6 Cara Mengatasi Tidak Bisa Install Aplikasi di HP Android

2
736

Dianisa.comCara Mengatasi HP Android Tidak Bisa Install Aplikasi Apk dan dari Google Play Store. Kenapa HP Android Saya Tidak Bisa Install Aplikasi? Pertanyaan seperti ini memang terkadang sering hadir pada para pengguna Android yang mengeluh mengenai ponsel mereka yang tidak bisa digunakan untuk install aplikasi tertentu, baik itu Aplikasi Apk ataupun Aplikasi dari Google Play Store. Masalah mengenai Aplikasi Yang Tidak Bisa Di Install tentu menjadi masalah penting yang harus di perhatikan. Hal semacam ini bisa saja terjadi tidak hanya pada satu merek smartphone saja, tetapi pada semua perangkat Android seperti Samsung, OPPO, Lenovo, Asus Zenfone, Xiaomi, HTC, LG, Motorola, Huawei, Sony, dan lainnya.

Baca Juga :

Penyebab mengenai Aplikasi Yang Tidak Bisa Install bisa bermacam – macam. Sayangnya, kami tidak bisa memberikan informasi secara spesifik terhadap masalah yang ada, karena penyebabnya sangat banyak sekali. Dan setiap pengguna smartphone Android memiliki alasan yang berbeda – beda. Yang paling umum biasanya pengguna mendapatkan pesan pop up error bertuliskan “Application Cannot Be Installed In The Default Installation Location”, “Not Enough Space On Device”, “Insufficient Storage Available”, atau “Out Of Space”, dan mungkin masih ada pesan error lain yang belum saya ketahui.

Apabila pesan yang muncul seperti di atas maka yang pasti bermasalah adalah pada sektor RAM dan memori Internal. Jika kedua bagian memori utama tersebut penuh atau sudah tidak menampung file lain lagi, maka Aplikasi apapun juga tidak bisa di tambahkan. Dan pada akhirnya muncul lah pesan error tersebut. Berikut Beberapa Faktor Yang Membuat Aplikasi Tidak Bisa Install Pada Smartphone Dan Tablet Android, :

  1. Hardware dan Sistem Android Tidak Mendukung. Hardware dan OS Android yang tidak mendukung biasanya memang gagal dalam instalasi aplikasi, terutama dari Google Play Store. Biasanya setiap aplikasi di Google Play Store memberikan sedikit Reviews mengenai support OS. Jika Aplikasi Support pada Android Lollipop v5.0, maka pastikan Aplikasi tersebut tidak support pada OS di bawahnya seperti Kitkat dan juga Jelly Bean. Nah, sebaiknya sebelum install aplikasi, pastikan anda melihat keterangan support OS dari Aplikasi tersebut.
  2. Sering Install dan Uninstall Aplikasi. Jika sebelumnya anda sering kali menginstall aplikasi dan menghapus aplikasi, tanpa membersihkan file sampah atau residual file dari Aplikasi tersebut maka akan terjadi error secara berlebihan. Hal semacam ini sering kali di jumpai pada pengguna Android yang sedikit awam mengenai perawatan Sistem.
  3. RAM dan Memori Internal Sudah Penuh. Seperti yang saya katakana sebelumnya, bahwa RAM dan memori Internal yang penuh tidak akan bisa install aplikasi lagi. Hal ini biasanya akan memunculkan pesan error seperti di atas. Cukup sederhana, pengguna harus mengurangi penggunaan Memori Internal supaya bisa install aplikasi lain lagi.

Cara Mengatasi Tidak Bisa Install Aplikasi

Setelah menyimak Beberapa Faktor Yang Membuat Aplikasi Tidak Bisa Di Install. Maka selanjutnya, saya akan memberikan metode mengenai permasalahan tersebut. Ada beberapa metode yang perlu anda lakukan supaya Smartphone Android bisa menerima Aplikasi baru lagi. Metodenya cukup mudah dan bisa di lakukan pada semua perangkat Android. Langsung saja, simak Metode Mengatasi Aplikasi Tidak Bisa Di Install Di HP Android berikut ini.

Metode 1 : Berikan Izin Pada Aplikasi

Apabil anda menginstall aplikasi di luar dari Google Play Store atau dari Sumber yang tidak di kenal semacam File Apk. Maka anda di haruskan untuk memberikan izin pada aplikasi tersebut supaya bisa di Install. Hal semacam ini perlu anda lakukan supaya aplikasi bisa di Install. Memberikan Izin pada aplikasi pada setiap perangkat Android berbeda – beda. Sebagai contohnya saya akan melakukannya pada HP OPPO. Simak langkah – langkahnya dibawah ini.

Memberikan Izin Pada Aplikasi

  • Buka menu Pengaturan » Setelan Tambahan » Keamanan dan Privasi » Kemudian lakukan perizinan pada Aplikasi dengan menggeser tombol “Izinkan Penginstalan Aplikasi dari Sumber Tidak Dikenal”.

NOTE : Metode di atas saya lakukan pada Smartphone dengan sistem operasi Android Lollipop v5.1.1. Jika anda menggunakan Smartphone beda sistem, anda bisa menyesuaikan sendiri metodenya.

Metode 2 : Hapus Aplikasi Yang Tidak Pernah di Pakai

Metode kedua yang bisa anda lakukan yakni menghapus aplikasi yang sekiranya tidak pernah anda gunakan. Hal ini anda lakukan supaya bisa lebih hemat dengan memori Internal anda. Selain itu, hal ini cukup dapat mempercepat kinerja smartphone Android karena berkurangnya satu aplikasi. Untuk menghapus aplikasi di Android, caranya cukup mudah. Untuk melakukannya, silahkan anda simak langkah – langkahnya dibawah ini.

Menghapus Aplikasi Android

  • Buka menu Pengaturan » Setelan Tambahan » Manajemen Aplikasi » Cari “Nama Aplikasi” » Kemudian tap “Hapus Instalasi”.

NOTE : Metode di atas saya lakukan pada Smartphone dengan sistem operasi Android Lollipop v5.1.1. Jika anda menggunakan Smartphone beda sistem, anda bisa menyesuaikan sendiri metodenya.

Baca Juga :

Metode 3 : Hapus File Cache Secara Berkala

Untuk metode ke tiga yang bisa anda coba yakni membersihkan file cache pada semua aplikasi. Hal ini anda lakukan supaya Aplikasi berjalan dengan ringan dan semua masalah error bisa hilang. Nantinya, anda bisa melihat perbedaan, sebelum dan sesudah aplikasi di bersihkan file sampahnya. Jika anda memiliki Aplikasi Cleaner, bisa juga gunakan aplikasi tersebut untuk membersihkan file cache. Dan setelah itu, anda lakukan restart. Untuk membersihkan file cache, silahkan anda simak langkah – langkahnya dibawah ini.

Hapus Cache Aplikasi

  • Buka menu Pengaturan » Setelan Tambahan » Manajemen Aplikasi » Cari “Nama Aplikasi” » Kemudian tap “Hapus Cache”.

NOTE : Metode di atas saya lakukan pada Smartphone dengan sistem operasi Android Lollipop v5.1.1. Jika anda menggunakan Smartphone beda sistem, anda bisa menyesuaikan sendiri metodenya.

Baca Juga :

Metode 4 : Bersihkan Memori Internal

Metode ke empat yang bisa anda coba yakni membersihkan memori Internal. Seperti cara ini sama dengan memberihkan file cache, namun berbedaannya adalah membersihkan memori Internal bisa menggunakan Aplikasi bawaan dan bisa di lakukan dengan cepat. Untuk lebih jelasnya, silahkan anda simak langkah – langkahnya dibawah ini.

Membersihkan Memori Internal

  • Buka menu Pengaturan » Setelan Tambahan » Penyimpanan » Pembersihkan File » Sekarang, tunggu sampai proses membersihan file cache dan recidual selesai.

NOTE : Metode di atas saya lakukan pada Smartphone dengan sistem operasi Android Lollipop v5.1.1. Jika anda menggunakan Smartphone beda sistem, anda bisa menyesuaikan sendiri metodenya.

Metode 5 : Hentikan dan Hapus Data Google Play Store

Apabila yang terjadi error adalah pada Google Play Store maka anda bisa melakukan perbaikan aplikasi pada Google Play Store. Google Play Store memang sering kali mengalami masalah saat menginstall aplikasi. Dan hal semacam ini sering kali di alami oleh para pengguna Android, pada semua merek. Hal paling sederhana yang bisa anda coba untuk mengatasi aplikasi Google Play Store yakni dengan membersihkan file cache dan menghapus data aplikasi. Untuk melakukannya, silahkan anda simak langkah – langkahnya dibawah ini.

Hapus Data Google Play Store

  • Buka menu Pengaturan » Setelan Tambahan » Manajemen Aplikasi » Semua » Cari “Google Play Store” » Kemudian tap “Paksa Berhenti” dan “Hapus Data”.

NOTE : Metode di atas saya lakukan pada Smartphone dengan sistem operasi Android Lollipop v5.1.1. Jika anda menggunakan Smartphone beda sistem, anda bisa menyesuaikan sendiri metodenya.

Baca Juga :

Metode 6 : Factory Reset Android

Jika semua metode di atas tidak berhasil mengatasi Aplikasi yang tidak bisa di Install, maka hal terakhir yang bisa anda coba yakni reset ulang smartphone Android. Hal semacam ini sebenarnya sangat beresiko, karena semua data dan aplikasi akan hilang secara total. Untuk mengamankan data, sebaiknya anda backup dulu semua data penting yang anda miliki, utamanya foto, video, aplikasi apk, daftar kontak, pesan, dan lainnya. Jika sudah, barulah anda mulai melakukan reset pada ponsel Android. Simak langkah – langkah reset Android berikut ini.

Reset HP Android

  • Buka menu Pengaturan » Setelan Tambahan » Buat Cadangan dan Reset » Kemudian tap “Hapus Data Aplikasi dan Aplikasi Yang Dapat di Bongkar”.

NOTE : Metode di atas saya lakukan pada Smartphone dengan sistem operasi Android Lollipop v5.1.1. Jika anda menggunakan Smartphone beda sistem, anda bisa menyesuaikan sendiri metodenya.

Baca Juga :

Dengan adanya metode – metode di atas, semoga permasalahan yang ada di smartphone Android anda bisa terasi dengan baik. Dianisa memang belum bisa memberikan solusi yang spesifik terkait permasalah yang anda hadapi. Untuk itu, mohon di maklumi jika masih banyak kekurangan yang ada. Tolong sampaikan keluhan atau permasalahan anda melalui kolom komentar, bisa screenshot ataupun tulisan.

Baca Juga :

Itulah beberapa metode yang bisa anda coba untuk Mengatasi Android Yang Tidak Bisa Install Aplikasi Dari Google Play Store Dan Apk, semoga bisa membantu dan bermanfaat. Jika ada sesuatu yang ingin anda tanyakan atau sampaikan mengenai keluhan pada Aplikasi Android, silahkan tulis melalui kolom komentar atau hubungi melalui fanspage facebook Dianisa. Terima kasih dan selamat mencoba!!

ARTIKEL TERKAIT :

2 KOMENTAR

  1. Gan, Nanyak Cara Mengatasi Apk yang tidak bisa di install trus kadang bisa tapi pas di buka langsung keluar dan itu semua versi apk dan ICon nya kadang berubah nggak jelas dan judulnya juga. gimana nih solusinya apa harus di ROOT. Sankyuu Gan

    • Kemungkinan itu masalah virus mas, jadi lebih baik install aja aplikasi dari Google Play Store. Kalau-pun ingin yang Apk, carilah Apk yang aman. Jadi, solusinya tergantung dari aplikasi yang di Install, aman atau tidak…

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here