Cara Flash Xiaomi Redmi 6A
Sumber Image : manilashaker

Dianisa.com – Cara Flashing Xiaomi Redmi 6A, Bootloop, Upgrade, Downgrade, Lengkap. Tak Cuma memboyong Xiaomi redmi 6 ke tanah air, Xiaomi juga merilis smartphone dengan harga ekonomis lainnya, yaitu Xiaomi Redmi 6A. Pihak Xiaomi mengatakan bahwa ponsel terbarunya ini merupakan penerus dari Xiaomi Redmi 5A yang dirilis akhir tahun 2017 lalu. Ponsel yang dibandrol dengan harga 1 jutaan ini mengusung chipset Mediatek Helio A22 yang diklaim memiliki performa yang serupa dengan Snapdragon 425, dengan CPU Quad-core 2.0 GHz Cortex-A53. Redmi 6A hanya dibekali dengan satu kamera utama dengan resolusi sebesar 13 MP dan pada kamera selfie-nya sebesar 5 MP. Sayangnya ponsel ini belum dibekali dengan fitur pemindai sidik jari, namun untuk meningkatkan keamanan, ponsel ini menggunakan fitur face unlock technology. Redmi 6A memiliki ukuran layar 5,45 inci dengan resolusi HD Plus dengan aspek rasio 18:9, serta memiliki dukungan daya sebesar 3.000 mAh yang tergolong cukup untuk menemani aktivitas diatas layar.

Baca Juga:

Flashing Xiaomi Redmi 6A

Kali ini saya akan membagikan Metode Cara Flashing Xiaomi Redmi 6A, Bootloop, Upgrade, Downgrade, Lengkap dan berhasil. Dalam metode Flashing ini terdapat 3 cara yang dapat anda gunakan. Cara pertama yaitu Flashing via System Update, Cara kedua yaitu Flashing via Recovery Update, dan cara ketiga yaitu Flashing via Fastboot Update. Meskipun ketiga cara flash tersebut menggunakan metode yang berbeda-beda, namun ROM yang digunakan masih tetap sama, serta ketiga cara tersebut merupakan saran langsung dari pihak Xiaomi. Patut diketahui flashing sendiri merupakan hal yang sangat beresiko, dan tidak disarankan bagi orang awam. Namun apabila anda ingin mencoba, ikuti langkah yang disediakan dengan teliti. Sebelum melakukan Flashing, backup data terlebih dahulu apabila memiliki file penting yang tersimpan dalam ponsel, karena semua file akan hilang setelah proses Flashing selesai.

Berikut alasan kenapa para pengguna melakukan #Flashing pada Smartphone Xiaomi milik mereka, yaitu:

  • Smartphone menggalami kerusakan software pada sistem aplikasi yang tidak dapat diselesaikan dengan melakukan Hard Reset atau Factory Reset. Seperti Aplikasi Telah Berhenti dan Tidak Bisa Di Buka.
  • ROM yang digunakan memiliki banyak bug, sehingga membuat smartphone menjadi sering lag, restart sendiri, dan cepat panas.
  • Smartphone mengalami bootloop atau berhenti pada logo.
  • Pengguna ingin melakukan Upgrade atau Downgrade OS pada smartphone Xiaomi miliknya.

Flashing Redmi 6A via System Update

  1. Langkah pertama download terlebih dahulu ROM Xiaomi Redmi 6A dan letakan pada luar folder penyimanan agar mudah mengaksesnya.
  2. Pastikan daya baterai xiaomi anda terisi penuh, minimal 75% agar flashing berjalan dengan lancar dan tidak ada gangguan.
  3. Pada smartphone Xiaomi, jalankan program “Aplikasi Pembaruan / Updater”. Setelah terbuka pilih pengaturan yang ditandai dengan icon titik tiga, yang terdapat pada pojok kanan atas.
  4. Lalu pilih opsi nomer dua “Choose Update Package”.
  5. Cari file Firmware yang sudah anda download tadi. Kalau sudah ketemu, tekan ok.
  6. Tunggu hingga Proses Upgrade atau Downgrade Selesai. Setelah berhasil ponsel akan otomatis melakukan Booting.

Note : Apabila anda ingin upgrade dari ROM Stable based pada Android M ke ROM Developer pada Android N, sebaiknya anda menggunakan metode Flash via Fastboot Update. Karena apabila menggunakan System Update akan mengakibatkan kegagalan.

Flashing Redmi 6A via Recovery Update

  1. Langkah pertama Download ROM Xiaomi Redmi 6A.
  2. File yang sudah anda download tadi harus diganti dahulu namanya menjadi “update.zip” pada komputer.
  3. Setelah berhasil, letakan ROM “update.zip” tadi pada penyimpanan internal telpon, dan taruh di luar folder.
  4. Pastikan daya baterai xiaomi anda terisi penuh, minimal 75% agar flashing berjalan dengan lancar dan tidak ada gangguan.
  5. Kemudian pada smartphone Xiaomi, jalankan program “Aplikasi Pembaruan / Updater”. Setelah terbuka pilih pengaturan yang ditandai dengan icon titik tiga, yang terdapat pada pojok kanan atas.
  6. Lalu pilih opsi nomer empat “Reboot to Recovery Update”. System akan otomatis melakukan restart dan masuk pada mode recovery.
  7. Anda juga dapat masuk mode recovery dengan menekan “Volume Atas + Tombol Power” pada waktu bersamaan dalam keadaan ponsel mati. Gunakan tombol volume atas atau volume bawah untuk mengarahkan pada menu yang diinginkan. Untuk memilih anda bisa menggukan tombol power.
  8. Pilih Menu “install update.zip to system”, Konfirmasi dengan menekan “Yes”.
  9. Tunggu hingga proses flashing selesai. Setelah berhasil Ponsel akan otomatis melakukan booting.

Note : Karena perbedaan dalam tampilan recovery, metode ini tidak dapat dilakukan pada beberapa perangkat Xiaomi Redmi MTK dan perangkat yang masih terkunci bootloadernya.

Flashing Redmi 6A via Fastboot Update

  1. Downloard dan install terlebih dahulu MIUI ROM Flashing Tool.
  2. Pastikan Smartphone sudah Unlock Bootloader. Anda dapat mengeceknya dalam mode developer terlebih dahulu, yaitu masuk menu Setting -> About Phone tekan 7x pada MIUI Version hingga muncul notifikasi “You are a developer now”. Kemudian kembali ke menu setting, pilih “Additional Setting”, serta pilih “Developer Option”. Status Bootloader dapat dilihat pada menu “Mi unlock status”. Apabila gambar gembok terkunci berarti ponsel anda lock bootloadernya, dan sebaliknya.
  3. Download ROM Xiaomi Redmi 6A, saya sarankan download yang Global Stable Version yang merupakan firmware resmi xiaomi yang support update.
  4. Setelah berhasil terdownload, pastikan file Rom memiliki ekstensi “.tgz”, apabila ROM berekstensi “.gz”, ganti terlebih dahulu menjadi “.tgz”. Ekstrak dan letakan dalam folder yang mudah diakses.
  5. Jalankan program “MiFlash.exe”, pilih menu select, arahkan pada folder tempat anda menekstrak file ROM tadi.
  6. Matikan Smartphone Xiaomi. Tekan “Volume bawah + Tombol Power” secara bersama untuk masuk dalam menu Fastboot mode. Kemudian hubungkan perangkat android ke komputer menggunakan kabel USB.
  7. Tekan Refresh hingga device terbaca, apabila sudah, pilih “Flash” untuk melakukan flashing.
  8. Tunggu hingga progress bar menjadi penuh warna hijau, status bar menjadi flash done, dan result menjadi success. Yang menandakan proses flashing berhasil.

Untuk Memudahkan dalam proses Flashing via Fastboot Update, anda dapat melihat video dibawah ini sebagai refrensi:

Note : Apabila perangkat android anda tidak dapat terdeteksi pada “MiFlash”, berarti anda harus menggunakan “Mode Download” terlebih dahulu. Jika tutorial berikut tidak bisa membantu, anda dapat mendownload Mi PC Suite yang dapat menentukan ROM mana yang cocok dengan ponsel anda.

Demikian Tutorial Cara Flashing HP Xiaomi Redmi 6A, Bootloop, Upgrade, Downgrade, Lengkap dan berhasil yang dapat saya bagikan, semoga dapat membantu dan bermanfaat. Jika ada sesuatu yang ingin anda tanyakan terkait proses Flashing Xiaomi, silahkan tulis melalui kolom komentar yang ada dibawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here