Cara Mengatasi OPPO Launcher Telah Berhenti

Dianisa.com – Cara Mengatasi Munculnya Pesan Error di HP OPPO Bertuliskan “OPPO Launcher Telah Berhenti”. OPPO Launcher merupakan bagian terpenting yang ada pada Sistem Operasi Android. Biasanya setiap seri memiliki versi Launcher yang berbeda – beda. Fungsi dari Launcher sendiri adalah memaksimalkan penggunaan user interface pada saat menjalankan aktifitas multitasking di atas layar. Lebih jelasnya, Launcher bisa dikatakan bagian dari tema Android yang mampu mengatur semua tampilan layar. Dan apabila Launcher mengalami masalah, maka hal tersebut akan berpengaruh pada semua aktifitas atau pada semua aplikasi yang ada. Kenapa? Karena Launcher bagian dari tampilan, dan apabila tampilan bermasalah pada HP OPPO maka anda tidak bisa melakukan aktifitas multitasking sama sekali.

Baca Juga :

Mengatasi Pesan Error OPPO Launcher Telah Berhenti

Pada kesempata kali ini saya akan berbagi metode ke anda mengenai Cara Mengatasi Muncul Pesan Pop Up Error Bertuliskan “OPPO Launcher Telah Berhenti”. Sebenarnya, masalah OPPO launcher banyak dikeluhkan oleh para pengguna OPPO. Beberapa seri OPPO sering mengalami masalah semacam ini, seperti pada seri OPPO Yoyo, OPPO r831, OPPO R1001, OPPO Find 5 Mini dan bebeberapa merek OPPO lainnya. Penyebab mengenai masalah Launcher tersebut bisa bermacam – macam, bisa karena virus yang menyerang sistem, pengguna sering gonta – ganti tema (launcher), dan lainnya. Ada beberapa metode yang bisa anda coba untuk mengatasi masalah tersebut. Silahkan anda simak Metode Mengatasi OPPO Launcher Telah Berhenti berikut ini.

Metode 1 : Wipe Data Melalui Recovery Mode

Metode pertama yang bisa anda lakukan yakni Wipe Data OPPO atau lebih tepatnya menyapu bersih semua data yang ada, kecuali kontak, SMS, dan beberapa data penting lainnya. Informasi yang saya dapatkan dari Forum OPPO, Wipe data bisa mengatasi Launcher yang bermasalah. Tapi sebelum anda melakukan cara ini, pastikan anda melakukan backup pada semua data dan file yang anda miliki. Copy semua data yang ada di MicroSD anda ke flashdisk atau komputer. Hal ini untuk menjaga supaya data anda tetap aman dan bisa dikembalikan lagi. Untuk melakukan Wipe data, silahkan anda ikuti langkah – langkahnya dibawah ini.

  1. Pertama, matikan HP OPPO yang anda miliki tersebut. Selanjutnya tekan tombol “Power + Volume Down” secara bersamaan sampai pada LOGO OPPO, dan secara otomatis anda akan dibawa pada menu Recovery Mode.
  2. Pilih Opsional “Bahasa Inggris” untuk memudahkan anda melakukan Wipe Data & Cache. Pilih “Wipe Data” dan tunggu sampai proses Wipe (Pembersihkan) Selesai.
  3. Lakukan Restart pada HP OPPO yang anda miliki tersebut.
  4. Selesai.

Metode 2 : Bawa ke Service Center (Gratis)

Apabila metode pertama tidak berhasil mengatasi OPPO Launcher yang bermasalah maka selanjutnya anda kunjungi Service Center OPPO terdekat untuk mendapatkan penanganan khusus mengenai HP OPPO yang anda miliki tersebut. Biasanya Service Center akan melakukan flashing ulang sesuai dengan tipe OPPO yang anda miliki tersebut. Dan hal tersebut tidak dipungut biaya sama sekali alias gratis.

Baca Juga :

Demikian tips yang bisa saya berikan untuk anda semua mengenai Cara Mengatasi OPPO Launcher Telah Berhenti, semoga bisa membantu dan bermanfaat. Jika ada sesuatu yang ingin anda tanyakan atau sampaikan, silahkan anda tulis melalui kolom komentar dibawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!!!

2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here