Cara Menyembunyikan File Foto dan Video Di Android Tanpa Aplikasi

0
1239

Dianisa.com – Cara Ampuh Meng-Hidden Folder, Foto, dan Video di Android Tanpa Aplikasi. Pada dasarnya menyembunyikan file foto dan video dilakukan oleh beberapa pengguna Android yang ingin privasinya tetap terjaga dan tidak mau ada orang lain yang melihatnya. Selain foto dan video, dokumen penting juga bisa menjadi alasan dari beberapa pengguna Android supaya dokumen tersebut tidak bocor dan dilihat banyak orang, terutama dokumen perusahaan.

Baca Juga :

Salah satu cara terbaik dalam menyembunyikan foto dan video adalah dengan menggunakan Aplikasi dari Pihak ketiga. Kita tahu bahwa Google Play Store menyediakan beragam aplikasi Hidden file yang semuanya bisa digunakan secara gratis, bahkan bisa dibilang sangat aman, terlebih dilindungi lagi dengan fitur Lock Screen dengan PIN atau Code tertentu. Hal ini tentunya akan membuat file yang kita miliki jauh lebih terjaga dan lebih aman.

Namun tahukan anda bahwa Smartphone atau Tablet Android sebenarnya bisa menyembunyikan file tertentu tanpa bantuan dari aplikasi lain seperti misalnya file Musik, Foto, Video, Dokumen, Aplikasi, Folder, dan lainnya. Hal ini bisa dilakukan pada beberapa versi Android dari Kitkat ke atas. Semua jenis smartphone Android yang beredar dipasaran bisa melakukannya seperti Samsung Galaxy, Oppo, Lenovo, Asus Zenfone, Xiomi, Acer, Advan, Smartfreen Andromax, HTC, LG, Motorola, Sony Experia, ZTE, dan lainnya.

Cara Menyembunyikan File Penting di HP Android

Cara Menyembunyikan File Foto Dan Video Di Hp Android sebenarnya sangat mudah untuk anda lakukan. Nantinya anda akan sedikit merubah enkripsi Folder yang ada pada File Manager (Explorer) Bawaan Android. Artinya semua file, baik foto ataupun video pasti tersimpan pada file manager, entah itu Memori Internal ataupun Eksternal. Untuk lebih jelasnya, silahkan anda ikuti langkah – langkahnya berikut ini.

Metode 1 : Menyembunyikan Foto dan Video di Android

Setiap Foto ataupun Video biasanya akan tampil pada Aplikasi Galeri Bawaan Android. Nah, bagi anda yang ingin menyembunyikan foto dan video tersebut supaya tidak bisa tampil di Galeri caranya sangat mudah sekali. Seperti yang saya katakana diatas, anda diharuskan untuk merubah nama folder pada foto dan video yang anda simpan. Mau tau caranya seperti apa, simak langkah – langkahnya dibawah ini.

Cara Menyembunyikan Folder di Android

  1. Langkah Pertama, anda harus masuk pada File Manager Bawaan Smartphone atau Tablet Android anda.
  2. Kemudian, carilah folder tempat anda menyimpan file gambar atau video tersebut. Jika misalnya folder tersebut bernama “Picture” maka carilah Folder Picture. Tempat penyimpanan tergantung dari anda menyimpan foto tersebut, bisa di Internal Card ataupun Eksternal Card.
  3. Selanjutnya rubah nama Folder tersebut dari “Picture” menjadi “.Picture” (Tanpa Tanda Kutip). Intinya anda hanya cukup menambahkan Titik (.) pada bagian depan folder tersebut. Dengan melakukan hal tersebut maka secara otomatis folder akan tersembunyi, termasuk file yang ada didalamnya.
  4. Selanjutnya, cobalah untuk membuka Aplikasi Galeri Android anda, maka secara otomatis foto dan video yang anda rename tersebut akan tersembunyi. Jika masih tidak tersembunyi, maka cobalah untuk reboot Smartphone Android anda.
  5. Selesai.

Metode 2 : Menyembunyikan Folder di HP Android

Sama seperti langkah sebelumnya, anda diharuskan untuk merubah nama folder dari folder yang ingin anda sembunyikan tersebut. Langkah – langkahnya cukup mudah untuk anda lakukan, ikuti panduan singkatnya dibawah ini.

Hidden File Foto dan Video di Android

  1. Langkah pertama, anda masuk pada File Manager (Explorer) di HP Android anda.
  2. Kemudian carilah foler yang ingin anda sembunyikan, jika misalnya foler yang ingin anda sembunyikan tersebut bernama “ngawidian” maka carilah Folder “ngawidian”, bisa di Internal Card ataupun Eksternal card.
  3. Selanjutnya, ubah nama folder tersebut dari “ngawidian” menjadi “.ngawidian” (Tanpa Tanda Kutip). Intinya anda hanya menambahkan karakter titik (.) pada bagian depan nama folder tersebut.
  4. Secara otomatis folder tersebut akan tersembunyi pada File Manager Android anda. Untuk menampilkannya kembali, anda bisa tap opsional kanan, kemudian pilh “Tunjukkan File Yang Tersembunyi”.
  5. Selesai.

Itulah beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk menyembunyikan file penting di Android tanpa Aplikasi dan Tanpa Root. Untuk menampilkan File Foto dan Video tersembunyi anda bisa gunakan aplikasi galeri bernama CM QuickPic. Lebih jelasnya, silahkan anda baca artikel yang saya ulas berikut ini (Baca : Cara Menampilkan File Foto dan Video Tersembunyi di HP Android)

Baca Juga :

Demikian ulasan singkat mengenai Cara Meng-Hidden File Foto, Musik, Video Di Android, semoga bisa membantu dan bermanfaat. Jika ada sesuatu yang ingin ditanyakan mengenai tips diatas, silahkan anda tulis melalui kolom komentar dibawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!!!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here