Sayangnya Instagram Telah Berhenti

Dianisa.com – Tips Jitu Mengatasi Aplikasi Instagram Android Tidak Bisa dibuka, Force Tiba – Tiba, dan Muncul Pesan Error. Instagram adalah salah satu sosial media populer yang identik dengan foto dan video pendek. #Instagram menjadi sosial media yang simple dan mudah dalam berbagi foto dan video. Menariknya lagi, banyak tokoh – tokoh ternama, artis, pejabat, dan pebisnis online yang juga menggunakan instagram.

Baca Juga :

Dengan banyaknya pengguna yang mencapai ribuan bahkan jutaan users di seluruh dunia tentunya beberapa pengguna terkadang ada juga yang mengalami masalah, mulai dari tidak bisa login, gagal memutar video, tidak bisa upload foto dan video, serta muncul pesan error seperti “Unfortunately, Instagram Has Been Stopped”, atau “Sayangnya, Instagram Telah Berhenti”. Salah satu hal yang paling sering terjadi pada pengguna Instagram yakni tidak bisa membuka aplikasi instagram dan tidak bisa memutar video instagram.

Masalah – masalah tersebut bisa terjadi pada semua perangkat Android mulai dari Samsung Galaxy, Xiomi, Oppo, Asus Zenfone, Smartfreen Andromax, Lenovo, HTC, LG, Evercross, Advan, Sony Experia, dan perangkat android lainnya. Dan untuk penyebab umum mengenai masalah tersebut yakni masalah cache Android yang menumpuk terlalu banyak, memori RAM penuh, serta banyaknya aplikasi berjalan di belakang layar.

Cara Mengatasi Instagram Android Muncul Pesan Error

Mengenai masalah #Instagram yang muncul pesan error “Sayangnya, Instagram Telah Berhenti”, ada beberapa metode yang bisa anda lakukan. Metode yang saya berikan mungkin tidak bisa menjamin 100% bisa berhasil, tapi setidaknya anda coba terlebih dahulu.

Metode 1 : Hapus Cache Aplikasi Instagram

Cache Aplikasi yang terlalu menumpuk dalam menyebabkan performa smartphone Android jadi menurun. Lebih tepatnya akan membuat Android serasa berat, lemot, sering Lag, dan banyak aplikasi yang tertutup secara tiba – tiba. Hal ini terjadi tidak hanya pada Instagram saja, tetapi bisa saja terjadi pada Aplikasi lain seperti WhatsApp, WeChat, Facebook Messenger, Facebook Lite, Twitter, BBM, KakoTalk, Google Play Store, dan lainnya.

Masalah File Cache Android bisa anda hapus dengan 2 cara. Cara pertama bisa tanpa aplikasi dan cara kedua bisa menggunakan aplikasi dari pihak ketiga. Lebih bagus memang menggunakan aplikasi tambahan seperti CM Security, Clean Master, atau CCleaner. Bagi anda yang mau menghapus file cache tanpa aplikasi, simak langkah – langkahnya dibawah ini.

Hapus Cache Instagram

  • Buka menu Pengaturan » Setelan Tambahan » Manajemen Aplikasi » Cari “Instagram” » Kemudian tap “Hapus Cache”.

NOTE : Metode di atas saya lakukan pada Smartphone dengan sistem operasi Android Lollipop v5.1.1. Jika anda menggunakan Smartphone beda sistem, anda bisa menyesuaikan sendiri metodenya.

Baca Juga :

Metode 2 : Paksa dan Hapus Data Aplikasi Instagram

Menghentikan aplikasi Instagram secara paksa akan mengeluarkan Instagram saat masih terbuka baik dibelakang layar ataupun antar muka secara langsung. Menghapus data Instagram akan menghapus data login, history, cache, dan basis data secara permanen. Cara ini lebih ampuh dibanding cara pertama, tapi sebelumnya anda harus ingat username/ email dan password instagram anda agar nantinya anda bisa login kembali.

Hapus Data Instagram

  • Buka menu Pengaturan » Setelan Tambahan » Manajemen Aplikasi » Cari “Instagram” » Kemudian tap “Paksa Berhenti” dan “Hapus Data”.

NOTE : Metode di atas saya lakukan pada Smartphone dengan sistem operasi Android Lollipop v5.1.1. Jika anda menggunakan Smartphone beda sistem, anda bisa menyesuaikan sendiri metodenya.

Baca Juga :

Setelah anda berhasil menghapus data instagram, selanjutnya anda bisa buka kembali Aplikasi Instagram di Android anda. Masukkan dengan Username dan Password yang sudah anda miliki sebelumnya.

Metode 3 : Update Instagram Ke Versi Terbaru

Update Instagram merupakan solusi yang tetap sekaligus menguntungkan. Dengan mengupdate Instagram ke versi terbaru akan membuat Bugs/ kerusakan bisa hilang. Terlabih dengan update ke versi terbaru, tampilan dan fitur instagram pasti akan lebih berbeda. Untuk yang paling baru sekarang ini Instagram hadir dengan Logo/ icon dengan warna merah.

Update Aplikasi Instagram

  • Buka Google Play Store, kemudian cari aplikasi “Instagram” kemudian anda bisa mencoba untuk tap “Update” dan “Terima”.

Metode 4 : Install Ulang Aplikasi Instagram

Jika semua cara diatas tidak berhasil, lebih baiknya anda hapus aplikasi anda dan install dengan aplikasi yang baru. Cara menghapus aplikasi instagram cukup mudah, silahkan ikuti langkah – langkahnya dibawah ini.

Hapus Aplikasi Instagram

  • Buka menu Pengaturan » Setelan Tambahan » Manajemen Aplikasi » Cari “Instagram” » Kemudian tap “Hapus Instalasi”.

NOTE : Metode di atas saya lakukan pada Smartphone dengan sistem operasi Android Lollipop v5.1.1. Jika anda menggunakan Smartphone beda sistem, anda bisa menyesuaikan sendiri metodenya.

Baca Juga :

Setelah berhasil menghapus aplikasi instagram, selanjutnya anda install dengan yang baru. Anda bisa unduh langsung aplikasi instagram melalui Google Play Store.

Metode 5 : Matikan Android Anda Selama Beberapa Saat

Setelah anda berhasil menginstall dengan aplikasi instagram yang baru maka alangkah lebih baiknya anda matikan android anda, kemudian cabut SIM Card, Micro SD, dan diamkan selama beberapa saat. Pasang kembali dan nyalakan kembali ponsel Android anda. Semoga nantinya Aplikasi Instagram anda bisa normal kembali.

Untuk menghindari masalah atau kerusakan pada aplikasi alangkah lebih baiknya anda menginstall aplikasi pendingin dan pembersih cache Android seperti CM Security, Clean Master, CCleaner, App Cache Cleaner, Go Speed, dan lainnya. Aplikasi semacam itu tentunya dapat membantu meningkatkan performa Android anda supaya lebih optimal.

Baca Juga :

Demikian ulasan singkat mengenai Cara Mengatasi “Sayangnya, Instagram Telah Berhenti” Di Android, semoga bisa membantu dan bermanfaat. Jika ada sesuatu yang ingin ditanyakan tulis melalui kolom komentar dibawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!!!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here