3 Cara Mengatasi “Sayangnya, Layanan Google Play Store Telah Berhenti” di Android

0
1080

Dianisa.comCara Mengatasi “Sayangnya, Layanan Google Play Store Telah Berhenti” di HP Android. Google Play Store merupakan salah satu aplikasi penting yang ada pada smartphone dan tablet Android. Dengan Google Play Store, pengguna Android bisa mencari dan mengunduh ratusan bahkan ribuan aplikasi dan game secara bebas dan gratis. Sangat sedih apabila Google Play Store mengalami masalah dan tidak bisa digunakan. Hal ini tentunya membuat aktifitas multitasking serasa kurang maksimal. Pengguna tidak bisa mengunduh aplikasi dan game dari Google Play Store. Layanan Google Play Store sangat erat hubungannya dengan Google Play, artinya jika bagian tersebut mengalami masalah maka aktifitas Google Play Store juga ikut terhenti.

Baca Juga :

Mengatasi Layanan Google Play Terhenti

Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi metode ke anda mengenai Cara Mengatasi “Sayangnya, Layanan Google Play Store” Telah Berhenti Di Smartphone Android. Permasalahan pada aplikasi Google Play Store memang sangat sering terjadi. Hal ini terjadi tidak hanya pada satu smartphone saja, tetapi banyak terjadi pada banyak smartphone seperti pada Xiaomi, HTC, LG, Motorola, Samsung, OPPO, Lenovo, ASUS, ZTE, Sony, Coolpad, Panasonic, Polytron, Advan, Evercoss, Axioo, dan lainnya. Untuk mengatasi masalah tersebut, ada beberapa metode yang bisa anda lakukan. Simak Metode Mengatasi Layanan Google Play Telah Berhenti berikut ini.

Metode 1 : Bersihkan File Cache (Sampah)

Metode pertama yang bisa anda lakukan yakni membersihkan file sampah atau file cache pada semua program Google Play Store. Kebanyakan aplikasi yang mengalami masalah biasanya karena tumpukan cache. Untuk hasil yang lebih baik bisa gunakan Aplikasi Cleaner seperti CCleaner atau Clean Master. Untuk cara manual tanpa aplikasi, anda bisa ikuti langkah – langkahnya dibawah ini.Hapus Cache Google Play Store

 

  • Buka menu Pengaturan » Setelan Tambahan » Manajemen Aplikasi » Cari “Google Play Store” » Kemudian tap “Hapus Cache”.
  • Buka menu Pengaturan » Setelan Tambahan » Manajemen Aplikasi » Cari “Layanan Google Play” » Kemudian tap “Hapus Cache”.

NOTE : Metode di atas saya lakukan pada Smartphone dengan sistem operasi Android Lollipop v5.1.1. Jika anda menggunakan Smartphone beda sistem, anda bisa menyesuaikan sendiri metodenya.

Baca Juga :

Metode 2 : Hentikan dan Hapus Data Aplikasi

Selanjutnya untuk metode yang kedua yakni menghentikan dan menghapus data aplikasi Google Play. Cara yang satu ini biasanya sangat manjur saat aplikasi mengalami error atau bermasalah. Perlu anda ketahui bahwa menghapus data akan menghilangkan data yang bersifat sementara seperti basis data, history, file cache, bookmark, dan lainnya. Tenang saja, anda bisa masuk kembali pada Google Play Store dengan email yang anda miliki jika memang Google Play anda sudah bisa digunakan kembali. Untuk menghapus data aplikasi, silahkan anda simak langkah – langkahnya dibawah ini.Hapus Data Google Play StoreBuka menu Pengaturan » Setelan Tambahan » Manajemen Aplikasi » Semua » Cari aplikasi “Google Play Store” » Kemudian tap “Paksa Berhenti” dan “Hapus Data”.

  • Buka menu Pengaturan » Setelan Tambahan » Manajemen Aplikasi » Semua » Cari aplikasi “Layanan Google Play” » Kemudian tap “Paksa Berhenti” dan “Hapus Data”.

NOTE : Metode di atas saya lakukan pada Smartphone dengan sistem operasi Android Lollipop v5.1.1. Jika anda menggunakan Smartphone beda sistem, anda bisa menyesuaikan sendiri metodenya.

Baca Juga :

Metode 3 : Matikan HP Android Anda

Setelah anda melakukan cara – cara diatas, anda juga harus mematikan HP Android anda. Hal ini anda lakukan supaya nantinya smartphone anda bisa lebih fresh dan lebih segar kembali. Matikan atau reboot HP Android anda, kemudian cabut baterai dan pasang kembali. Barulah anda coba untuk menyalakan kembali HP Android anda. Semoga cara ini bisa berhasil mengatasi Google Play yang error tersebut.

Baca Juga :

Demikian ulasan singkat mengenai Cara Mengatasi “Sayangnya, Layanan Google Play Telah Berhenti” Di Android, semoga bisa membantu dan bermanfaat. Jika ada sesuatu yang ingin anda tanyakan atau sampaikan, silahkan anda tulis melalui kolom komentar dibawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!!!

TIPS & TRIK :

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here