Cara Menghilangkan Virus Shortcut di Komputer

Dianisa.com – Tips Cara Menghapus Virus Shortcut di Laptop dan Flashdisk. Virus sudah menjadi ancaman terbesar untuk para pengguna perangkat ber-sistem seperti #Komputer dan smartphone. Salah satu ancaman terbesar pada komputer saat terinveksi virus ditakutkan akan menghilangkan atau merusak data penting yang kita miliki.

Baca Juga :

Virus Shortcut adalah salah satu virus yang suka menggangu dan merusak data yang ada pada media penyimpanan seperti Flashdisk atau memori Card. Virus yang satu ini begitu mudah menyebar pada komputer. Hanya dengan sekali colokan saja, semua data berubah menjadi Shortcut dan sulit untuk dibuka. Bagi orang awam pasti merasa kebingungan dalam mengurus Virus Shortcut yang ada di flashdisk.

Data atau file yang anda simpan di Flashdisk tentunya sangat penting untuk kehidupan anda, terutama untuk pekerjaan dikantor. Pada umumnya file yang terinveksi Virus Shortcut karena keseringan digunakan pada komputer satu ke komputer lain, atau dari laptop teman ke teman lainnya yang alhasil ada Virus yang masuk ke flashdisk anda sendiri.

Cara Menghapus Virus Shortcut di Flashdisk dan Laptop

Menghapus Virus Shortcut memang bisa dibilang gampang – gampang susah. Sistem Operasi berbasis Linux biasanya mudah dalam membaca semua file Flashdisk, dan bahkan jika mau anda bisa menghapus virus shortcut mengunakan LINUX dengan sangat mudah dan cepat. Semua file tersebunyi akan tampil pada sistem LINUX dan anda bisa pilih Virus untuk dihapus. Namun jika anda tidak menggunakan Sistem Operasi LINUX, anda bisa coba menghapusnya lewat Komputer atau Laptop bersistem Windows. Mau Tau Cara Menghapus Virus Shortcut Seperti Apa? Simak langkah – langkahnya dibawah ini.

Cara Hapus Virus Shortcut

  1. Langkah pertama, anda colokkan Flashdisk anda ke Port Komputer atau Laptop yang anda miliki.
  2. Selanjutnya klik “Organize” lalu klik “Folder And Search Options”. Aktifkan “Show Hidden Files, Folders, And Drives” lalu unchecklist pada “Hide Protected Operating System Files (Recommended)”. Jika muncul pesan notifikasi, langsung saja Klik “Yes”.
  3. Nah, selanjutnya semua data tersembunyi atau hidden yang ada di Flashdisk akan tampil. Hal ini hanya bersifat sem-hidden. Jadi mungkin tidak semua data bisa tampil dan belum bisa normal kembali.
  4. Masuk pada Command Prompt Windows. Klik Start » Run » Ketik CMD, lalu tekan Enter. Untuk masuk ke Flahdisk anda lihat dulu lokasi Flashdisk anda, Jika berada pada G maka anda tinggal ketik “G:” , (Tanpa Tanda Kutip) lalu tekan enter.
  5. Selanjutnya, ketikan attrib -s -r -h /s /d di CMD, kemudian tekan enter. Dengan perintah tersebut, anda bisa melihat data – data folder yang tersembunyi atau terinveksi Virus. Jika anda melihat data atau file yang sedikit aneh, anda bisa langsung hapus.
  6. Intinya dengan cara diatas, semua data tersembunyi dan virus shortcut bisa anda tampilkan dan hapus sesuai keinginan anda, namun hal tersebut hanya bersifat sementara. Jika anda mencolokkan flashdisk ke komputer, kemungkinan besar Virus Shortcut akan muncul kembali.
  7. Selesai.

Cara Menghapus Virus Shortcut Dengan Antivirus

Cara diatas memang tidak membutuhkan software tambahan atau antivirus, namun untuk hasil yang lebih baik tentunya Laptop yang anda miliki harus anda protect dengan software antivirus terbaik semacam AVG atau Avira. Antivirus semacam itu tentunya bisa melindungi bahaya dari virus, crack, hacking, ataupun malware yang dapat merusak file dan sistem Laptop anda.

AVG adalah salah satu antivirus terbaik yang bisa saya rekomendasikan untuk anda. Dengan AVG, Laptop atau Komputer anda akan terlindungi dengan sangat baik.Terlebih jika anda mau update ke Tingkat Pro, tentunya perlindungan akan jauh lebih baik dan lebih spesial. Sebagai contohnya, anda bisa hapus virus di Flashdisk dengan mengikuti langkah – langkahnya dibawah ini.

Cara Menghapus Virus di Laptop

  1. Pertama, buka Antivirus AVG yang sudah anda install pada Komputer atau Laptop Pribadi anda.
  2. Untuk melakukan scanning pada Flashdisk, anda bisa klik “Opsi” pada menu pilihan dari AVG tersebut. Kemudian klik “Pindai Folder Yang Dipilih”, selanjutnya centang lokasi Flashdisk anda dan mulailah untuk memindai Virus yang ada di Flashdisk anda.
  3. Jika Virus terlihat, maka anda bisa langsung menghapusnya dengan Antivirus tersebut.
  4. Selesai.

Dengan adanya Tutorial Cara Menghilangkan Virus Shortcut diatas, semoga bisa menjadi pengetahuan bagi anda yang ingin membersihkan laptop dan komputer dari ancaman virus – virus jahat diluar sana.

Baca Juga :

Itulah ulasan singkat mengenai Cara Menghapus Virus Shortcut Di Laptop Dan Flashdisk, semoga bisa membantu dan bermanfaat. Jika ada sesuatu yang ingin ditanyakan atau sampaikan, tulis melalui kolom komentar dibawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!!!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here