Wifi Android Tidak Bisa Hidup

Dianisa.com – Cara Mengatasi WiFi Android Tidak Bisa Nyala dan Terkoneksi. WiFi merupakan salah satu fitur konektifikas android yang sering menjadi andalan saat ingin mencari koneksi gratisan di beberapa tempat dengan jangkuan Hotspot. Dengan Wifi, pengguna bisa terhubung ke Internet tanpa biaya data tambahan, hanya penyedia hotspot tersebut yang membayar koneksi yang ada. Tapi jika Android kita sedang terjadi masalah pada fitur Wifi seperti tidak menyala atau Tidak Bisa Terkoneksi, tentu ini menjadi kesedihan mendalam karena tidak bisa menikmati Internet gratis.

Baca Juga :

Mengatasi WiFi Android Tidak Bisa Menyala

Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi metode ke anda semua mengenai Cara Mengatasi Wifi Android Tidak Menyala Dan Tidak Terhubung. Kenapa HP Android Saya Tidak Bisa Konek Wifi? Masalah semacam ini memang terkadang sering terjadi pada para pengguna Smartphone Android. Ada beberapa faktor yang membuat Wifi tidak bisa konek, bisa karena jangkauan yang terlalu jauh, faktor sinyal yang lemah, tumpukan cache yang terlalu banyak, adanya fitur yang menyerang sistem, dan lainnya. Dan untuk mengatasi masalah tersebut, ada beberapa metode yang bisa anda lakukan mengenai Cara Mengatasi Wifi Android Tidak Menyala Atau Hidup. Dan berikut ulasannya.

1. Pastikan Wifi Telah Menyala

Hal pertama yang perlu anda lakukan adalah memastikan bahwa anda telah menyalakan fitur Wifi. Mungkin saja anda lupa menyalakannya, maka dari itu sampai 1000 tahun Android anda tidak bisa terhubung jika tidak menyalakannya. Untuk cek Wifi menyala atau belum, silahkan anda simak langkah – langkahnya dibawah ini.

Aktifkan Wifi Android

  • Buka menu Pengaturan » Wifi » Kemudian tap “Aktifkan Wi-Fi”.

NOTE : Metode di atas saya lakukan pada Smartphone dengan sistem operasi Android Lollipop v5.1.1. Jika anda menggunakan Smartphone beda sistem, anda bisa menyesuaikan sendiri metodenya.

Baca Juga :

2. Restart Smartphone Android

Selanjutnya metode kedua yang bisa anda coba adalah mematikan dan menghidupkan kembali smartphone atau tablet Android anda. Terkadang dengan cara ini, Wifi android anda bisa normal dan bisa dihidupkan kembali. Jika perlu, anda juga bisa membersihkan semua file sampah yang ada di smartphone Android anda. Gunakan Aplikasi Cleaner terbaik untuk membersihkan tumpukan cache secara menyeluruh.

3. Lakukan ON/OFF Pada Wifi

Untuk yang ketiga, anda bisa mencoba untuk menyalakan dan mematikan berulang kali pada Wifi Android anda. Coba lakukan cara ini sampai Wifi di Android anda bisa berhasil terkoneksi dengan baik. Kualitas sinyal yang buruk membuat teathering Wifi terasa lebih sulit. Pastikan anda dekat dengan alat pemancar WiFi supaya kualitas sinyal yang anda dapatkan juga lebih baik.

4. Factory Reset

Apabila metode ketiga tetap tidak bisa mengatasi Wifi Android anda yang bermasalah, maka anda bisa mencoba factory Reset. Cara ini sebenarnya sangat beresiko, karena semua data di HP Android anda akan hilang secara total. Dan yang pasti semua pengaturan akan kembali pada posisi default. Sebelum anda melakukan Factory Reset, pastikan anda telah melakukan backup pada semua data penting Anda.

Reset HP Android

 

  • Buka menu Pengaturan » Setelan Tambahan » Buat Cadangan dan Reset » Kemudian tap “Hapus Data Aplikasi dan Aplikasi Yang Dapat di Bongkar”.

NOTE : Metode di atas saya lakukan pada Smartphone dengan sistem operasi Android Lollipop v5.1.1. Jika anda menggunakan Smartphone beda sistem, anda bisa menyesuaikan sendiri metodenya.

Baca Juga :

5. Flash Ulang Sistem

Apabila dengan Factory Reset Wifi anda tidak bisa menyala, maka anda bisa melakukan flash ulang sistem. Cara ini sebenarnya terbilang cukup ribet, anda harus mengunduh Firmware sesuai dengan merek dan tipe HP Android anda. Dan untuk mendapatkan Firmware terbilang susah – susah gampang. Anda bisa langsung mengetikkan “Dowload Firmware Sesuai dengan Merek HP Android anda” di mesin pencari Google.

6. Bawa Ke Service Center

Solusi ke enam yang bisa anda lakukan adalah membawa smartphone ke service center. Hal ini anda lakukan jika anda merasa bingung dalam mengatasi masalah yang ada. Service center akan membantu anda dalam menangani masalah pada smartphone android anda, baik itu pada aplikasi, fitur, ataupun sistem Android. Biasanya kota – kota besar telah tersedia Service Center resmi sesuai dengan merek HP Android anda.

Dengan adanya tips – tips diatas, semoga smartphone android anda bisa normal kembali dan bisa digunakan untuk konek Wifi seperti sebelumnya. Metode yang saya berikan berlaku pada semua perangkat Android seperti Samsung, OPPO, Lenovo, Asus Zenfone, Xiaomi, HTC, LG, Motorola, Sony, Advan, Acer, Axioo, Panasonic, Polytron, dan lainnya.

Baca Juga :

Demikian ulasan singkat mengenai Cara Mengatasi Wifi Android Tidak Bisa Menyala Dan Terhubung, semoga bisa membantu dan bermanfaat. Jika ada yang ingin anda tanyakan terkait fitur Wifi Android, silahkan tulis melalui kolom komentar atau chat langsung melalui akun fanspage Dianisa. Terima kasih dan selamat mencoba!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here