2 Cara Mengatasi “Sayangnya, Launcher3 Telah Berhenti” di Android

2
1032

DIANISA.COMCara Mengatasi Error Pada Launcher3 Telah Berhenti di HP Android. Launcher merupakan bagian paling penting yang ada pada sistem Android. Aplikasi Launcher berfungsi untuk memaksimalkan tampilan user interface yang ada pada semua perangkat Android. Jika Launcher mengalami masalah biasanya akan berdampak pada jalannya aplikasi Android. Launcher yang bermasalah seperti memunculkan pesan error akan membuat pengguna merasa tidak nyaman saat menjalankan aplikasi tertentu. Bahkan efek paling buruk, pengguna tidak bisa melakukan aktifitas multitasking sama sekali.

Baca Juga :

Cara Mengatasi Launcher3 Telah Berhenti

Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi metode ke anda mengenai Cara Mengatasi Launcher3 Telah Berhenti di HP Android. Pesan error bertuliskan “Sayangnya, Launcher3 Telah Berhenti” atau “Unfortunately, Launcher3 Has Stopped” memang terkadang sering di alami oleh beberapa pengguna Android. Penyebab mengenai masalah tersebut bisa bermacam – macam, bisa karena virus, tumpukan file cache yang tidak pernah di hapus, sering gonta – ganti Launcher atau tema Android, dan lainnya. untuk mengatasi masalah tersebut, ada beberapa metode yang bisa anda lakukan. Dan untuk melakukannya, silahkan anda simak langkah – langkahnya dibawah ini.

Metode 1 : Hapus Cache dan Data Launcher3

Metode pertama yang bisa anda coba yakni membersihkan file sampah dan menghapus data aplikasi launcher3 itu sendiri. Cara ini biasanya berhasil mengatasi aplikasi Launcher yang mengalami error atau macet. Tapi sebelumnya anda harus tahu bahwa menghapus data aplikasi akan menghilangkan basis data, history, cache, file sampah, dan beberapa data sementara lainnya. Tampilan smartphone atau tablet Android anda akan kembali pada posisi default. Dan untuk menghapus data aplikasi, silahkan anda simak langkah – langkahnya dibawah ini.

  • Buka menu Pengaturan » Setelan Tambahan » Manajemen Aplikasi » Semua » Cari aplikasi “Launcher 3” » Kemudian tap “Hapus Cache” dan “Hapus Data”.

NOTE : Metode di atas saya lakukan pada Smartphone dengan sistem operasi Android Lollipop v5.1.1. Jika anda menggunakan Smartphone beda sistem, anda bisa menyesuaikan sendiri metodenya.

Baca Juga :

CATATAN : Jangan lupa! Setelah anda melakukan metode di atas, anda harus restart smartphone Android anda. Dengan begitu, anda bisa melihat hasilnya, apakah nantinya pesan error tersebut muncul kembali atau tidak.

Metode 2 : Hard Riset (Wipe Data/Cache) Via Recovery Mode

Apabila cara pertama tidak berhasil anda lakukan, maka metode berikutnya yang bisa anda coba yakni dengan hard riset (Factory Reset) pada Smartphone Android yang anda miliki. Cara ini anda khususnya apabila smartphone anda tidak bisa di gunakan sama sekali atau macet pada pesan error itu sendiri. Dan untuk melakukan hard riset saya tidak bisa memberikan metodenya seperti apa, karena setiap perangkat Android memiliki metode yang berbeda – beda. Dan untuk lebih jelasnya, anda bisa searching di Google “Cara Hard Riset Sesuai Dengan Tipe Android Anda”.

Baca Juga :

Demikian ulasan singkat mengenai Cara Mengatasi “Sayangnya, Launcher3 Telah Berhenti” Di Android Mudah dan Cepat, semoga bisa membantu dan bermanfaat. Jika ada sesuatu yang ingin anda tanyakan atau sampaikan, silahkan tulis melalui kolom komentar dibawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!!!

2 KOMENTAR

  1. Gimana juga mau mengikuti 2 metode Sayangnya,Launcher3 Telah Berhenti kalo saja menu nya aja tidak bisa di geser apa lg membuka atau menghapus aplikasi nya???

    • Hard Reset bisa dilakukan via recovery Mode, jadi walaupun menu ngk bisa di apa apain, tetap nanti bisa dilakukan Hard Reset. Gunakan tombol Volume dan Power…..

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here