3 Cara Mengatasi Touchscreen HP Android Error dan Macet

2
1409

Dianisa.comTips Jitu Cara Memperbaiki/ Mengatasi Touchscreen Smartphone dan Tablet Android Macet dan Error. Ponsel canggih dengan mode layar sentuh atau touchscreen adalah satu ponsel yang paling banyak diminati di seluruh dunia, terutama indonesia. Dengan kecerdasan dan kehebatan otak manusia yang selalu berinovasi dan mengembangkan smartphone tentunya tidak akan jauh dari kekurangan.

Baca Juga :

Smartphone yang canggih dan pintar tentu saja dapat membantu kegiatan sehari-hari anda, namun sebuah smartphone tentunya pasti akan terjadi kerusakan baik secara hardware ataupun software. Misalnya saja pada bagian Layar Sentuh yang sering macet dan error, hal ini biasanya disebabkan oleh sensifitas Layar yang tidak begitu merespon.

Penggunaan yang berlebihan tentu saja dapat merusak sensitifitas, hal ini biasanya dilakukan saat sedang bermain game, dengan semangatnya anda menekan bagian layar yang terlalu berlebihan sehingga membuat sensifitas layar menjadi kurang baik. Penyebab lain mungkin adanya file-file sampah atau cache yang tidak pernah dihapus sehingga menyebabkan ponsel android terasa berat, terutama pada bagian Touchscreen android yang lambat dan error. Tapi tenang saja, kali ini saya akan memberikan beberapa cara yang dapat anda gunakan untuk memperbaiki Touchsreen android yang macet atau error. Berikut Tipsnya.

Dengan Cara Menggunakan Kalibrasi Android

Fitur kalibrasi biasanya tersedia langsung pada smartphone dan tablet android yang beredar. Kalibrasi ini difungsikan sebagai percobaan pada Touchcreen android apakah berfungsi normal atau tidak. Dari berbagai sumber mengatakan bahwa dengan menggunakan Kalibrasi maka sensitifitas pada layar akan kembali membaik. Jadi, tidak ada salahnya untuk mencoba. Berikut langkah-langkanya.

  1. Pertama, masuk pada menu Setting > Display > Calibration.
  2. Kemudian gunakan kode *#*#2664#*# untuk melihat sensitifitas pada Layar Android.
  3. Terakhir, restart ponsel android anda.
  4. Selesai.

Dengan Cara Membersihkan RAM Android

Cara yang satu ini menurut saya lebih ampun dari pada yang lainnya. Hal ini saya praktekan sendiri pada ponsel android milik teman saya dengan merek Oppo. And bisa menggunakan Cleaner atau TuneUp yang dikhusukan untuk ponsel android.

Baca Juga :

Dengan Cara Restart Ponsel Android

Apabila touchscreen benar-benar tidak berfungsi dengan baik, sebaiknya lakukan restart pada smartphone android anda, kemudian lepas SIM, Micro SD, dan Baterai. Berikut langkah-langkahnya

  1. Gunakan tombol power untuk merestart ponsel android anda.
  2. Apabila ponsel benar-benar sudah mati, lepas baterai, SIM, Micro SD. Diamkan sebentar, agar ponsel dapat beristirahat.
  3. Kemudian bersihkan Layar Android dengan dengan menggunakan tisu halus yang dibasahi alkohol isopropyl.
  4. Apabila sudah dibersihkan, pasang kembali SIM, Baterai, dan Micro SD tersebut.
  5. Cobalah nyalakan ponsel.
  6. Selesai.

Baca Juga :

Itulah beberapa Tips Yang Dapat Anda Coba Dalam Memperbaiki Touchscreen Android Yang Error Dan Sering Macet. Dari tips tersebut, saya tidak bisa menjamin apakah Toucscreen android anda dapat normal kembali seperti biasanya. Namun, tidak ada salahnya apabila anda mencoba cara tersebut satu persatu. Selamat Mencoba dan Semoga berhasil !

2 KOMENTAR

    • Apabila layar benar – benar macet, lebih baik lakukan restart agar bisa normal kembali. Jika sudah normal, bersihkan file cache pada perangkat Android. Jika dengan cara tersebut masih juga terjadi masalah, cobalah untuk melakukan Hard Reset melalui menu Recovery Mode.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here