Daftar Harga Ikan Gurame Lengkap

Tahukah anda bahwasanya Ikan Gurame merupakan salah satu hewan air tawar yang termasuk golongan jenis hewan Omnivora. Yup! Maksud dari Omnivora disini adalah Gurame dapat mengkonsumsi hampir segala jenis pakan, mulai dari tumbuhan lunak seperdi dedaunan singkong, Talas, Jati dsb. Adapun dari golongan pakan daging yang berupa Cacing, Larva Rayap, Serangga ataupun bangkai ayam.  

Apabila ingin menambahkan pakan lainya dengan tujuan budidaya, peternak dapat memberikan pakan berupa dedak, ampas (Kedelai, Jagung, Kacang dan sejenisnya) sebagai pilihan konsumtif dengan tujuan memberikan nutrisi pembesaran ke Gurami. Oleh karena itulah Ikan Gurami termasuk golongan hewan budidaya dengan tingkat kepopuleran yang tinggi! Karena selain mudah dalam mencari pakanya, makhluk omnivora ini juga sangat diminati sebagai sajian kuliner terutama Asia Tenggara. 

Bagi mereka yang bergerak dalam bidang bisnis ternak ikan gurami ada tiga cara umum yang dapat digunakan sebagai pilihan dalam membudidayakan ikan air tawar ini. Dan ketiga caranya yaitu:

Pembibitan :

Di sini Peternak perlu mempersiapkan 2 jenis ikan Gurami Jantan dan Betina guna dipijahkan (Ditelurkan) Adapun cara untuk membedakan antara Gurami Jantan dan Betina yaitu:

  • Gurami Jantan: Warna kelihatan kemerahan dan hitam terang, susunan sisik terlihat normal, Bagian perut runcing dan memiliki gerakan yang gesit.
  • Gurami Betina: Warnanya kelihatan cerah, bagian perut agak bundar dan besar, sisiknya kelihatan sedikit membuka dengan gerakan yang relatif lamban.

Pendederan :

Cara yang digunakan yaitu dengan menebar benih kekolam gurami yang sudah siap isi. Pada langkah ini peternak harus menbarkanya pada pagi hari sekitar jam 07:00 WIB – 09:00 WIB demi menghindari stress kepada ikan Gurami. Perlu dicatat juga sebelum penebaran peternak juga mesti menyesuaikan suhu kolam dengan bibit. Caranya yaitu dengan mengapungkan wadah yang berisi benih Gurami terapung diatas kolam agar bibit gurami dapat beradaptasi dengan suhunya dan menyesuaikanya.

Pembesaran :

Peternak dapat membeli dan membesarkan Gurami berukuran 125g per ekor menjadi 1kg perkekor (Atau dapat disebut ukuran layak konsumsi) namun pilihan peternak dalam menentukan ukuran Gurami yang dijadikan awal dalam metode pembesaran ini Opsional.

Lihat Juga :

Daftar Harga dan Jenis Ikan Gurame

Sebagai hewan budidaya dengan banyak manfaat dalam faktor bisnis maupun kuliner, Gurami dapat meminimalisir penyakit Degeneratif. Penyakit ini sering dijumpai pada mereka yang sudah berumur dan memiliki resiko darah tinggi yang disebabkan kolesterol, seperti yang diketahui bahwa makanan berdaging dapat memicu penyakit ini akan tetapi tubuh manusia sendiri membutuhkan makanan bernutrisi seperti daging dan sayuran agar tetap terjaga kesehatanya. Ikan Gurami dapat menjadi alternatifnya, karena berprotein tinggi namun berkadar lemak rendah yaitu 55mg/10gr.

Kalau mau dijadikan sebagai ladang bisnispun Gurami masih memiliki poin serta faktor yang mendukung untuk dibudidayakan, yakni:

  • Memiliki Harga jual yang tinggi.
  • Pakan yang mudah didapatkan dan dicari.
  • Angka kematian dari Ikan Gurami relatif rendah dibandingkan ikan jenis lainya.
  • Permintaan pasar yang tinggi sedangkan jumlah Ikan yang didagangkan belum bisa memenuhi permintaan pasar.

Sekarang apakah anda mulai tertarik dalam mencari tahu harga Ikan Gurami? Barangkali daftar referensi dari Harga pasar Ikan Gurami dibawah ini dapat membantu anda dalam mendapatkan Informasi mengenai Nilai dari Ikan Gurami itu sendiri.

NOTE : Harap diingat bahwasanya harga yang tertera pada artikel ini dapat berubah kapan saja mengikuti situasi serta kondisi pasar penjualan Ikan Gurame

1. Harga Ikan Gurame Soang 

Gurami Soang

Gurami Soang menjadi ikan berjenis Gurami yang paling akrab ditemui di wilayah Jawa Barat yang lebih tepatnya pada daerah Ciamis. Nama “Soang” pada Gurami ini berasal dari tonjolan yang terletak pada kepalanya, terutama pada yang berjenis Jantan yang mana semakin dewasa Guraminya maka akan semakin terlihat tonjolan pada kepalanya. Uniknya lagi nama Soang ini diambil dari kata Angsa yang dalam bahasa Sunda disebut Soang.

Gurami Soang atau Gurami Jawa Barat ini memiliki keunggulan tersendiri yang membuatnya menjadi hewan air tawar yang layak dibudidayakan. Diantaranya, Gurami ini memiliki tingkat produktivitas yang tinggi dari Ikan sejenisnya, Dapat menghasilkan bibit pada usia 3 sampai 5 tahun, Jumlah telurnya pun sangat banyak dalam sekali reproduksi yang menghasilkan antara 5.000 hingga 7.000 telur. 

Walaupun begitu nyatanya Gurami ini memiliki kelemahan dimana ketika proses bertelur dari induknya yang mana telur tersebut tidak menempel pada benda-benda dan mengapung di air. Peralihan dari telur menjadi larva pada Gurami soang menjadi fase kritis pada Ikan ini.

Ciri-Ciri Ikan Gurame Soang   

  • Bentuk badan Gurami terlihat memanjang dengan daging yang tebal
  • Warna tubuh keperakan dengan kombinasi merah dan hitam yang dominan
  • Memiliki sisik dengan ukuran besar yang tidak membulat secara utuh
  • Pada bagian pangkal ekor ada tanda bulatan hitam
  • Terdapat rahang tajam pada gigi bawah yang berfungsi untuk merobek makanan
  • Memiliki sirip berbentuk benang pada bagian bawah perut sebagai alat peraba bagi Gurami Soang.

Harga Ikan Gurame Soang  Siap Beli

Ukuran Ikan Gurami SoangHarga per ekor
1kgRp.45.000
1kg (Kualitas Super)Rp.60.000

Harga Bibit Gurame Soang

Ukuran Ikan Gurami SoangHarga per ekor
2-4cmRp.1.500
4-6cmRp.3.000
6-8cmRp.5.000
8-10cmRp.7000

Lihat Juga :

2. Harga Ikan Gurame Jepang

Gurami Jepang

Hanya karena namanya Gurami Jepang bukan berarti Gurami Ini asalnya dari Jepang ya! Gurami Jepang merupakan Gurami asli asal Jawa Tengah tepatnya daerah Purwokerto. Karena begitu populer di daerah tersebut Gurami Ini mendapat julukan lain seperti Gurami Purwokerto. Keunikan Gurami jepang terletak pada sisik-sisiknya yang mana memancarkan warna putih dengan garis gelap yang jika dilihat sekilas terlihat keabu-abuan.

Kekurangan Ikan Gurami jepang terletak pada ukuran tubuhnya yang relatif kecil daripada Ikan Gurami Soang yang terkenal dengan Daging serta tubuhnya yang tebal dan besar. Walaupun begitu apabila diternakan dengan baik Ikan Gurami Jepun juga dapat memberikan keuntungan yang lumayan kepada pembudidayanya, Karena Ikan ini dapat tumbuh sepanjang 45cm dengan bobot mencapai 4Kg per ekornya.  

Jika berbicara mengenai produktivitas dalam pembibitan, Ikan Gurami Jepang cukup unggul dalam jenisnya. Karena dalam sekali penjejahan telur Betina Gurami Jepun Mampu menghasilkan 2000 sampai 3000 setiap periode tetasnya.  Ciri-ciri umum yang dapat diketahui dari perbedaan Gurami Jantan dan Betina adalah Gurami Jantan memiliki bentuk tubuh agak persegi jika dilihat dari samping sedangkan Betina condong kedalam bentuk bundar atau elips(Oval).

Ciri-Ciri Ikan Gurame Jepang

  • Memiliki warna kebiruan ketika Ikan Gurami berusia muda dan berangsur-angsur menjadi warna gelap ketika dewasa.
  • Ukuran tubuh yang lebih kecil dari spesies sejenisnya
  • Memiliki ukuran sisik yang kecil
  • Daging yang dimiliki lebih pipih dari Gurami Soang

Harga Ikan Gurame Jepang Siap Beli

Ukuran Ikan Gurami JepangHarga per ekor
1kgRp.42.000
1kg (Kualitas Super)Rp.45.000

Harga Bibit Gurame Jepang

Ukuran Ikan Gurami SoangHarga per ekor
2-4cmRp.2.000
4-6cmRp.3.500
6-8cmRp.5.000
8-10cmRp.7000

3. Harga Ikan Gurame Porselen

Gurami Porselen

Namanya sendiri cukup eksentrik, mengambil nama porselen yang akrab didengar dan diketahui masyarakat sebagai kerajinan keramik. Tentu saja bukan, Gurami Porselen adalah salah satu jenis ikan air tawar yang dapat dibudidaya dan dikonsumsi sebagai makanan yang sehat dan berprotein tinggi yang baik untuk kesehatan tubuh. 

Sebagai salah satu spesies ikan air tawar, Ikan Gurami Porselen memiliki sebuah keunggulan bagi mereka yang membudidayakanya. Gurami porselen mempunyai kemampuan dalam menghasilkan telur paling banyak dibandingkan Gurami jenis lain, telur yang dihasilkan sendiri dalam sekali reproduksi berjumlah 10.000 sehingga hal ini cukup menguntungkan bagi peternak.

Fakta menarik lain dari Ikan Gurami porselen ialah julukannya, nama ini diambil karena tubuh ikan ini memiliki warna putih bagai perkakas yang sering disebut manusia sebagai keramik Porselen. Selain itu harga jualnya tidak dapat diragukan! Gurami ini memiliki nilai jual yang lebih tinggi dari ikan air tawar sejenisnya.

Ciri-Ciri Ikan Gurame Porselen

  • Warna Ikan Gurami Porselen berwarna merah muda cerah dengan sedikit keperakan serta ukuran kepala lebih kecil.
  • Indukan Gurami porselen menjadi pilihan terbaik bagi pembudidaya Ikan air tawar dikarenakan jumlah volume telurnya jauh lebih unggul dari jenis gurami lain, Sehingga bagus untuk pembenihan.
  • Berat maksimal per ekornya mencapai 2Kg
  • Ikan yang cenderung menyenangi perairan yang jernih.

Harga Ikan Gurame Porselen Siap Beli

Ukuran Ikan Gurami PorselenHarga per ekor
1kgRp. 40.000
1kg (Kualitas Super)Rp.55.000

Harga Bibit Gurame Porselen

Ukuran Ikan Gurami PorselenHarga per ekor
2-4cmRp.1.500
4-6cmRp.3.000
6-8cmRp.4.500
8-10cmRp.7.000

Lihat Juga :

4.Harga Ikan Gurame Padang  

Gurami Padang

Sesuai namanya, Ikan Gurami Padang merupakan Ikan air tawar yang berasal dari daerah Padang Pariaman, Sumatera Barat. Selain dikenal banyak orang dengan sebutan Gurami padang, Ikan ini juga dikenal dengan julukan Gurami Albino. Julukan tersebut bukan karena tanpa alasan, pasalnya Gurami ini memiliki tubuh yang didominasi warna putih dengan perpaduan warna merah keemasan yang cerah.

Sama seperti warnanya yang keemasan, Gurami ini memiliki nilai tersendiri bagi para pembudidaya Gurami. Jika diibaratkan sebuah harta, Ikan Gurami Padang bagaikan emas didalam air. Bagaimana tidak? Jika biasanya harga Gurami yang dikonsumsi kisaran Rp.70.000 hingga Rp.100.000 maka Gurami dengan julukan Albino dari Padang ini mampu melampauinya dengan kisaran Harga yang mencapai Rp.200.000 sampai Rp.300.000 /Kg. Nilai yang cukup fantastis bukan?

Dalam segi produktivitas Gurami Padang mampu menghasilkan kisaran 500 sampai 3.000 ekor, walau begitu karena genetiknya yang khas dan unik dengan jumlah reproduksi yang berada dalam rata-rata, Gurami Padang masih mampu bersaing dan mengungguli harga dari Ikan Gurami lainya yang notabene memiliki tingkat reproduksi lebih tinggi dari Ikan Gurami padang.

Ciri-Ciri Ikan Gurame Padang

  • Tubuh berwarna putih keperakan dengan warna merah agak keemasan pada bagian punggung serta perutnya.
  • Memiliki bentuk tubuh pipih dan lebar dengan sisik yang tebal dan kuat dengan tepi yang agak kasar.
  • Bibir bawah Ikan Gurami padang terlihat menonjol kedepan daripada dengan bibir atas.

Harga Ikan Gurame Padang Siap Beli

Ukuran Ikan Gurami PadangHarga per ekor
1kgRp. 60.000
1kg (Kualitas Super)Rp.70.000

Harga Bibit Gurame Padang

Ukuran Ikan Gurami PadangHarga per ekor
2-4cmRp.2.500
4-6cmRp.4.500
6-8cmRp.7.000
8-10cmRp.10.000

5. Harga Ikan Gurame Baster

Gurami Baster

Gurami Baster merupakan sosok Ikan yang cukup digemari para penikmat kuliner karena menyajikan irisan daging yang tebal dan besar dimana hal ini cukup memuaskan mereka dalam menyantap Ikan Gurami ini. Selain para penikmat kulinernya, keuntungan juga dirasakan pembudidayanya karena Gurami Baster adalah salah satu spesies Ikan yang dapat dengan mudah beradaptasi dengan lingkungan sekitarnya.

Selain mudah beradaptasi dengan lingkunganya jenis Baster memiliki kelebihan lain yang cukup menguntungkan bagi peternak ikan, yaitu Gurami Baster mudah berkembang dengan baik. Oleh karena itu Ikan air tawar ini dapat mencapai bobot 3Kg sampai 8Kg dengan pembudidayaan yang tepat dengan kurun waktu satu tahun. Gurami ini juga mudah berkembang biak walaupun telur yang dihasilnkan hanyalah kisaran 4000an ekor saja. 

Keunikan Gurami ini terletak pada bentuk tubuhnya yang dimana Kepala si Gurami Baster berwarna putih dengan badannya yang berwarna abu-abu kehitaman. ditambah ukuran sisiknya lebar dan kasar serta memiliki pertumbuhan dan perkembangan badan yang lumayan cepat. Karena itulah Gurami Bastar dapat dengan mudah dikenali dari badanya yang kelihatan besar.

Ciri-Ciri Ikan Gurame Baster

  • Bertubuh lonjong dengan bentuk pipih namun berdaging tebal
  • Bermulut kecil akan tetapi bisa dimoncongkan
  • Rahang dengan susunan gigi yang teramat kecil
  • Memiliki tepi tubuh yang kasar dan bersisik besar

Harga Ikan Gurame Baster Siap Beli

Ukuran Ikan Gurami BasterHarga per ekor
1kgRp. 50.000
1kg(Kualitas Super)Rp. 60.000

Harga Bibit Gurame Baster

Ukuran Ikan Gurami BasterHarga per ekor
2-4cmRp.1.500
4-6cmRp.3.000
6-8cmRp.5.000
8-10cmRp.7.500

Lihat Juga :

6.Harga Ikan Gurame Batu  

Gurami Batu

Nama Ikan Gurami ini cukup awam bahkan dikalangan pembudidaya, pasalnya Gurami Batu menjadi salah satu jenis Ikan air tawar yang pembudidayaanya masih sedikit. Selain itu ketidakpopuleran ikan ini dalam masyarakat diakibatkan oleh tekstur daging Gurame Batu sendiri yang dirasa tidak seenak dengan Gurami-Gurami lainya.

Nama Gurami batu sendiri diperkirakan berasal dari warna sisiknya yang hitam gelam serta tekstur sisiknya yang keras menyerupai sebuah batu. Kemudian Gurami ini memiliki pertumbuhan yang lambat dan tidak terlalu besar. Walaupun Gurami ini kurang begitu populer, namun Ikan ini dapat menjadi pilihan konsumsi dengan alasan harga jualnya yang terjangkau dimana perkilonya dijual senilai Rp.30.000 sampai Rp.35.000. Jadi hewan ini dapat menjadi pilihan konsumtif yang cukup menghemat kantong para pecinta kuliner Ikan Bakar.

Ciri-Ciri Ikan Gurame Batu

  • Bersisik Keras
  • Memiliki warna tubuh yang hitam kegelapan
  • Memiliki gerakan yang gesit untuk pejantan dan gerakan lambat utnuk Gurami betina.
  • Memiliki ukuran tubuh yang lebih kecil dari Gurami kebanyakan

Harga Ikan Gurame Batu Siap Beli

Ukuran Ikan Gurami BatuHarga per ekor
1kgRp. 30.000
1kg (Kualitas Super)Rp.35.000

Harga Bibit Gurame Batu

Ukuran Ikan Gurami BatuHarga per ekor
2-4cmRp.1.750
4-6cmRp.2.900
6-8cmRp.3.500
8-10cmRp.6.000

7. Harga Ikan Gurame Paris 

Gurami Paris

Jangan sampai salah paham, hanya karena namanya Gurami Paris bukan berarti Ikan ini persilangan Ikan dari Paris dan Indonesia, Ikan ini sepenuhnya Gurami Lokal yang dimana nama Paris diambil dari warna tubuhnya yang terlihat Oranye dengan perpaduan merah muda, dan juga sebagai salah satu strategi dagang para penjual Ikan Gurami demi menunjang angka penjualan mereka.  

Warna Gurame Parislah yang menjadi daya tarik utama dari Ikan ini yang membuatnya berbeda dari Ikan Gurami lain yang kebanyakan memiliki warna gelap pada salah satu bagian tubuhnya. Ukuran serta berat dari Gurami Paris pun cukup standar dimana beban berat maksimalnya hanya mencapai 1,5Kg. dan juga penjejahan telur yang dihasilkan oleh Gurami paris cukup banyak dengan prolehan dari sekali reproduksi yaitu 5000 sampai 6000 butir telur per ekornya.

Ciri-Ciri Ikan Gurame Paris

  • Memiliki warna merah muda mulai dari ekor sampai kepala
  • Mempunyai sisik berukuran besar
  • Terdapat bercak berwarna hitam pada sekitar area kepala
  • Berdaging tebal dengan tubuh yang lonjong

Harga Ikan Gurame Paris Siap Beli

Ukuran Ikan Gurami ParisHarga per ekor
1kgRp. 50.000
1kg (Kualitas Super)Rp.70.000

Harga Bibit Gurame Paris

Ukuran Ikan Gurami ParisHarga per ekor
2-4cmRp.2.750
4-6cmRp.3.750
6-8cmRp.6.000
8-10cmRp.8.500

Lihat Juga :

8. Harga Ikan Gurame Kapas

Gurami Kapas

Masyarakat Indonesia memang cukup ahli dalam menamai hewan ternak yang mereka budidaya dengan sebutan dan julukan yang sangat lekat dengan kehidupan sehari-hari. Contohnya saja Gurami Kapas, yang secara harfiah nama kapas untuk Ikan lokal asli indonesia ini berasal dari warna tubuhnya yang terlihat putih keperakan bak sebuah kapas yang lembut.

Namun fakta menariknya adalah nama kapas tersebut tidak sejalan dengan tekstur yang dimiliki oleh Ikan Gurami ini. Pasalnya sisik dari Gurami Kapas itu lebar dan bertekstur kasar dan keras, hal ini sangat berkebalikan dengan nama yang disematkan oleh pembudidaya untuk Ikan air tawar ini. Walaupun begitu tampilan dari Gurami kapas telah mewakili julukanya.

Kembali ke Topik! Gurami kapas memiliki tingkat produktivitas telur yang cukup tinggi yang mana membuat Ikan Gurami Kapas memiliki banyak peminat. Selain karena enak dimakan Gurami ini juga mengandung Mineral yang diperlukan tubuh untuk menjaga kesehatan syaraf dan otot jantung serta menghasilkan berbagai jenis enzim yang diperlukan tubuh.

Ciri-Ciri Ikan Gurame Kapas

  • Memiliki sisik yang lebar dan kasar
  • Warna tubuh putih keperakan seperti kapas
  • Berbentuk lonjong dengan sirip bawah dan ekor yang lebar seperti kipas
  • Ada sedikit garis merah mulai dari atas kepala hingga punggung.

Harga Ikan Gurame Kapas Siap Beli

Ukuran Ikan Gurami ParisHarga per ekor
1kgRp. 30.000
1kg (Kualitas Super)Rp.35.000

Harga Bibit Gurame Kapas

Ukuran Ikan Gurami ParisHarga per ekor
2-4cmRp.2.500
4-6cmRp.5.000
6-8cmRp.7.000
8-10cmRp.10.500

9. Harga Ikan Gurame Blue Safir

Gurami blue Safir

Ikan Gurami ini memiliki nama yang paling menarik dari daftar diatas, karena namanya sendiri mengingatkan penulis terhadap salah satu jenis batu permata Blue Safir yang dulu sempat heboh dan menjadi trend yang gembar di Indonesia. Sayangnya Gurami Blue Safir hanya memiliki panjang maksimal sekitar 35cm dengan bobot 2kg saja. Walau begitu setidaknya Gurami ini sedikit lebih baik dari Gurami Kapas yang telah dijelaskan diatas.

Dalam segi produktifitas telur dan pembibitan, Gurami Blue Safir memiliki keunggulan dari Gurami Padang, Gurami Batu, Gurami Kapas. Per ekornya saja Gurami Blue Safir mampu menghasilkan sampai 4000 hingga 5000 ekor, hal ini cukup membuktikan kelayakan Budidaya dari Ikan Gurami Blue Safir sendiri.

Dan ya, Gurami Blue Safir memang memiliki corak warna biru seperti batu safir, hal ini dapat anda lihat pada tubuh bagian atas Gurami ini. Ciri lain yang dapat dikenali dari ikan Gurami Blue Safir lainya adalah corak garis berwana merah agak kekuningan yang menghiasi sekujur sirip serta ekor ikan ini. Anda pun juga dapat mengenalinya lewat corak belang seperti macan yang berwarna gelap dan perak dan terlihat samar-samar pada tubuhnya.

Ciri-Ciri Ikan Gurame Blue Safir

  • Terdapat warna merah kekuningan yang menghiasi setiap sudut sirip beserta ekor ikan
  • Memiliki belang dari perpaduan warna perak dan emas
  • Berbentuk pipih namun memiliki daging yang tebal
  • Jika dilihat dari samping maka terlihat bentuk elips(oval) yang sempurna

Harga Ikan Gurame Blue Safir Siap Beli

Ukuran Ikan Gurami Blue SafirHarga per ekor
1kgRp. 55.000
1kg (Kualitas Super)Rp.60.000

Harga Bibit Gurame Blue Safir

Ukuran Ikan Gurami Blue SafirHarga per ekor
2-4cmRp.1.500
4-6cmRp.3.000
6-8cmRp.5.000
8-10cmRp.7.000

Share Your Thoughts

Your email address will not be published. All fields are required.