler, pilih dan install “PDAnet.exe” tunggu hingga proses selesai
  4. Pilih dan install juga “CodeMeterRuntime.exe” tunggu hingga proses selesai
  5. Setelah “CodeMeterRuntime.exe” berhasil terinstal, jalanlan “CodeMeter Control Center”, pilih File kemudian klik Import Licence, setelah itu arahkan pada folder OPPO All Tool Enabler. Pilih file “OPPOMsmDownloadToolNoneLic_2001.WibuCmRaU” untuk melakukkan aktifasi lisensi.
  6. Buka Folder Firmware OPPO A83 CPH1729, jalankan program “DownloadTool.exe”. Terdapat dua opsi yang dapat dipilih yaitu “Format Download” dan “Upgrade Download”. Apabila anda memilih format download semua data pada smartphone akan diformat, bahkan imei akan hilang, oleh sebab itu sebaiknya anda memilih Upgrade download.
  7. Pada “DownloadTool.exe” pilih Start All untuk memulai proses flashing
  8. Pada smartphone, pastikan dalam kondisi off atau mati. Siapkan kabel data. Saat menghubungkan kabel data dari pc atau laptop dengan smartphone, tekan secara bersamaan “Volume Atas + Volume Bawah” supaya smartphone dapat terbaca. Apabila ponsel masih belum terdeteksi, lakukan restart pada pc / laptop.
  9. Pada “DownloadTool.exe” port yang terdeteksi akan muncul bar warna merah, biru, hijau dan kuning yang menandakan proses flashing sedang berjalan.
  10. Tunggu hingga proses flashing selesai 100%. Apabila sudah selesai smartphone akan melakukan restart dengan sendiri.
  11. Tunggu hingga proses booting Selesai.

Untuk Memudahkan dalam proses Flashing, anda dapat melihat video dibawah ini sebagai refrensi:

Demikian Tutorial Cara Flash HP OPPO A83 CPH1729 Mudah dan Cepat yang dapat saya bagikan, semoga dapat membantu dan bermanfaat. Jika ada sesuatu yang ingin anda tanyakan terkait proses flashing OPPO, silahkan tulis melalui kolom komentar yang ada dibawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here