4 Cara Mengatasi Tidak Bisa Install Aplikasi APK di Android

0
686

Dianisa.comInilah Faktor Penyebab dan Cara Mengatasi Tidak Bisa Install Aplikasi Format Apk di Android. Apk (Android application package) adalah jenis format file aplikasi yang hanya bisa di install pada Smartphone, tablet, atau emulator dengan sistem operasi Android Google. Sebenarnya Smartphone android sendiri telah dilengkapi dengan Aplikasi Google Play Store, dimana aplikasi tersebut berperan sebagai market store android atau tempat download aplikasi dan game android secara bebas dan aman.

Baca Juga :

Tapi tidak semua pengguna android mau mengunduh di tempat tersebut. Alasannya bermacam – macam, mungkin karena Google Play hanya menyediakan aplikasi yang bersifat aman untuk di pakai. Artinya Google Play tidak menyediakan aplikasi yang bisa merusak sistem android, misalnya Aplikasi Root atau semacamnya. Untuk itulah mereka beralih untuk mendownload file aplikasi dengan format Apk. Ada banyak situs yang menyediakan aplikasi format Apk, seperti JalanTikus.com.

Tapi sayangnya, tidak semua file apk bisa terintall dengan sukses, ada beberapa macam masalah terjadi atau muncul pesan error saat melakukan instalasi seperti “Installer Package Error 919”, “Sorry, Package Installer Has Stopped Unexpectedly”, “Parse Error” atau “Unable To Open File”. Pesan semacam itu sering kali muncul pada perangkat android yang mengalami masalah gagal install file Apk. Untuk solusinya dalam mengatasi masalah tersebut sangat banyak, tapi sebelumnya anda tahu beberapa penyebabnya. Berikut beberapa Penyebab Yang Membuat Anda Gagal Menginstall Aplikasi Apk, :

  1. File Apk Tidak Kompatibel Dengan OS Android. Setiap aplikasi yang di buat oleh pengembang tentunya memiliki versi yang berbeda – beda, dimana versi dari aplikasi tersebut memiliki peran penting bahwa tidak semua perangkat perangkat android bisa memasang aplikasi tersebut. Misalnya Aplikasi A dapat terpasang pada OS Android Kitkat, tapi tidak bisa di pasang pada OS Android Jelly Bean.
  2. File Apk Telah Rusak. File yang rusak pasti akan terjadi kegagalan pada saat instalasi. File Apk yang rusak tersebut bisa saja terjadi karena gagalnya saat pengunduhan, atau mungkin karena file tersebut telah dimodifikasi oleh seseorang dan pada saat melakukan recompile ada beberapa file yang tertinggal.
    Google Play Service Telah Terhapus. Apabila anda berhasil menginstall aplikasi Apk, tetapi saat dibuka selalu menutup dengan sendirinya atau Force Close. Hal tersebut terjadi karena Aplikasi Google Play Service telah hilang atau terhapus, sehingga membuat aplikasi apk yang anda install terjadi error. Biasanya hal tersebut terjadi pada aplikasi berbayar.
  3. File Apk Belum Dilakukan Sign. Aplikasi yang belum ditandatangani sertifikat secara digital tidak akan pernah bisa di install pada OS Android. Kenapa? Karena OS Android hanya bisa menerima aplikasi yang bersifat legal dan tahu siapa pembuat / penulis dari aplikasi tersebut.
  4. Menumpuknya File Cache Android Yang Tidak Pernah Dihapus. Cache atau file sementara yang tidak pernah dihapus akan terus menumpuk sampai memori Android tersebut penuh. Dan apabila anda tidak pernah menghapus file cache tersebut maka dapat menyebabkan terjadi error pada aplikasi yang berjalan, lemot, dan bahkan bisa menggangu proses instalasi yang anda lakukan. Untuk itulah anda perlu aplikasi CClenar, Clean Master, atau aplikasi semacamnya untuk membersihkan file Cache tersebut. (Sumber Referensi : HeyRiad.com)

Setiap smartphone atau tablet android memiliki masalah yang berbeda – beda. Artinya saya sendiri tidak bisa memastikan apa yang terjadi pada smartphone android yang anda miliki. Dilihat dari penyebab diatas, apakah ada 1 penyabab yang memang sedang anda alami? Jika ya, maka anda harus menyimak solusinya berikut ini.

Cara Mengatasi Gagal Install APK di Android

Setelah anda mengetahui beberapa penyebab di atas, step berikutnya yang bisa anda coba yakni mengatasi permasalah tersebut. Ada beberapa metode yang bisa anda coba untuk mengatasi aplikasi Apk tidak bisa di Install tersebut. Mulai dari perizinan, membersihkan file sampah, memasang aplikasi apk installer, dan lainnya. Untuk lebih jelasnya, langsung saja anda simak metodenya berikut ini.

Metode 1 : Memberikan Izin Pada Aplikasi APK

Metode pertama yang bisa anda coba yakni memberikan Izin pemasangan pada file APK. Bagian pertama ini sangat penting untuk anda lakukan. Jika anda tidak melakukan perizinan pada aplikasi APk, maka sampai kapanpun anda tidak akan pernah bisa menginstall Aplikasi berformat Apk. Setiap perangkat Android memiliki fitur perizinan yang berbeda – beda tempatnya. Sebagai contohnya, anda bisa simak langkah – langkah memberikan izin pada Aplikasi APK berikut ini.

Memberikan Izin Pada Aplikasi

  • Buka menu Pengaturan » Setelan Tambahan » Keamanan dan Privasi » Kemudian lakukan perizinan pada Aplikasi dengan menggeser tombol “Izinkan Penginstalan Aplikasi dari Sumber Tidak Dikenal”.

NOTE : Metode di atas saya lakukan pada Smartphone dengan sistem operasi Android Lollipop v5.1.1. Jika anda menggunakan Smartphone beda sistem, anda bisa menyesuaikan sendiri metodenya.

Metode 2 : Pastikan File APK Kompatibel Dengan OS Android

Sebelum anda mengunduh dan memasang aplikasi APK, pastikan file APK yang anda unduh compatible dengan Smartphone dan Tablet Android yang anda miliki. Jika misalnya smartphone anda bersistem Lolllipo v5.0, namun Aplikasi tersebut kompatibel pada Sistem Marshmallow v6.0, maka sampai kapanpun Aplikasi tersebut tidak bisa support dengan smartphone Android anda. Jika pun support, pasti beberapa fitur tidak bisa berfungsi secara maksimal. Untuk itu cobalah mencari file APK yang memang compatible dengan OS Android anda.

Metode 3 : Bersihkan Cache Android

Metode ketiga yang bisa anda lakukan yakni membersihkan file sampah di Smartphone dan tablet Android anda. Metode ini bisa anda lakukan secara manual, atau bisa juga dilakukan menggunakan Aplikasi Cleaner untuk hasil yang lebih optimal. Anda bisa unduh Aplikasi Cleaner gratis dari Google Play Store. Dan untuk metode membersihkan file cache atau residual file, silahkan anda simak langkah – langkahnya dibawah ini.

Hapus Cache Aplikasi

  • Buka menu Pengaturan » Setelan Tambahan » Manajemen Aplikasi » Cari “Nama Aplikasi” » Kemudian tap “Hapus Cache”.

NOTE : Metode di atas saya lakukan pada Smartphone dengan sistem operasi Android Lollipop v5.1.1. Jika anda menggunakan Smartphone beda sistem, anda bisa menyesuaikan sendiri metodenya.

Baca Juga :

Metode 4 : Pasang Aplikasi APK Installer Dari Google Play Store

Apabila semua cara di atas tidak berhasil mengatasi APK tidak bisa di Install di Smartphone Android, maka APK Installer bisa menjadi solusinya. Apk Installer merupakan aplikasi Android yang mampu mengelola dan menginstall fil Apk dengan mudah dan cepat. Anda bisa mendapatkan Aplikasi APK Installer melalui Google Play Store secara gratis. Dan untuk mengunduh file APK, anda bisa tap unduh dibawah ini.

Download APK Installer via Google Play Store

Dengan adanya beberapa metode di atas, semoga bermasalah yang anda hadapi bisa berhasil di atasi. Dan Smartphone atau Tablet Android anda bisa digunakan untuk menginstall Aplikasi APK kembali. Kami dari Dianisa.com merasa masih banyak kekurangan dalam memberikan Tips & Trik Android, maka dari itu apabil anda sebagian pengguna yang memiliki tips yang lebih ampuh, silahkan anda kirim atau tulis melalui kolom komentar.

Baca Juga :

Demikian ulasan singkat mengenai Cara Mengatasi Tidak Bisa Install Aplikasi Apk di Smartphone Android, semoga bisa mambantu dan bermanfaat untuk semuanya. Apabila ada yang terjadi error atau semacamnya, silahkan tulis keluhan anda melalui kolom komentar, Insyaallah saya balas. Terima kasih!!

ARTIKEL TERKAIT :

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here