Mengatasi Kamera Gagal di HP Samsung

Dianisa.com – Cara Mengatasi Kamera Gagal di Perangkat Samsung Semua Seri. Perangkat Samsung merupakan salah satu perangkat yang sangat dikenal oleh masyarakat dunia, terutama para penggemar smartphone Android. Setiap beberapa bulan sekali, vendor Samsung selalu menghadirkan berbagai varian #Smartphone menarik dengan spesifikasi yang begitu mengesankan. Walau begitu, ada sebagian pengguna yang mengeluh pada sektor softwarenya, terutama pada bagian Kamera. Smartphone Samsung Galaxy sering kali memunculkan pesan bertuliskan “Warning, Camera Failed”. Pesan tersebut dapat diartikel Kamera Gagal atau tidak bisa digunakan.

Baca Juga :

Mengatasi Kamera Gagal di HP Samsung Galaxy

Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi metode ke anda semua, khususnya pengguna Samsung Galaxy mengenai Cara Mengatasi Kamera Gagal Atau Camera Failed Di HP Samsung Semua Tipe. Metode yang akan saya berikan kali ini cukup mudah dan sederhana. Saya tidak bisa memastikan apakah nantinya bisa berhasil 100% atau tidak, namun sebelumnya anda coba terlebih dahulu dan lihatlah hasilnya di akhir. Langsung saja, simak beberapa Metode Mengatasi Kamera Gagal Di HP Samsung berikut ini.

1. Restart Smartphone

Hal paling gampang dan mudah anda lakukan untuk pertama kalinya adalah restart atau reboot smartphone Samsung yang anda miliki. Terkadang dengan restart, semua permasalah bisa hilang, terutama pada aplikasi Kamera. Apalagi tidak berhasil, maka cobalah dengan metode berikutnya atau metode kedua.

2. Bersihkan Cache Kamera

Metode kedua yang bisa anda coba yakni membersihkan cache pada aplikasi kamera. Anda bisa menggunakan aplikasi Cleaner untuk menghapus cache aplikasi kamera. Atau anda juga bisa melakukannya secara manual langsung pada aplikasi kamera. Dan untuk menghapus cache aplikasi, silahkan anda simak langkah – langkahnya dibawah ini.

  • Masuk pada Menu Settings » Manager Application » All » Selanjutnya cari aplikasi “Camera/Kamera”. Tap “Hapus Cache”.

Baca Juga :

3. Hentikan dan Hapus Data Aplikasi Kamera

Untuk yang ketiga, anda bisa menghentikan dan menghapus data aplikasi kamera. Menghapus data akan menghilangkan data yang bersifat sementara seperti basis data, history, cache, bookmart, pengaturan, dan lainnya. Artinya aplikasi kamera akan kembali pada posisi default. Dengan melakukan cara ini, biasanya aplikasi kamera bisa normal kembali. Dan untuk menghapus data aplikasi kamera, silahkan anda simak langkah – langkahnya dibawah ini.

4. Gunakan Aplikasi Kamera Lain

Apabila aplikasi kamera bawaan tidak bisa digunakan sama sekali atau failed terus menerus, maka cobalah untuk menggunakan aplikasi kamera dari pihak ketiga. #Google Play Store menyediakan banyak aplikasi kamera yang bagus dan cocok untuk semua perangkat Android, terutama untuk Samsung Galaxy.

Baca Juga :

5. Upgrade Firmware

Dan untuk yang kelima, anda bisa mencoba untuk upgrade OS android atau firmware dari perangkat Samsung Galaxy yang anda miliki. Dengan Upgrade, semoga semua bugs atau kerusakan yang ada pada smartphone bisa hilang secara menyeluruh. Dan untuk upgrade Firmware Samsung, silahkan anda simak langkah – langkahnya dibawah ini.

  • Masuk pada menu Settings » About Device » Software Update.

Baca Juga :

6. Lakukan Wipe Cache Partition

Untuk yang keenam, anda bisa mencoba untuk melakukan Wipe Cache Partition atau menghapus cache pada perangkat Samsung yang anda miliki. Cara ini akan menghapus Cache secara menyeluruh, baik pada sistem, aplikasi bawaan, atau aplikasi dari pihak ketiga. Menariknya, cara ini cukup efektif dan cepat dalam membersihkan cache aplikasi. Dan untuk melakukannya, anda bisa masuk pada menu recovery mode. Lebih jelasnya, silahkan anda simak langkah – langkahnya dibawah ini.

  1. Langkah pertama, pastikan smartphone Samsung yang anda miliki dalam keadaan mati atau off.
  2. Selanjutnya, tekan tombol “Power + Home + Volume Up” secara bersamaan selama beberapa saat sampai nantinya muncul logo SAMSUNG.
  3. Jika sudah muncul logo SAMSUNG, lepaskan ketiga tombol yang anda tekan tersebut.
  4. Setelah itu, anda sudah bisa masuk pada menu Recovery Mode. Kemudian anda bisa mencoba untuk melakukan “Wipe Cache Partition”.
  5. Jika sudah, anda bisa restart kembali smartphone anda.

Selesai.

Baca Juga :

7. Factory Reset Smartphone

Apabila yang keenam tidak berhasil sama sekali, solusi terakhir yang bisa anda coba yakni melakukan factory reset atau mengembalikan smartphone ke setelan pabrik. Cara ini sebenarnya cukup menyedihkan, karena semua data aplikasi akan hilang. Sementara itu, untuk data yang tersimpan seperti foto, video, aplikasi apk, dan audio bisa anda backup terlebih dahulu. Dan untuk melakukan factory reset, silahkan anda simak langkah – langkahnya dibawah ini.

  • Masuk pada menu Settings » Backup dan Reset » Selanjutnya, anda bisa tap “Factory Reset” dan tekan tombol “OK”.

Baca Juga :

8. Minta Bantuan Service Center

Dan apabila semua metode diatas tidak bisa membuahkan hasil sama sekali, maka anda bisa meminta bantuan pada Service Center Samsung. Biasanya Service Center tersedia di banyak kota besar di Indonesia, bisa di Surabaya, Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Semarang, dan kota – kota lainnya.

Semua metode yang saya berikan diatas memang tidak bisa dikatakan 100% berhasil. Tetapi setidaknya anda coba terlebih dahulu agar tahu hasilnya seperti apa. Semua metode diatas bisa anda terapkan pada semua tipe Samsung seperti Samsung Galaxy J1 mini prime, Samsung Galaxy J3 Emerge, Samsung Galaxy C7 Pro, Samsung Galaxy A7 (2017), Samsung Galaxy A5 (2017), Samsung Galaxy A3 (2017), Samsung Galaxy Grand Prime Plus, Samsung Galaxy J2 Prime, Samsung Galaxy C9 Pro, Samsung Galaxy A8 (2016), Samsung Galaxy On8, Samsung Galaxy On7 (2016), Samsung Gear S3 classic, Samsung Gear S3 frontier, Samsung Gear S3 frontier LTE, Samsung Galaxy J5 Prime, Samsung Galaxy J7 Prime, Samsung Z2, Samsung Galaxy Note7 (USA), dan masih banyak lagi.

Baca Juga :

Demikian ulasan singkat mengenai Cara Mengatasi Kamera Gagal Di HP Samsung Semua Tipe, semoga bisa membantu dan bermanfaat. Jika ada sesuatu yang ingin anda tanyakan atau sampaikan, silahkan tulis melalui kolom komentar dibawah ini atau chat melalui fanspage facebook Dianisa. Terima kasih dan selamat mencoba!!!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here