Nougat VS Oreo
Sumber Image : YouTube

Dianisa.com – Populernya Nougat Ketimbang Oreo. Android memang tak henti-hentinya memberikan dan meng-upgrade produknya mejadi lebih baik lagi, Salah satu produk dari Android adalah sistem operasi “Android Nougat (7.0/7.1)”. sebagian besar pengguna Android terbaru pasti menggunakan sistem operasi ini untuk smarthponenya. Android Nougat menjadi sistem operasi terpopuler menghalahkan adiknya, yaitu Oreo. Tercatat presentase pengguna Android Nougat di dunia adalah sebesar 28,5 persen.

Baca Juga :

Informasi tersebut diungkap Google lewat sebuah portal untuk para pengembang aplikasi pada Selasa (6/2/2018) waktu setempat. Sementara, pada posisi kedua sistem operasi Android yang paling banyak digunakan adalah Android Marshmallow (6.0) yang dirilis pada 2015. Sistem operasi ini tercatat memiliki persentase pengguna sebesar 28,1 persen.

Sementara Nougat sendiri terbilang bukan sistem operasi Android yang baru, lalu bagaimana dengan Android Oreo (8.0) yang baru saja meluncur pada 2017?

Tersiar kabar, untuk sistem operasi android Oreo ini cuma memiliki persentase sebesar 1,1 persen, angka yang sangat kecil memang bila dibanding dengan para pendahulunya. Sistem operasi ini hanya mencapai posisi ke enam dan Cuma meningkat sebesar 0,2 persen dibanding bulan oktober 2017 lalu. Dikutip The Verge pada Rabu (7/2/2018).

Perkembangan sistem operasi Android hingga kini memang masih menjadi masalah bagi Google. Bahkan, hampir semua sistem operasi Android yang digunakan di smartphone adalah sistem operasi pertama yang hadir saat smartphone itu pertama kali dibeli.

Jika dibandingkan dengan Apple, dengan sistem operasi iOS 10 nya, kini sudah mencapai 28 persen. Padahal, baik Android Nougat dan iOS 10 waktu peluncurannya tak jauh berbeda. Angka itu memang kecil, karena 65 persen sisanya sudah beralih ke sistem operasi teranyar, iOS 11.

Namun pihak Android tidak diam saja, dengan inovasi-inovasi barunya, diharap android Oreo mampu mendongkrak pasaran di dunia sistem operasi. Beberapa inovasi dari android Oreo yang digadang-gadang dapat mendongkrak popularitasnya adalah :

1. Dapat Mengetahui Kecepatan WiFi

Update terbaru android oreo 8.1 menghadirkan inovasi terbaru, yakni dapat mengetahui kecepatan WiFi yang tertangkap atau terdeteksi oleh smarthphone kita. Dengan begitu kita bisa memilih jaringan WiFi mana yang akan digunakan dengan melihat kecepatan WiFi tersebut.

Pengaturan WiFi pada perangkat yang telah diperbarui ke OS Android Oreo terbaru akan memberitahukan kecepatan internet, entah itu Very Fast, Fast, OK, atau Slow. Dikutip dari laman The Verge,

2. Kecepatan Internet Oreo

Bagi kalian yang mungkin suka berselancar di dunia maya, internet merupakan alat wajib yang harus dimiliki. Pada update terbaru android oreo, digadang-gadang memberikan pengguna pilihan untuk pengaturan kedcepatan internet dari android oreo.

Untuk pilihan kecepatan android oreo, dibnagi menjadi 2, yaitu fast dan Very fast. perbedaan antara internet Very Fast dengan Fast adalah, dengan internet Very Fast, pengguna bisa streaming video berkualitas tinggi. Sementara internet Fast bisa memutar video-video berkualitas biasa.

Memang saat ini android nougat masing bertengger diposisi pertama, disusul dengan Marsmallow diposisi kedua, namun tidak menutup kemungkinan android oreo dapat menjadi sistem operasi terpopuler, karena saat ini android oreo masih terbilang baru.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here