2 Cara Mengatasi “Sayangnya Sistem UI Telah Berhenti” di Android

0
1496

DIANISA.COMTips Jitu Cara Mengatasi Sistem UI Android Berhenti Tiba – Tiba Dan Muncul Pesan Error. System UI adalah sistem user interface atau tatap muka dimana memuat pengaturan segala hal tentang tampilan. Sistem UI sangat berhubungan erat dengan yang tampilan layar Android mulai dari tema, menu, icon, font, status bar, dan lainnya. Dan apabila Sistem UI mengalami Error atau muncul pesan error biasanya akan blank seketika dan berwarna hitam gelap.

Baca Juga :

Android yang mengalami error, terutama pada Sistem UI bisa saja terjadi saat anda oprek atau mengganti Tem Android. Android yang tidak Support atau merasa terlalu berat maka akan mengalami error dan muncul pesan pop up bertuliskan “Unfortunately, System UI Has Stopped”, atau “Sayangnya, Sistem UI Telah Berhenti”. Biasanya masalah pop up tersebut pasti membuat pengguna merasa bingung, sedih, dan pusing karena memikirkan error pada Android yang ia miliki.

Masalah error pada Sistem bisa saja terjadi pada semua merek smartphone mulai dari Samsung Galaxy, Oppo, Xiomi, Asus Zenfone, Lenovo, HTC, LG, Smarfreen Andromax, Advan, Vivo, dan merek smartphone Android lainnya.

Cara Mengatasi Sistem UI Android Error/ Rusak

Mengenai masalah Sistem UI yang error, kali ini saya akan berbagi Tips Cara Mengatasi Sistem UI Android Yang Error tersebut. Tips yang saya berikan mungkin belum sepenuhnya bisa berhasil 100%, tapi alangkah lebih baiknya anda coba terlebih dahulu. Semoga nantinya bisa working dan sukses.

Metode 1 : Lakukan Factory Reset Pada Android Anda

Perlu anda ketahui bahwa memperbaiki Sistem UI sangatlah susah, terkadang cara – cara biasanya tidak bisa mengatasi maka dari itu langsung saja ke cara yang lebih ekstrim. Melakukan factory reset merupakan cara yang paling ampuh, karena dengan cara ini semua pengaturan Android akan kembali pada pengaturan Pabrik (Awal). Untuk melakukannya, silahkan ikuti langkah – langkahnya dibawah ini.

  • Buka Menu Pengaturan » Buat Cadangan & Setel Ulang » Kembalikan Ke Pengaturan Pabrik » Pilih “Reset Ulang Telepon”.

Baca Juga :

Metode 2 : Flashing Android Anda

Jika cara pertama tidak berhasil, kemungkinan Sistem Anda sudah berada pada level akhir. Artinya ada beberapa program yang sudah rusak bahkan hilang. Dengan mengunduh Sistem UI biasanya juga berhasil mengatasi Pesan Error tersebut. Tapi alangkah lebih baiknya anda langsung saja melakukan flashing pada Android anda supaya tidak timbul masalah yang baru lagi.

Cara ini memang terbilang cukup susah, karena anda harus download sistem Android sesuai dengan sistem dan tipe Android yang anda gunakan. Hal ini dulunya juga pernah saya alami pada Android saya merek Smartfreen Andromax G2, dan alhasil saya harus mengunduh sistem Andromax G2 berukuran 400 MB Lebih.

Baca Juga :

Jika ada merasa bingung mengenai permasalahan yang sedang anda hadapi, alangkah lebih baiknya anda bawa saja ke Service Center Android agar dapat ditangani oleh orang yang lebih ahli.

Baca Juga :

Demikian ulasan singkat mengenai Cara Mengatasi Sistem UI HP Android Yang Error Dan Macet, semoga bisa membantu dan bermanfaat. Jika ada sesuatu yang ingin ditanyakan atau sampaikan, tulis melalui kolom komentar dibawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!!!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here