“Sayangnya Proses com.android.systemui Telah Berhenti” di Xiaomi
Sumber Image : TechNave

Dianisa.com – Mengatasi “Sayangnya Proses com.android.systemui Telah Berhenti” di Xiaomi. Sistem UI atau jika pada Xiaomi adalah UI Sistem merupakan salah satu bagian terpenting yang memaksimalkan berjalannya User Interface pada sebuah perangkat Android. Biasanya UI Sistem sangat mempengaruhi tampilan atau antarmuka perangkat Xiaomi. Dan apabila bagian yang satu ini memunculkan pesan error bertuliskan “Sayangnya Proses com.android.systemui Telah Berhenti” maka pengguna tidak bisa melakukan aktifitas multitasking sama sekali.

Baca Juga :

Mengatasi “Sayangnya Proses com.android.systemui Telah Berhenti”

Mengenai permasalahan yang dialami oleh para pengguna perangkat Xiaomi yang muncul pesan error bertuliskan “Sayangnya Proses com.android.systemui Telah Berhenti” maka saya akan membantu anda mengatasi. Masalah mengenai pesan error tersebut biasanya karena ada bugs atau kerusakan yang terjadi pada Sistem, bisa karena corrupt, RAM Penuh, Virus, File temporary, dan lainnya. Ada beberapa metode sederhana yang menurut saya manjur dalam mengatasi masalah tersebut, dan tentunya resikonya adalah data yang tersimpan biasanya akan hilang. Atau jika tidak mau terhapus, bisa melakukan backup. Dan berikut beberapa metode yang bisa anda coba lakukan.

1. Gunakan Cleaner Apabila Masih Memungkinkan

Untuk metode pertama, anda bisa mencoba untuk melakukan pembersihan pada perangkat Xiaomi yang anda miliki. Gunakan untuk membersihkan file sampah, cache, virus, dan lainnya. Scanning secara total pada Internal dan eksternal Xiaomi anda. Setelah melakukan hal tersebut, cobalah anda lakukan restart, semoga nantinya pesan error tersebut tidak muncul kembali.

Metode ini bisa anda coba lakukan apabila HP Xiaomi anda masih sedikit normal, tetapi jika tidak bisa melakukan aktifitas multitasking sama sekali, maka bisa mencoba cara kedua.

2. Hard Reset Via Recovery Mode

Untuk yang kedua, anda bisa mencoba melakukan Hard Reset melalui Menu Recovery Mode. Hard Reset Pada Perangkat Xiaomi sangatlah mudah untuk anda lakukan, tetapi anda harus melakukan backup terlebih dahulu agar semua data yang tersimpan di Internal dan eksternal bisa anda pulihkan kembali. Dan jika anda tertarik untuk melakukan Hard Reset Xiaomi, silahkan anda simak langkah – langkahnya berikut ini.

  1. Langkah pertama, anda harus bisa masuk pada menu Recovery Mode Xiaomi, anda bisa tekan tombol “Power + Volume Up” secara bersamaan selama beberapa saat sampai nantinya muncul Logo MI. Dan secara otomatis, anda akan dihadapkan pada menu Recovery Mode Xiaomi.
  2. Untuk opsi bahasa, anda bisa pilih “Bahasa Inggris”.
  3. Dan untuk melakukan Hard Reset, anda bisa pilih “Wipe Data/ Factory Reset”. Kemudian lanjutkan dengan memilih “Wipe All Data”. Jika muncul pesan konfirmasi, anda bisa pilih “YES”. (Gunakan tombol Power untuk memilih dan tombol Volume Up/ Down untuk Navigasi.
  4. Tunggu saja sampai proses Hard Reset/ Wipe Data selesai dan berhasil 100%. Jika sudah, anda bisa mencoba untuk Reboot atau Restart smartphone Xiaomi anda. Ikuti petunjuk login email dan kata sandi sampai nantinya anda bisa menggunakan smartphone Xiaomi anda kembali.
  5. Selesai.

3. Flashing…

Dan untuk yang ketiga, anda bisa mencoba melakukan Flashing atau Install Ulang Sistem. Metode ini bisa dibilang lebih ribet, karena anda harus mengunduh Firmware atau ROM sesuai dengan perangkat Xiaomi yang anda miliki. Selain itu, anda juga perlu tools – tools lain apabila memang diperlukan.

Untuk lebih mudahnya, anda bisa menemukan cara flashing melalui searching Google sesuai dengan tipe perangkat Xiaomi anda. Atau anda juga bisa bertanya – Tanya melalui forum Xiaomi atau MIUI.

4. Bawa Ke Service Center

Dan untuk yang terakhir, karena permasalah cukup ribet dan membingungkan, maka anda bisa bawa perangkat Xiaomi anda ke Service Center. Tapi sayangnya, Service Center Xiaomi saat ini memang belum begitu banyak, jadi harap maklum apabila di Kota anda belum terdapat Service Center Xiaomi.

Tanyakan kepada teman – teman yang benar – benar mengerti masalah perangkat Xiaomi anda. Atau anda bisa membawanya ke Jasa Service HP Android, tentu dengan biaya agar HP anda bisa sembuh dari masalah tersebut.

Tips – tips yang saya berikan memang bersifat sederhana, dan tentunya anda bisa melakukannya sendiri. Penerapan bisa pada semua perangkat Xiaomi seperti Xiaomi Redmi Note, Xiaomi Redmi Note 2, Note 2 Pro, Redmi 1S, Mi3, Mi4, Xiaomi Redmi 3, 3s, 3 Pro, Redmi 4 Prime, Xiaomi Redmi Note 4, 4 Pro, 4 Snapdragon, Xiaomi Mi2A, Mi2S, Mi2, Mi1S, Mi Pad 2, Xiaomi Mi Note, Mi Note Pro, Mi Note 2, Mi Note 3, Xiaomi Mi Mix, Mi Mix 2, dan lainnya.

Baca Juga :

Demikian ulasan singkat dari saya mengenai Cara Mengatasi “Sayangnya Proses com.android.systemui Telah Berhenti” di HP Xiaomi, semoga bisa membantu dan bermanfaat. Apabila ada yang ingin anda tanyakan terkait HP Xiaomi, silahkan tulis melalui kolom komentar dibawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba !!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here