2 Cara Mengatasi “Sayangnya Proses com.android.phone Telah Berhenti” di Android

2
1253

DIANISA.COM Tips Cara Mengatasi “Unfortunately the process com.android.phone has stopped” di HP Android. Android merupakan salah satu sistem operasi yang paling populer dan paling berkesan dari semua sistem operasi yang ada. Dengan bantuan dari Linux (Ubuntu), sistem operasi ini semakin melejit dan banyak digunakan oleh perusahaan smartphone ternama seperti Samsung, Sony Experia, Lenovo, dan lainnya.

Baca Juga :

Tapi dibalik hebatnya sistem operasi tentunya juga memiliki kelemahan. Dari beberapa masalah yang dihadapi pengguna Android, ada saja masalah yang sulit untuk di atas seperti misalnya muncul pesan error bertuliskan “Sayangnya Proses com.android.phone Telah Berhenti” atau “Unfortunately the process com.android.phone has stopped”. Pesan error pada layar screen muncul secara tiba – tiba dan sulit untuk diatasi. Jika ini terjadi pada smartphone Android milik anda tentunya anda merasa bingung, kesal, dan frustasi.

Pesan error tersebut bisa saja muncul pada semua merek smartphone android mulai dari Samsung Galaxy, Oppo, Lenovo, Xiomi, HTC, LG, Motorola, Smartfreen andromax, Asus Zenfone, Advan, Sony Experia, Evercross, dan lainnya. Kutipan dari beberapa forum Android mengatakan bahwa masalah error tersebut terjadi pada bagian “aplikasi telepon”. Lalu, bagaimana cara mengatasinya? Simak langkah – langkahnya dibawah ini.

Mengatasi com.android.phone Has Stopped di Android

Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi mengenai cara mengatasi atau “Unfortunately the process com.android.phone has stopped” di smartphone dan tablet Android. Ada dua cara yang akan saya berikan, dan semoga saja dengan dua cara tersebut bisa mengatasi masalah pada Android anda.

Metode 1 : Hapus Data Aplikasi Telepon

Metode pertama yang bisa anda lakukan yakni dengan menghapus data aplikasi telepon. Cara ini akan mengembalikan Aplikasi telepon berada pada posisi default, yang artinya semua basis data, cache, history, dan file temporary akan hilang secara permanen. Untuk melakukan cara ini, simak langkah – langkahnya dibawah ini.

  • Buka menu Pengaturan » Aplikasi » tap Semua » cari aplikasi Aplikasi Telepon, kemudian tap “Hapus Data”.

Baca Juga :

Metode 2 : Factory Reset Android

Apabila metode pertama tidak berhasil maka cobalah dengan metode kedua. Cara ini memang bisa dibilang cukup ekstrim. Tapi hanya ini yang bisa anda lakukan yakni mengembalikan Android ke setelan awal/ pabrik. Cara ini bisa anda lakukan langsung ke menu setelan atau bisa juga lewat Recovery Mode. Untuk lebih jelasnya, silahkan simak langkah – langkah Factory Reset dibawah ini.

  • Buka Menu Pengaturan » Buat Cadangan & Setel Ulang » Kembalikan Ke Pengaturan Pabrik » Pilih “Reset Ulang Telepon”.
  1. Tekan tombol Power + Volume Atas + Home (Tergantung merek Smartphone yang anda gunakan).
  2. Kemudian Pilih Wipe Data » Yes.
  3. Kemudian Wipe Cache » Yes.
  4. Terakhir pilih “Reboot System Now”.

Baca Juga :

Hanya 2 metode saja yang bisa saya berikan, jika dengan cara tersebut juga tidak berhasil maka cobalah untuk melakukan flashing pada Android anda. Flashing atau install OS Android memang cukup ribet, tergantung dari merek dan tipe OS yang anda gunakan.

Baca Juga :

Demikian ulasan singkat mengenai Cara Mengatasi “Unfortunately the process com.android.phone has stopped” di Android, semoga bisa membantu dan bermanfaat. Jika ada sesuatu yang ingin ditanyakan atau sampaikan, tulis melalui kolom komentar dibawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!!

2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here