Cara Mengembalikan Font Bawaan HP Android

0
1193

Dianisa.com – Cara Mengembalikan Font Bawaan Android Ke Pengaturan Default. Bagi anda yang suka dengan gaya (Stylish) kebanyakan pasti mengubah gaya huruf pada smartphone dan tablet android yang anda miliki. Dengan bantuan Root, pengguna Android dapat mengubah bentuk dan gaya font android mulai dari ukuran, warna, tampilan, dan lainnya.

Baca Juga :

Namun tahukah anda bahwa Font bawaan android atau Font Default jauh lebih penting dan lebih utama dibanding font – font lainnya. Font bawaan lebih mudah bagi pengguna android dalam memahami isi, fungsi, fitur, dan kegunaan dari pengaturan Android itu sendiri.

Apa Nama Font Default Android? Font default android bernama Roboto. Jenis font yang satu ini menjadi ciri khas dari semua perangkat android mulai dari Samsung Galaxy, Oppo, Lenovo, Asus Zenfone, Xiomi, Smarfreen Andromax, HTC, LG, Motorola, Vivo, Sony Experia, Evercross, Advan, dan lainnya.

Bagi anda yang sudah mengotak – atik android dan sudah mengubah gaya dan jenis font tentunya merasa bingung dalam mengembalikan font android ke gaya default atau bawaan. Biasanya para pengguna Android yang mengubah jenis font menggunakan aplikasi Font Changer, dan pastinya anda juga menggunakan aplikasi ini untuk mengubah gaya font android anda.

Cara Mengembalikan Font Bawaan Android

Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi tutorial mengenai Cara Mengembalikan Font Bawaan Android Dengan Mudah Dan Cepat. Tutorial yang saya berikan bisa anda lakukan pada semua perangkat android, baik yang sudah di root dan yang belum di root atau yang dipasang Custom ROM. Untuk lebih jelasnya silahkan simak tutorial – tutorialnya dibawah ini.

Metode 1 : Hapus Aplikasi Font Changer

Metode pertama yang bisa anda lakukan yakni dengan menghapus aplikasi Font Changer yang telah terpasang di Android anda. Dengan menghapus aplikasi Font Changer biasanya pengaturan font juga akan kembali ke pengaturan awal/ font bawaan. Hapus aplikasi font changer, kemudian bersihkan cache, matikan smartphone, cabut baterai, SIM Card, dan SD Card. Kemudian barulah anda hidupkan kembali Android anda.

  • Buka menu Pengaturan » Aplikasi » tap Semua » cari aplikasi Font Changer, kemudian tap “Copot Pemasangan”.

Baca Juga :

Metode 2 : Lakukan Factory Reset

Apabila cara pertama tidak membuahkan hasil sama sekali maka anda bisa mencoba dengan cara kedua yakni dengan factory reset Android. Cara ini akan mengembalikan Font ke posisi default dan kebanyakan pasti berhasil dengan cara ini. Mau tau langkah – langkah factory reset seperti apa, simak langkah – langkahnya dibawah ini.

  • Buka Menu Pengaturan » Buat Cadangan & Setel Ulang » Kembalikan Ke Pengaturan Pabrik » Pilih “Reset Ulang Telepon”.

 

  • Tekan tombol Power + Volume Atas + Home (Tergantung merek Smartphone yang anda gunakan).
  • Kemudian Pilih Wipe Data » Yes.
  • Kemudian Wipe Cache » Yes.
  • Terakhir pilih “Reboot System Now”.

Baca : Cara Mengembalikan Android Ke Setelan Pabrik/ Factory Reset

Metode 3 : Install Font Roboto Melalui Mode Recovery CWM/TWRP

Selain melakukan factory reset, anda juga bisa menginstall font yang memang digunakan pada OS Android bernama Font Roboto. Sebelum menginstall font, pastinya anda harus mengunduh font Roboto terlebih dahulu. Untuk mengunduh silahkan klik link berikut ini : Download Font Roboto.

  1. Matikan Smartphone Android anda, kemudian tekan tombol kombinasi untuk masuk ke mode recovery CWM (ClockworkMod Recovery).
  2. Setelah berada dalam Mode CWM, pilih Wipe cache dan Wipe dalvik cache (optional).
  3. Kemudian pilih Opsional “Install Zip from SD Card”, lalu cari dan pilih file font roboto.
  4. Nama file biasanya berekstensi roboto.zip kemudian tekan Yes.
  5. Setelah berhasil terpasang, pilih menu “Reboot System Now”.
  6. Selesai.

Ada 3 pilihan metode yang bisa anda lakukan, untuk hasil yang lebih baik cobalah dengan metode pertama, jika tidak berhasil maka cobalah dengan metode ketiga pasti nantinya bisa berhasil. Untuk factory reset sebaiknya anda pikir – pikir terlebih dahulu karena semua data dan aplikasi akan hilang.

Baca Juga :

Demikian ulasan singkat mengenai Cara Mengembalikan Font Bawaan Di HP Android, semoga bisa membantu dan bermanfaat. Jika ada pertanyaan yang ingin disampaikan, tulis melalui kolom komentar dibawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!!!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here