Masuk Recovery Mode Android

Dianisa.comPengertian Dan Fungsi dari Mode Recovery Pada Android. Semua smartphone dan tablet Android dilengkapi dengan fitur Recovery Mode, Lalu Apa Sebenarnya Yang Dimaksud Dengan Recovery Mode Dan Apa Fungsi Dari Recovery Mode Tersebut?. Recovery Mode banyak digunakan oleh developers Android sebagai opsional untuk masuk pada sisi dalam sistem saat – saat Android mengalami kerusakan seperti tidak bisa boot, setelan tidak bisa dibuka, atau ingin melakukan flash pada Android itu sendiri.

Baca Juga :

Semua perangkat Android seperti Samsung Galaxy, Oppo, Lenovo, Asus Zenfone, Xiomi, HTC, LG, Motorola, Vivo, Meizu, Nexus, OnePlus, Huawai, Sony Experia, Smartfren Andromax, Acer, ZTE, dan beberapa smartphone Android lainnya telah dilengkapi dengan fitur Recovery Mode. Jika dijelaskan satu persatu ada banyak fungsi dari Recovery Mode itu sendiri.

Penjelasan Mengenai Recovery Mode di Android

Pada kesempatan kali ini saya akan mencoba menjelaskan secara singkat mengenai fungsi Recovery Mode. Umumnya pengguna Android bisa masuk pada Recovery Mode dengan menekan tombol Power dan Volume Atas secara bersamaan. Selain itu, beberapa smartphone lain juga menggunakan tombol Home, Power, dan Volume Atas. Namun inti dari semua itu tetaplah sama yakni masuk pada Recovery Mode Android.

Pada Recovery Mode Android, anda bisa melihat beberapa menu pilihan. Dan berikut daftar menu pilihan dari Recovery Mode Android :

  • Wipe Data / Factory Data Reset = Untuk mereset data Smartphone Android.
  • Install / Apply Update From Sdcard = Untuk menginstall/memilih file pada SD Card.
  • Wipe Cache = Untuk menghapus cache/ file sampah Android.
  • Reboot System Now = Untuk reboot/ Restart Android.

Salah satu manfaat terpenting dari Recovery Mode adalah pengguna bisa melakukan Factory Riset/ mengembalikan smartphone dalam kondisi awal (pabrikan) disaat pengguna tidak bisa masuk pada sistem Android karena terkunci oleh pola atau PIN yang dibuat oleh pengguna itu sendiri. Hal ini bisa menjadi alternative atau opsional bagi pengguna yang lupa dengan PIN, kata sandi, ataupun pola pada layar Android. Dengan masuk pada Recovery Mode pengguna bisa menghapus pola dan Android bisa kembali pada posisi default.

Selain Lupa pola kata sandi, pengguna juga bisa mengatasi kerusakan atau error pada menu setting Android.

Bagi pengguna yang mengalami error atau kerusakan pada setelan Android maka bisa masuk pada wipe data atau factory reset sehingga nantinya Android akan kembali ke setelan pabrik yang kondisinya sama seperti pertama kali kamu membelinya.

Tidak hanya Factory Reset saja, ada banyak menu pilihan dari Recovery Mode Android. Salah satunya adalah bisa melakukan update Sistem dari SD card/ Apply update from sdcard (external storage), atau bisa juga update aplikasi dari Komputer/ Apply update from adb (dengan bantuan komputer). Bahkan menariknya lagi, Recovery Mode juga bisa digunakan untuk proses Root, Install Ulang sistem Android, install aplikasi Google, tema, font, dan lainnya.

Perlu anda ketahui bahwa Recovery Mode juga berkembang, artinya menu yang disediakan juga bisa bertambah. Bahkan ada beberapa smartphone sudah bisa memilih menu pada Recovery Mode dengan sentuhan tanpa harus menggunakan Volume Up dan Volume Down.

Sekedar Share:

Tapi sebelum anda masuk dan menggunakan fitur Recovery Mode, pastikan anda telah melakukan backup pada data/ file penting di Android anda seperti misalnya foto, video, dokumen, aplikasi, kontak, dan data penting lainnya. Hal tersebut anda lakukan supaya nantinya saat Android terjadi error atau kerusakan, maka data penting anda bisa anda kembalikan lagi.

Selain itu pastikan kamu selalu berhati dan teliti sebelum memilih salah satu opsi atau pilihan di recovery mode untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

Baca Juga :

Itulah ulasan singkat mengenai Pengertian Dan Fungsi Recovery Mode Android, semoga bisa membantu dan bermanfaat. Jika ada sesuatu yang ingin anda tanyakan, saran, ataupun kritikan, silahkan anda tulis melalui kolom komentar dibawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!!!

Dikutip dari beberapa sumber : SitiSyarah.info, Kumandroid.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here