Menghemat Baterai Lenovo Agar Awet dan Tahan Lama

Dianisa.com – Cara Menghemat Baterai Lenovo Agar Tidak Cepat Habis dan Lebih Awet. Aktifitas Multitasking di keseharian kita di atas layar smartphone Lenovo menjadi hal lumrah yang dilakukan oleh para pengguna #Smartphone Lenovo. Lebihnya lagi, jika smartphone yang kita miliki memiliki spesifikasi yang cukup unggul dengan kapasitas RAM 4 GB dan juga telah terinstall banyak aplikasi menarik seperti game dan sosial media, yang pastinya membuat multitasking terasa lebih mantap dan maksimal. Adapun untuk daya baterai yang cepat habis, hal ini bisa dipengaruhi oleh banyak factor, bisa karena multitasking yang berlebihan, daya baterai yang kurang dari 3000 mAh, dan juga dari tingkat kecerahan layar yang terlalu tinggi.

Baca Juga :

Cara Menghemat Penggunaan Daya Baterai Lenovo

Nah, pada kesempatan kali ini saya akan berbagi tips ke anda semua mengenai Cara Menghemat Baterai Lenovo Agar Awet Tanpa Aplikasi Tambahan. Untuk menghemat daya baterai pada Lenovo sebenarnya sangat mudah, kita bisa mengakalinya dengan mematikan atau menonaktifkan beberapa fitur yang ada di dalamnya. Selain itu, anda sebagai pengguna Lenovo juga harus berfikir untuk menggunakan Smartphone secara lebih normal. Langsung saja, simak Tips Menghemat Baterai Lenovo Yang Boros Agar Lebih Awet/ Irit berikut ini.

1. Kurangi Brightness Layar

Tingkat kecerahan layar yang tinggi atau maksimal membutuhkan konsumsi daya baterai yang cukup besar. Tanpa anda sadari baterai Lenovo anda cepat habis, padahal anda tidak melakukan aktifitas multitasking yang berlebihan. Layar smartphone ibarat seperti lampu, semakin terang lampu maka konsumsi daya yang dibutuhkan juga akan semakin besar. Solusinya adalah, anda harus mengurangi tingkat kecerahan layar di waktu anda berada di tempat – tempat yang kedap cahaya atau tidak terkena paparan sinar matahari secara langsung seperti di ruangan, kelas, rumah, dan lainnya. Da untuk mengurangi tingkat kecerahan layar di HP Lenovo, silahkan anda simak langkah – langkahnya berikut ini.

Kurangi Tingkat Kecerahan Layar

  • Buka Menu Pengaturan » Tampilan » Tingkat Kecerahan. Selanjutnya, anda bisa atur tingkat kecerahan pada level paling rendah atau Dark.

NOTE : Metode di atas saya lakukan pada Smartphone dengan sistem operasi Android Lollipop v5.1. Jika anda menggunakan Smartphone beda sistem, anda bisa menyesuaikan sendiri metodenya.

Baca Juga :

2. Mematikan Fitur Lokasi/ GPS

Fitur Lokasi atau GPS memang menjadi fitur yang sangat penting apabila kita ingin berpergian jarak jauh. Bisa antar kota atau antar provinsi. Hal ini tentu sangat membantu para pengguna Smartphone Lenovo. Namun apabila kita tidak sedang dalam perjalanan maka sebaiknya kita tidak perlu mengaktifkan fitur tersebut. Selain boros baterai, fitur Lokasi juga akan membuang – buang kuota/ paket data anda secara cuma – Cuma. Maka dari itu, silahkan anda non-aktifitkan fitur Lokasi tersebut. Untuk lebih jelasnya, silahkan anda simak langkah – langkahnya dibawah ini.

Matikan Fitur Lokasi (GPS)

  • Buka Menu Pengaturan » Lokasi. Selanjutnya, anda geser dari Mode “ON” menjadi “OFF” untuk menonaktifkan.

NOTE : Metode di atas saya lakukan pada Smartphone dengan sistem operasi Android Lollipop v5.1. Jika anda menggunakan Smartphone beda sistem, anda bisa menyesuaikan sendiri metodenya.

Baca Juga :

3. Mematikan WiFi dan Data Internet

Untuk yang ketiga, anda bisa mencoba untuk mematikan konektifitas WiFi dan juga Data Internet jika memang tidak dibutuhkan. Ada sebagian pengguna Lenovo yang memang lebih aktif atau terus menerus mengaktifkan Data Internet. Alasannya adalah karena tidak ingin ketinggalan dari semua notifikasi yang masuk, khsususnya dari Sosial Media, bisa dari WhatsApp, #Facebook, Twitter, #Instagram, dan lainnya. Alangkah bijaknya jika anda menggunakan Sosial Media dengan batasan waktu, tanpa harus mengaktifkan data terus – menerus. Untuk menghemat baterai, matikan data Internet di HP Lenovo anda.

Baca Juga :

4. Mematikan Fitur Rotasi Layar

Secara bawaan, fitur Rotasi pada Layar Lenovo memang telah aktif. Fitur ini di sematkan agar mempermudah para pengguna smartphone Android dalam menonton video atau membaca tulisan. Hal ini mungkin terlihat sepele, tapi jika anda menggenggam smartphone dalam keadaan miring, maka fitur rotasi tersebut akan berfungsi dan pastinya layar smartphone anda akan berubah dalam keadaan horizontal atau datar. Jika terus – menerus seperti itu maka pastinya daya baterai akan cepat terkuras. Gunakan fitur Rotasi pada waktu tertentu saja, seperti bermain game atau menonton video di Youtube.

5. Mematikan Fitur Sinkronisasi

Fitur Sinkronisasi ada untuk menghubungkan aplikasi tertentu dengan ponsel anda secara langsung agar anda bisa mendapatkan pembaruan secara lebih maksimal dan lebih cepat. Biasanya, fitur sinkronisasi terhung dengan aplikasi messenger seperti #BBM, WhatsApp, Facebook, Messenger, #Google, dan lainnya. Sinkronisasi data memang terbilang sangat penting dalam beberapa hal saja. Namun jika sinkronisasi tidak begitu dibutuhkan maka sebaiknya tidak perlu mengaktifitkan fitur tersebut. Selain boros baterai, fitur tersebut juga menguras data internet karena terus terhubung ke Internet.

6. Mempersingkat Waktu Tidur

Setiap perangkat Android pastinya disematkan dengan yang namanya fitur Stand-By layar atau waktu Tidur. Maksud dari waktu tidur ini adalah layar smartphone akan mati (tidak aktif) jika tidak kita gunakan dalam rentan waktu yang kita tentukan. Untuk menghemat daya baterai maka sebaiknya kita mempersingkat waktu stand-by atau waktu tidur. Jika misalnya, anda membuat stand-by layar selama 5 menit, maka anda bisa menggantinya dengan 1 menit. Atau jika anda ingin yang lebih singkat, anda bisa mengubahnya menjadi 10 detik atau 15 detik saja.

Mempersingkat Waktu Stand-By

  • Buka Menu Pengaturan » Tampilan » Tidur. Selanjutnya, anda bisa atur waktu tidur atau stand-by dalam rentan waktu yang sangat singkat, bisa 10 detik, 15 detik, atau 30 detik.

NOTE : Metode di atas saya lakukan pada Smartphone dengan sistem operasi Android Lollipop v5.1. Jika anda menggunakan Smartphone beda sistem, anda bisa menyesuaikan sendiri metodenya.

7. Mematikan Mode Getar atau Vibrations

Mode Getar atau Vibrations sebenarnya merupakan fitur yang membuat baterai cepat habis bukan malah membuat baterai irit. Lebih irit dering ketimbang mode getar. Atau jika anda ingin yang paling irit, anda bisa mengaktifkan mode sunyi sebagai alternatif terbaik. Mode sunyi ini tentu tidak ada dering atau tidak ada getar sema sekali. Artinya, konsumsi yang dibutuhkan tidaklah banyak, notifikasi yang akan ditampilkan hanya akan berupa icon di bar notifikasi tanpa dering atau getar.

Baca Juga :

8. Mengurangi Widget di Home Screen

Widget di Home screen memang membuat tampilan layar lebih menarik. Lebihnya lagi, jika Widget – Widget yang di pasang adalah widget yang unik dan lucu. Tapi sebenarnya, kita tidak perlu menambahkan widget pada layar karena hal tersebut dapat membuang daya baterai secara Cuma – Cuma. Tidak hanya Widget, Model Live Wallpaper atau Animasi juga membuat baterai cepat habis. Solusinya adalah, buat layar smartphone Lenovo anda terlihat simple, hemat baterai, namun tetap keren.

Baca Juga :

9. Non-Aktifkan Aplikasi Tertentu

Untuk yang ke Sembilan, anda bisa mencoba untuk menonaktifkan atau mematikan aplikasi yang tidak sedang anda gunakan. Lebihnya lagi, aplikasi tersebut yang selalu berjalan dibackground, menguras RAM, menghabiskan kuota, dan boros baterai. Biasanya perangkat Lenovo telah dilengkapi dengan fitur untuk menonaktifkan aplikasi, khususnya aplikasi messenger seperti WhatsApp, WeChat, #LINE, Facebook Messenger, BBM, Instagram, dan lainnya. Dan untuk menonaktifkan aplikasi, anda bisa simak ulasan artikelnya berikut ini.

Baca Juga :

10. Aktifkan Fitur Hemat Daya

Perangkat Lenovo bersistem Android Lollipop v5.1 ke atas telah dilengkapi dengan fitur Hemat Baterai. Tidak hanya Lenovo saja, perangkat Android lain juga sama seperti pada OPPO, ASUS Zenfone, HTC, LG, Huawei, Xiaomi, SAMSUNG, Sony, dan lainnya. Nah, karena sudah ada maka anda bisa mencoba mengaktifkan fitur tersebut agar baterai bisa lebih hemat hingga 40 – 50%. Dan untuk mengaktifkan fitur hemat daya baterai pada Lenovo, anda bisa simak metodenya berikut ini.

Aktifkan Fitur Hemat Daya

  • Buka Menu Pengaturan » Baterai. Selanjutnya, anda bisa mengaktifkan fitur “Manajemen Hemat Daya” untuk menghemat penggunaan daya pada perangkat Lenovo yang anda miliki.

NOTE : Metode di atas saya lakukan pada Smartphone dengan sistem operasi Android Lollipop v5.1. Jika anda menggunakan Smartphone beda sistem, anda bisa menyesuaikan sendiri metodenya.

Baca Juga :

Metode diatas dapat anda coba pada semua perangkat Lenovo seperti Lenovo ZUK Edge, Lenovo B, Lenovo A Plus, Lenovo K6 Note, Lenovo K6 Power, Lenovo K6, Lenovo Vibe K5, Lenovo K5 Plus Lenovo Yoga Tab 3 Plus, Lenovo Vibe A, Lenovo C2 Power, Lenovo C2, Lenovo Phab2 Plus, Lenovo Phab2, Lenovo Phab2 Pro, Lenovo ZUK Z2, Lenovo Vibe C, Lenovo ZUK Z2 Pro, Lenovo Tab3 10, Lenovo Tab3 8, Lenovo Tab3 7, dan lainnya. Apabila jika ada sedikit perbedaan, maka anda tinggal menyesuaikannya saja.

Baca Juga :

Demikian ulasan singkat mengenai Cara Menghemat Konsumsi Daya Baterai Pada Smartphone Lenovo Agar Awet dan Tahan Lama, semoga bisa membantu dan bermanfaat. Jika ada sesuatu yang ingin anda tanyakan atau sampaikan mengenai smartphone Lenovo, silahkan tulis melalui kolom komentar yang ada dibawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!!!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here