Sayangnya, Launcher3 Telah Berhenti di Smartfren Andromax

Dianisa.com – Mengatasi “Sayangnya, Launcher3 Telah Berhenti” di HP Smartfren Andromax. Launcher merupakan salah satu bagian terpenting pada sebuah perangkat Android, khususnya pada Smartfren Andromax yang kalian miliki. Launcher memiliki fungsi penting untuk mengatur tampilan atau tema (User Interface) pada layar Android anda. Jika launcher bermasalah, maka biasanya pengguna android tidak bisa melakukan aktifitas multitasking sama sekali. Bahkan hanya sekedar membuka menu saja terkadang tidak bisa dilakukan.

Baca Juga :

Mengatasi Launcher3 Telah Berhenti

Setiap perangkat Android memiliki pesan error pada launcher yang berbeda – beda, namun untuk Smarfren Andromax biasanya muncul pesan bertuliskan Sayangnya, Launcher3 Telah Berhentiatau “Unfortunately, Launcher3 Has Stopped”. Dan untuk mengatasi masalah tersebut, ada beberapa metode sederhana yang bisa anda coba lakukan. Untuk lebih jelasnya, anda bisa simak metodenya berikut ini.

1. Hapus Cache dan Hapus Data Launcher

Untuk cara yang pertama, anda bisa mencoba untuk membersihkan file cache dan data aplikasi Launcher. Cara ini bisa anda coba lakukan apabila smartphone Andromax anda pada kondisi medium dan masih bisa masuk pada menu Setelan/Pengaturan. Temukan aplikasi Peluncur, kemudian lakukan dengan menghapus cache dan data aplikasi. Untuk lebih jelasnya, anda bisa simak langkah – langkahnya dibawah ini.

Hapus Cache dan Data Peluncur Andromax

  • Buka menu Pengaturan » Aplikasi » Semua » Cari “Peluncur” » Kemudian anda tap “Hapus Cache” dan “Hapus Data”.

NOTE : Metode di atas saya lakukan pada Smartphone Smartfren Andromax G2 AD681H. Jika anda menggunakan Smartphone beda sistem, anda bisa menyesuaikan sendiri metodenya.

Baca Juga :

2. Hard Reset Via Recovery Mode

Untuk yang kedua, anda bisa mencoba melakukan Hard Reset/Wipe Data melalui menu Recovery Mode Smartfren Andromax. Cara yang satu ini biasanya manjur dalam mengatasi pesan error yang terjadi pada beberapa aplikasi bawaan, termasuk Peluncur/Launcher. Untuk lebih amannya, sebaiknya anda lepas dulu MicroSD atau SD Card yang ada pasang. Dan untuk melakukan Hard Reset HP Smartfren Andromax, silahkan anda simak langkah – langkahnya berikut ini.

  1. Sebelumnya, pastikan daya baterai mencukupi untuk melakukan Hard Reset Andromax.
  2. Untuk masuk menu Recovery Mode (Android Sytem Recovery), anda bisa tekan tombol “Power + Volume Up” secara bersamaan selama beberapa saat sampai nantinya muncul Logo Smartfren. Jika sudah muncul, lepaskan kedua tombol tersebut dan secara otomatis anda akan dibawa pada menu Recovery Mode Smartfren Andromax.
  3. Untuk Hard Reset, anda bisa pilih “Wipe Data/ Factory Reset”. Kemudian lakukan konfirmasi dengan memilih “Yes – Delete All User Data”. Gunakan tombol Power untuk memilih dan tombol Volume untuk Navigasi.
  4. Tunggu sampai proses Hard Reset selesai. Jika sudah, anda bisa mencoba restart atau reboot HP Andromax yang anda miliki tersebut.
  5. Selesai.

Setelah anda selesai melakukan Hard Reset, maka biasanya smartphone akan reboot atau restart. Dan selanjutnya anda akan dihadapkan pada menu daftar atau login awal untuk akun Google. Nah, apabila anda sudah sampai disini dan tidak ada pesan error apapun maka dapat dipastikan HP Smartfren anda telah normal kembali.

3. Flashing….

Dan untuk yang ketiga, anda bisa mencoba melakukan Flashing atau Install Ulang Sistem. Untuk metode yang satu ini tentu akan lebih ribet karena anda harus mendapatkan Firmware sesuai dengan tipe Andromax yang anda miliki. Cari – carilah metode flashing HP Smartfren Andromax anda di pencarian Google. Adapun untuk blog saya hanya memberikan beberapa metode flashing pada beberapa perangkat saja.

Baca Juga :

Metode diatas dapat anda terapkan pada semua perangkat Smartfren Andromax seperti Andromax C, C2, C3, Andromax G, G2, G2 QWERTY, Andromax I New, i3, i3s, Andromax V, V2, V3s, Andromax U, U2, U3, T, U 4.5 Limited Edition, Adromax Z, dan lainnya.

Baca Juga :

Metode yang saya berikan memang terkesan sederhana, tentunya masih banyak kekurangan. Adapun jika ada ingin menambahkan, silahkan tulis melalui kolom komentar yang ada dibawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here