6+ Cara Mengatasi Tidak Bisa Membuat Status di WhatsApp

Dianisa.com – Mengatasi Tidak Bisa Membuat Status WhatsApp di HP Android. Beberapa waktu yang lalu, Aplikasi Messenger WhatsApp memang telah menghadirkan fitur terbarunya berupa status harian atau stories yang mampu bertahan hingga 24 jam, mirip seperti Instagram Stories.

Fitur tersebut mendapat sambutan baik dari semua pengguna WhatsApp, bahkan rating dan ulasan WhatsApp di Google Play Store juga cukup mengesankan.

Namun sayangnya, ada sebagian pengguna yang mengalami masalah pada fitur tersebut. Beberapa Pengguna Tidak Bisa Membuat Status Atau Stories Pada WhatsApp. Pengguna yang tidak bisa membuat status tentunya merasa sedikit kesulitan dalam mengatasi permasalahan yang ada.

Permasalahan bisa bermacam – macam, mungkin karena update software belum sempurna, adanya file sampah, atau Memori RAM Yang Penuh. Untuk lebih jelasnya, mari kita simak solusinya lengkanya berikut ini.

Masalah WhatsApp

Mengatasi Tidak Bisa Membuat Status di WhatsApp

Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi tips ke anda semua mengenai Cara Mengatasi Tidak Bisa Membuat Status Stories di WhatsApp. Penyebab mengenai WhatsApp tidak bisa digunakan untuk membuat status jelas berbeda – beda, antara pengguna satu dengan pengguna lainnya.

Namun yang pasti, ada beberapa metode yang bisa anda coba terapkan seperti Membersihkan File Sampah dan Menghapus Data Aplikasi. Dan yang paling penting, pastikan anda telah update aplikasi WhatsApp ke versi terbaru.

Lebih jelasnya, simak Metode Mengatasi Tidak Bisa Membuat Status di WhatsApp berikut ini.

1. Restart Smartphone

Coba restart smartphone android anda, siapa tahu dengan ini WhatsApp dapat normal kembali. Ini sangat memungkinkan apabila masalah hanya karena Memori RAM Penuh. Dengan restart maka semuanya dapat normal kembali.

Jikapun nanti masih bermasalah, cobalah metode berikutnya.

2. Periksa Konektivitas Smartphone

Pastikan jaringan atau sinyal di smartphone anda maksimal dan lancar untuk segala aktivitas online, baik YouTube, Play Store, Chrome, ataupun yang lainnya. Dan jika semuanya lancar dan hanya WhatsApp yang bermasalah, maka fokus pada permasalahan WhatsApp saja. Bisa jadi karena penumpukan cache, bugs pada WhatsApp, Virus, dan lainnya.

Tapi jika memang semua koneksi terasa lambat, maka kemungkinan Paket Internet anda telah habis atau memang dari provider jaringan yang bermasalah. Coba gunakan mode pesawat untuk melakukan pencarian jaringan baru.

3. Coba Gunakan VPN Apabila di Take Down Pemerintah

Saat ini memang sedang ramai terkait WhatsApp yang tidak bisa digunakan, khususnya untuk mengirim foto, video, dan juga membuat status. Ini terjadi karena pembatasan yang dilakukan pemerintah selama beberapa hari.

Walaupun ini bersifat tidak efektif karena kita sendiri pun juga membutuhkan WhatsApp sebagai media komunikasi, bisnis, dan lain sebagainya maka mau tidak mau harus menerima dengan lapang dada.

Solusi yang bisa anda lakukan yakni dengan install Aplikasi VPN. Ada banyak Aplikasi VPN Gratis dan Berbayar yang semuanya bisa anda temukan di Google Play Store. Untuk hasil terbaik memang harus menggunakan yang berbayar, lebih safe (aman) serta terjamin stabilitas dan kecepatannya.

4. Hentikan & Hapus Data Aplikasi

Selanjutnya cobalah untuk Menghentikan dan Menghapus Data Aplikasi WhatsApp. Cara ini biasanya jitu dalam Mengatasi Aplikasi Yang Error. Menghapus data aplikasi akan menghilangkan data aplikasi yang bersifat sementara seperti basis data, cache, History, dan lainnya.

Untuk menghapus data aplikasi, silahkan anda simak langkah – langkahnya dibawah ini.

Hapus Data Aplikasi WhatsApp

  • Buka menu Pengaturan » Setelan Tambahan » Manajemen Aplikasi » Cari “WhatsApp” » Kemudian tap “Paksa Berhenti” dan “Hapus Data”.

NOTE: Untuk contoh diatas saya lakukan pada smartphone OPPO A37.

5. Update Aplikasi WhatsApp

Dengan Update aplikasi, tentunya anda akan mendapatkan pembaruan dari semua fitur yang dihadirkan. Selain itu, Bugs Atau Kerusakan Pada Aplikasi Akan Hilang. Adapun untuk memperbarui aplikasi, anda bisa mengunjungi Google Play Store dan cari Aplikasi WhatsApp.

Dari situlah anda bisa mencoba untuk update aplikasi WhatsApp.

Update WhatsApp

Sumber Image : Play Store

  • Buka Google Play Store, kemudian cari aplikasi “WhatsApp” kemudian anda bisa mencoba untuk tap “Update” dan “Terima”.

6. Install Ulang Aplikasi WhatsApp

Uninstall aplikasi adalah solusi Mengatasi Whatsapp Yang Benar – Benar Error. Setelah menghapus aplikasi, pastikan juga anda telah membersihkan file sampah menggunakan Aplikasi Cleaner agar data – data bekas instalasi bisa bersih secara total.

Untuk menghapus aplikasi, anda bisa simak langkah – langkahnya dibawah ini.

Hapus Aplikasi WhatsApp

  • Buka menu Pengaturan » Setelan Tambahan » Manajemen Aplikasi » Cari “WhatsApp” » Kemudian tap “Hapus Instalasi”.

NOTE: Untuk contoh diatas saya lakukan pada smartphone OPPO A37.

Akhir Kata

Dengan adanya beberapa metode diatas, semoga Aplikasi WhatsApp yang anda miliki bisa normal kembali. Untuk metode ketiga, pastikan anda membersihkan residual file dengan Aplikasi Cleaner supaya Android bisa lebih optimal dalam menerima aplikasi baru.

Metode diatas dapat anda lakukan pada semua perangkat Android seperti Samsung Galaxy, OPPO, Realme, Lenovo, ASUS ZenFone, PadFone, ROG, Xiaomi, VIVO, HTC, LG, Motorola, OnePlus, Huawei, NEXUS, SONY, NOKIA, Coolpad, Honor, Infinix, Lava, Meizu, Blackberry, Polytron, Himax, Sharp, Haier, Luna, Smartfren Andromax, ZTE, Acer, ADVAN, Axioo, Evercoss, dan lainnya.

Demikian ulasan singkat mengenai Solusi Mengatasi Tidak Bisa Membuat Status di Whatsapp, semoga bisa membantu dan bermanfaat. Jika ada sesuatu yang ingin anda tanyakan atau sampaikan mengenai Aplikasi WhatsApp, silahkan tulis melalui kolom komentar dibawah ini.

Terima kasih dan selamat mencoba!!!

Share Your Thoughts

Your email address will not be published. All fields are required.

What others say | 75 Comment

  1. Shely berkata:

    Kak saya udah buat ketiga cara itu tapi tetap juga wa saya gak bisa buat stts pakai foto..gmn solusi ny yg lain kak?