Dianisa.com – Cara Mengatasi Pesan Error “Memori Kartu SD Tidak Cukup” di OPPO. Media penyimpanan seperti kartu SD biasanya menjadi bagian yang sangat penting untuk selalu diperhatikan. Semua data atau file penting tersimpan di memori eksternal (microSD) tersebut. Walaupun sebenarnya ada banyak smartphone dengan kapasitas Internal yang cukup besar, tetapi sebagian pengguna masih merasa kurang puas. Untuk itulah Memori Eksternal atau MicroSD menjadi solusi bagi pengguna yang membutuhkan space lebih dalam menyimpan file.

Baca Juga :

Mengatasi “Memori Kartu SD Tidak Cukup” di OPPO

Bagi anda yang mengalami masalah pada smartphone OPPO yang anda miliki yang bertuliskan “Memori Kartu SD Tidak Cukup” pada bar notifikasi maka saya akan membantu mengatasi masalah tersebut. Pesan error tersebut muncul karena space yang ada di MicroSD atau kartu SD telah mencapai batas yang ditentukan. Space memori yang tinggal sedikit membuat pesan error tersebut muncul pada notifikasi. Untuk mengatasinya, anda beberapa hal yang bisa anda lakukan. simak Metode Mengatasi Memori Kartu SD Tidak Cukup” Di Smartphone OPPO berikut ini.

1. Bersihkan File Cache

Hal pertama yang bisa anda coba lakukan yakni membersihkan file cache pada smartphone OPPO yang anda miliki. Gunakan aplikasi Cleaner untuk membersihkan file cache secara menyeluruh. Anda bisa mendapatkan aplikasi Cleaner dengan mencari dan mengunduhnya langsung dari Google Play Store. Untuk cara manual dalam membersihkan file cache, anda bisa ikuti langkah – langkahnya dibawah ini.

Hapus Cache Aplikasi

  • Buka menu Pengaturan » Setelan Tambahan » Manajemen Aplikasi » Cari “Nama Aplikasi” » Kemudian tap “Hapus Cache”.

NOTE : Metode di atas saya lakukan pada Smartphone dengan sistem operasi Android Lollipop v5.1.1. Jika anda menggunakan Smartphone beda sistem, anda bisa menyesuaikan sendiri metodenya.

Baca Juga :

2. Hapus Pesan Masuk

Metode kedua yang bisa anda lakukan yakni membersihkan pesan masuk atau Inbox SMS pada Smartphone OPPO yang anda miliki. Cara ini anda lakukan agar memori Internal atau Eksternal terasa lebih lega karena tidak terlalu menyimpan banyak file. Catatan penting, anda tidak perlu melakukan metode ini apabila pesan masuk yang anda miliki tidak terlalu banyak atau berlebihan.

Baca Juga :

3. Hapus Aplikasi Yang Tidak Dipakai

Metode ketiga yang bisa anda coba lakukan yakni menghapus aplikasi yang tidak anda gunakan atau sudah tidak anda pakai. Perlu anda ketahui bahwa aplikasi Android sangat boros terhadap memori. Apalagi jika yang anda install adalah aplikasi Game, maka anda bisa kehilangan banyak memori. Untuk itu, hapuslah sebagian aplikasi yang anda install pada memori eksternal. Dan untuk melakukannya, silahkan anda simak langkah – langkahnya dibawah ini.

Menghapus Aplikasi Android

  • Buka menu Pengaturan » Setelan Tambahan » Manajemen Aplikasi » Cari “Nama Aplikasi” » Kemudian tap “Hapus Instalasi”.

NOTE : Metode di atas saya lakukan pada Smartphone dengan sistem operasi Android Lollipop v5.1.1. Jika anda menggunakan Smartphone beda sistem, anda bisa menyesuaikan sendiri metodenya.

Baca Juga :

4. Hapus File Foto, Audio, dan Video Yang Tidak Disukai

Solusi keempat yang bisa anda coba yakni menghapus sebagian file yang sudah tidak anda sukai atau tidak penting. Banyaknya file yang anda simpan, terutama foto, audio, dan video menjadikan memori cepat habis.

5. Manfaatkan Cloud Storage

Untuk mengakalinya, anda bisa manfaatkan Cloud Storage. Dengan Cloud Storage, anda bisa menyimpan banyak data atau file secara online, tanpa harus repot menghapus file tersebut. Lebih mudahnya, anda bisa gunakan aplikasi Galeri dari QuickPic. Aplikasi tersebut memiliki fitur Cloud Storage yang bisa anda manfaatkan secara gratis dalam menyimpan file secara online.

6. Format SD Card

Solusi keenam yang bisa anda lakukan yakni Format SD Card. Cara ini anda lakukan apabila pesan notifikasi tersebut terus muncul dan tidak bisa hilang sama sekali. Tapi sebelum melakukan format MicroSD, pastikan anda memindah semua data atau file dari MicroSD ke komputer atau Laptop. Dan setelan itu, barulah anda mencoba untuk format MicroSD.

Setelah anda melakukan format, anda bisa mematikan smartphone, mencabut MicroSD dan memasangnya kembali. Semoga dengan cara ini memori eksternal anda bisa normal kembali.

Baca Juga :

Dengan adanya beberapa metode diatas, semoga pesan notifikasi kartu SD yang penuh bisa hilang dan tidak muncul lagi. Semua metode diatas bisa anda terapkan pada semua perangkat OPPO seperti OPPO A37, Oppo A59, Oppo R9 Plus, Oppo F1 Plus, Oppo A53, Oppo A33, Oppo Neo 7, Oppo R7s, Oppo R7 Lite, Oppo R5s, Oppo Mirror 5s, Oppo Mirror 5, Oppo Joy 3, Oppo R7 Plus, Oppo Neo 5 2015, Oppo Neo 5s, Oppo Mirror 3, Oppo Joy Plus, Oppo Find 5 Mini, Oppo Yoyo, Oppo N3, Oppo N1 Mini, dan perangkat OPPO lainnya.

Baca Juga :

Demikian ulasan singkat mengenai Cara Mengatasi “Memori Kartu SD Tidak Cukup” Di Smartphone OPPO, semoga bisa membantu dan bermanfaat. Jika ada sesuatu yang ingin anda tanyakan atau sampaikan, silahkan tulis melalui kolom komentar dibawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here