3 Cara Mengatasi “Sayangnya Proses com.google.process.gapps Telah Berhenti” di Android

0
1374

Dianisa.comTips Jitu Cara Mengatasi “Sayangnya Proses com.google.process.gapps Telah Berhenti” di HP Android. Smartphone Android merupakan salah satu smartphone yang paling banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Harganya yang relatif murah dengan fitur yang serba canggih dan lengkap membuat masyarakat Indonesia suka dengan smartphone bersistem Android. Namun dibalik itu semua, tak jarang banyak pengguna Android yang mengeluh masalah error pada Aplikasi.

Baca Juga :

Banyaknya keluhan muncul pada aplikasi bawaan atau dari pihak ketiga yang muncul pesan error bertuliskan “Unfortunately Aplikasi Has Stopped”, atau “Sayangnya Aplikasi Telah Berhenti”. Menurut data dari Google Keyword pengguna Android paling sering mengalami masalah pada Aplikasi Google Play Store yang sering muncul pesan error. Dan baru – baru ini juga banyak yang bertanya mengenai masalah pada Aplikasi Google Bertuliskan “Sayangnya Proses com.google.process.gapps Telah Berhenti”.

Semua masalah yang bertuliskan pesan pop up error bisa terjadi pada perangkat Android apa saja mulai dari Smartfreen Andromax, Samsung Galaxy, Asus Zenfone, Xiomi, Lenovo, Oppo, Sony Experia, HTC, LG, Motorola, Advan, Evercross, Vivo, Axioo, dan lainnya. Tapi anda tidak perlu khawatir dan tenang saja karena kali ini saya akan membantu mengenai permasalahan yang sedang anda hadapi.

Mengatasi HP Android Muncul Pesan Error

Cara memperbaiki Android yang muncul pesan error bertuliskan “Sayangnya Proses com.google.process.gapps Telah Berhenti” di Android bisa dibilang susah – susah gampang. Coba lakukan dengan metode – metode singkat dibawah ini, siapa tahu nantinya bisa berhasil dan Smartphone Android bisa normal kembali.

Metode 1 : Hapus Data Download Manager Android

Metode pertama yang bisa anda lakukan yakni dengan menghapus data Download Manager Android. Pada beberapa kasus yang sama, ada beberapa pengguna Android yang menyarankan untuk menghapus data download Manager dan ternyata bisa berhasil dan tidak muncul pesan error lagi. Cara seperti ini akan membuat download manager bersih dari cache, basis data, history, dan lainnya. Simak langkah – langkah menghapus data Download Manager dibawah ini.

  • Buka menu Pengaturan » Aplikasi » tap Semua » cari aplikasi Pengelola Unduhan, kemudian tap “Nonaktifkan” dan “Hapus Data”, kemudian “Aktifkan” kembali Pengelola Unduhan anda.
  • Lakukan hal yang sama pada Google Play Store. Tap “Nonaktifkan” dan “Hapus Data”, Kemudian “Aktifkan” kembali Google Play Store android anda.

Baca Juga :

Metode 2 : Lakukan Factory Reset Pada Android

Jika cara diatas tidak membantu sama sekali maka terpaksa anda harus melakukan factory reset pada Android anda. Cara ini akan membuat Android kembali ke setelan pabrik/ pengaturan awal. Sebelum melakukan cara ini pastikan anda telah membackup semua data penting di Android anda mulai dari foto, video, musik, dokumen, dan lainnya. Dan apabila telah melakukan backup, silahkan lakukan factory reset dengan mengikuti langkah – langkah dibawah ini.

  • Buka Menu Pengaturan » Buat Cadangan & Setel Ulang » Kembalikan Ke Pengaturan Pabrik » Pilih “Reset Ulang Telepon”.

Baca Juga :

Metode 3 : Flashing Android Anda

Apabila dengan factory riset juga tidak berhasil maka lakukan flashing atau Install Ulang Sistem Android. Metode Flashing memang lumayan ribet, karena anda harus mengunduh sistem android sesuai dengan merek dan tipe android yang anda gunakan.

Baca Juga :

Jika anda merasa bingung dalam melakukan flashing, alangkah lebihnya anda bawa ke Service Center terdekat sesuai dengan merek smartphone anda miliki.

Baca Juga :

Demikian ulasan singkat mengenai Cara Mengatasi “Sayangnya Proses com.google.process.gapps Telah Berhenti” di Android, semoga bisa membantu dan bermanfaat. Jika ada pertanyaan yang ingin disampaikan, tulis melalui kolom komentar dibawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here