Kenapa Android Tidak Bisa Install Aplikasi? Ini Penyebab dan Solusinya

0
847

Dianisa.comTips Cara Mengatasi HP Android Yang Tidak Bisa Install Aplikasi dari Google Play Store. Bagi anda yang sedang mengalami masalah mengenai Smartphone Android Yang Tidak Bisa Install Aplikasi pasti anda merasa sedih, bingung dan kesal. Hal inilah yang membuat anda ingin membanting atau membuang smartphone anda ke tempat sampah. Tapi anda tidak perlu galau atau khawatir lagi, dan juga jangan membuang smartphone anda ke tempat sampah karena kali ini saya akan memberikan Tips Jitu Mengatasi Smartphone Android Yang Tidak Bisa Install Aplikasi, baik file Apk ataupun aplikasi dari Google Play Store.

Baca Juga :

Sebelumnya anda harus tahu apa yang faktor penyebab yang menjadikan Android tidak bisa Install Aplikasi. Biasanya disaat pengguna android gagal dalam melakukan penginstalan muncul pesan error seperti “Out Of Space”, Application Cannot Be Installed In The Default Installation Location”, “Insufficient Storage Available”, “Not Enough Space On Device”, dan pesan – pesan error lainnya. Nah, dari pesan – pesan tersebut saja anda pasti bisa mengetahui dan paham mengapa Android tidak bisa Install aplikasi.

Penyebab umum yang sering terjadi pada pengguna android yakni Memori Penuh atau tidak terdapat ruang kosong untuk file instalasi. Selain itu, banyak pengguna android yang juga tidak memperhatikan masalah Cache atau file sementara. Padahal file tersebut jika tidak ditangani dengan benar bisa – bisa akan terus menumpuk dan membuat smartphone error, termasuk tidak bisa install aplikasi. Untuk lebih jelasnya, Mengapa Smartphone Android Tidak Bisa Install Aplikasi, simak faktor penyebabnya berikut ini.

  1. Ada Aplikasi Yang Berjalan di Background. Maksud dari adanya aplikasi yang berjalan di Background yakni terdapat aplikasi Android yang terbuka dalam keadaan tersembunyi sehingga membuat aplikasi lain tidak bisa diinstall. Artinya, terjadi konflik antara aplikasi yang berjalan di background dengan aplikasi yang ingin di install.
  2. Sering Menginstall dan Menghapus Aplikasi. Apabila anda sering menginstall dan menghapus aplikasi android sebaiknya lakukan penghapusan juga pada file Cache atau residual file. Kenapa harus dihapus? Perlu anda ketahui bahwa setiap menginstall ataupun menghapus aplikasi android akan meninggalkan file sementara dan folder kosong yang terkadang bisa membuat aplikasi lain terjadi error dan macet, termasuk tidak bisa install aplikasi. Hal seperti ini bisa diibaratkan sebuah kantong kresek yang bertebaran dijalan dan tidak pernah dibuang ketempat sampah. Tentu saja jalan akan terlihat kotok, jorok, dan kumuh, sehingga membuat orang akan malas untuk melewatinya.
  3. Smartphone Android Tidak Kompatibel. Terkadang proses instalasi Aplikasi yang gagal terjadi karena aplikasi tersebut tidak mendukung atau tidak kompatibel baik dari segi Hardware dan Software. Untuk itulah, sebaiknya jika ingin menginstall aplikasi, install dari Google Play Store. Karena selain aman, aplikasi dari Google Play Store akan menyesuaikan dari versi OS Android itu sendiri, sehingga kemungkinan berhasil lebih besar dibanding menginstall dari file Apk. (Sumber Referensi : HeyRiad.com)

Cara Mengatasi Tidak Bisa Install Aplikasi di Android

Setelah anda mengetahui beberapa faktor penyebab di atas, langkah berikutnya yang bisa anda lakukan yakni menjajal beberapa metode ampuh mengatasi tidak bisa install aplikasi di Android yang saya tulis dibawah ini. Metode yang saya berikan memang belum bisa dikatakan 100% berhasil, namun tidak ada salahnya untuk anda coba. Langsung saja, simak Metode Mengatasi Tidak Bisa Install Aplikasi Di Smartphone Dan Tablet Android berikut ini.

Metode 1 : Hapus Aplikasi Yang Tidak Begitu Penting

Metode pertama yang bisa anda lakukan yakni menghapus aplikasi yang tidak begitu penting. Mengapa? Aplikasi yang tidak pernah anda gunakan sebenarnya tidak perlu anda pertahankan, sebaiknya hapus aplikasi tersebut supaya memori Internal anda terlihat lebih lega dan lebih leluasa dalam menerima file atau aplikasi baru. Selain itu, menghapus aplikasi yang tidak digunakan juga dapat menghemat penggunaan RAM dan memori Internal. Untuk menghapus aplikasi, silahkan anda simak langkah – langkahnya dibawah ini.

Menghapus Aplikasi Android

  • Buka menu Pengaturan » Setelan Tambahan » Manajemen Aplikasi » Cari “Nama Aplikasi” » Kemudian tap “Hapus Instalasi”.

NOTE : Metode di atas saya lakukan pada Smartphone dengan sistem operasi Android Lollipop v5.1.1. Jika anda menggunakan Smartphone beda sistem, anda bisa menyesuaikan sendiri metodenya.

Baca Juga :

Metode 2 : Bersihkan Cache Aplikasi

Metode kedua yang bisa anda coba lakukan yakni membersihkan file sampah pada semua aplikasi. Untuk hasil yang lebih optimal, gunakan aplikasi cleaner yang ada di smartphone Android anda. Aplikasi tersebut sangat berguna untuk menghapus file sampah. Lebihnya lagi, penghapusan bisa dilakukan dengan cepat dan mudah. Jangan khawatir, jika anda tidak memiliki aplikasi Cleaner, anda bisa lakukan secara manual. Untuk cara manualnya, anda bisa ikuti langkah – langkahnya dibawah ini.

Hapus Cache Aplikasi

  • Buka menu Pengaturan » Setelan Tambahan » Manajemen Aplikasi » Cari “Nama Aplikasi” » Kemudian tap “Hapus Cache”.

NOTE : Metode di atas saya lakukan pada Smartphone dengan sistem operasi Android Lollipop v5.1.1. Jika anda menggunakan Smartphone beda sistem, anda bisa menyesuaikan sendiri metodenya.

Baca Juga :

Metode 3 : Bersihkan Data Google Play Store

Apabila anda mengalami masalah saat menginstall aplikasi dari Google Play Store, maka kemungkian besar, Google Play Store juga bermasalah. Keluhan memang banyak hadir pada pengguna Android yang mengalami masalah pada Aplikasi Google Play Store, mulai dari error, macet, tidak bisa install aplikasi, gagal mengunduh aplikasi, dan lainnya. Solusi paling jitu yang bisa anda coba yakni menghentikan dan menghapus data Aplikasi Google Play Store. Caranya cukup mudah, untuk melakukannya silahkan anda simak langkah – langkahnya dibawah ini.

Hapus Data Google Play Store

  • Buka menu Pengaturan » Setelan Tambahan » Manajemen Aplikasi » Semua » Cari aplikasi “Google Play Store” » Kemudian tap “Paksa Berhenti” dan “Hapus Data”.

NOTE : Metode di atas saya lakukan pada Smartphone dengan sistem operasi Android Lollipop v5.1.1. Jika anda menggunakan Smartphone beda sistem, anda bisa menyesuaikan sendiri metodenya.

Baca Juga :

Metode 4 : Berikan Izin Pada Aplikasi Apk

Untuk metode ke empat yakni memberikan izin pada aplikasi. Metode ini anda lakukan apabila anda ingin menginstall aplikasi di luar dari Google Play Store. Hal ini sangat penting untuk anda lakukan, jika anda tidak memberikan izin pada aplikasi maka semua aplikasi format APk tidak akan bernah bisa berhasil untuk di Install. Setiap perangkat Android memiliki cara yang berbeda – beda dalam memberikan izin pada aplikasi. Sebagai contohnya, anda bisa simak langkah – langkahnya dibawah ini.

  • Buka menu Pengaturan » Setelan Tambahan » Keamanan dan Privasi » Kemudian lakukan perizinan pada Aplikasi dengan menggeser tombol “Izinkan Penginstalan Aplikasi dari Sumber Tidak Dikenal”.

NOTE : Metode di atas saya lakukan pada Smartphone dengan sistem operasi Android Lollipop v5.1.1. Jika anda menggunakan Smartphone beda sistem, anda bisa menyesuaikan sendiri metodenya.

Metode 5 : Factory Reset Android

Apabila semua metode di atas sudah anda coba dan tidak berhasil mengatasi masalah yang ada, maka solusi terakhir yang bisa anda coba yakni melakukan reset pada smartphone dan tablet Android. Cara ini akan mengembalikan ponsel Android pada kondisi awal / pabrik. Sebenarnya ini bukan solusi yang tepat, tetapi karena masalahnya begitu rumit maka factory reset adalah pilihan terakhir yang bisa anda lakukan. Untuk melakukan factory reset, silahkan anda simak langkah – langkahnya dibawah ini.

Reset HP Android

  • Buka menu Pengaturan » Setelan Tambahan » Buat Cadangan dan Reset » Kemudian tap “Hapus Data Aplikasi dan Aplikasi Yang Dapat di Bongkar”.

NOTE : Metode di atas saya lakukan pada Smartphone dengan sistem operasi Android Lollipop v5.1.1. Jika anda menggunakan Smartphone beda sistem, anda bisa menyesuaikan sendiri metodenya.

Baca Juga :

Dengan adanya metode – metode di atas, semoga saja masalah yang ada di smartphone Android anda bisa teratasi dengan baik. Memang sulit untuk mengatasi ponsel Android yang tidak bisa install aplikasi. Saya juga memiliki keterbatasan dalam memberikan tutorial ataupun metode. Kami juga tidak mengetahui permasalah detail yang sedang anda alami. Maka dari itu harap maklum. (Sumber Referensi : HeyRiad.com)

Baca Juga :

Demikian ulasan singkat mengenai Cara Mengatasi HP Android Tidak Bisa Install Aplikasi Apk Dan Dari Google Play Store, semoga bisa membantu dan bermanfaat. Jika ada sesuatu yang ingin anda tanyakan atau sampaikan, silahkan sampaikan melalui kolom komentar atau melalui fanspage facebook Dianisa. Terima kasih!!!

ARTIKEL TERKAIT :

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here