Mengatasi HP Samsung Lemot

Dianisa.com – Cara Mengatasi Smartphone Samsung Galaxy Terasa Lemot dan Lambat. Performa dari sebuah smartphone biasanya menjadi pertimbangan terpenting saat ingin membeli #Smartphone Android baru, khususnya untuk tipe Samsung Galaxy. Banyaknya varian smartphone Android berspesifikasi mumpuni menjadi opsi menarik dari para pengguna ponsel Android. RAM dan Processor selalu menjadi perhatian, karena disitulah letak performa dari smartphone Android. Namun seiring berkembangnya waktu, sebesar apapun kapasitas pasti kedepannya dapat mengalami lag atau lemot.

Baca Juga :

Mempercepat Performa HP Samsung Yang Lemot

Kenapa HP Samsung Galaxy Saya Terasa Lemot dan Lambat? Karena smartphone membutuhkan perawatan secara software yang berkala. Tak hanya Smartphone, perangkat lain seperti #Laptop atau Komputer juga membutuhkan hal yang sama. Meski hardware memiliki space yang cukup tinggi dan terbaik di kelasnya, namun jika tidak dilakukan perawatan pasti lama kelamaan akan terjadi kelambatan atau lemot. Pada artikel kali ini saya akan memberikan beberapa Tips Cara Mengatasi Smartphone Samsung Yang Lemot, Lambat, Dan Lag. Lebih jelasnya, silahkan anda simak ulasannya berikut ini.

1. Bersihkan Cache Aplikasi

Hal sederhana dan paling mudah pertama yang bisa anda coba lakukan yakni membersihkan file sampah atau file cache. Penumpukan file cache yang berlebih pada memori dapat membuat performa smartphone menurun. Gunakan #Aplikasi Cleaner untuk membersihkan file cache dengan mudah dan cepat hanya dengan satu kali klik. Atau jika anda ingin mencoba cara manual, silahkan anda simak langkah – langkahnya dibawah ini.

  • Masuk pada Menu Settings » Manager Application » All » Selanjutnya cari “NAMA APLIKASI”. Tap “Hapus Cache”.

Baca Juga :

2. Gunakan Antivirus Terbaik

Selanjutnya untuk yang kedua, anda bisa menggunakan antivirus untuk mengamankan dan membersihkan virus yang menempel pada sistem Android anda. Gunakan antivirus terbaik untuk melakukan scanning pada memori internal dan eksternal HP Samsung yang anda miliki. INGAT! Gunakan 1 antivirus saja, tidak lebih dari itu.

Baca Juga :

3. Gunakan Aplikasi Boost

Untuk aplikasi Boost sebenarnya hampir sama dengan aplikasi Cleaner. Namun disisi lain ada bagian yang mampu melakukan dorongan atau boost pada memori RAM sehingga mampu membuat performa lebih baik dan lebih powerfull. Untuk mendapatkannya, anda bisa mencarinya langsung dari Google Play Store.

Baca Juga :

4. Hilangkan Widget Pada Home Screen

Selanjutnya untuk yang keempat, anda bisa menghilangkan Widget pada Home Screen. Perlu anda ketahui bahwa memasang banyak Widget dapat membuat smartphone terasa lemot atau lambat. Hal ini dikarenakan memori RAM digunakan untuk menyalakan Widget. Untuk Smartphone dengan kapasitas RAM yang besar tentu tidak masalah, namun untuk smartphone dengan kapasitas RAM kecil tentu akan terasa lambat.

Baca Juga :

5. Hapus Aplikasi Yang Tidak Dipakai

Aplikasi yang sudah tidak anda gunakan atau tidak dipakai sebaiknya anda hapus. Dengan cara ini, memori Internal anda pasti akan lebih lega dan tidak termakan oleh aplikasi yang tidak penting. Seperti misalnya jika anda menginstall aplikasi Game, dan saat ini game tersebut sudah tidak pernah anda gunakan atau mainkan maka sebaiknya anda hapus saja game tersebut.

  • Masuk pada Menu Settings » Manager Application » All » Selanjutnya cari “NAMA APLIKASI”. Tap “Uninstall Aplikasi”.

Baca Juga :

6. Non-Aktifkan Aplikasi Yang Tidak Dipakai

Untuk yang keenam, cobalah untuk menonaktifkan aplikasi yang jarang anda gunakan, terutama pada aplikasi yang banyak memakan data Internet. Pada perangkat Samsung biasanya sudah dilengkapi dengan fitur yang bisa menonaktifkan aplikasi sementara waktu. Dan dilain waktu, anda bisa mengaktifkannya kembali.

Baca Juga :

7. Factory Reset Smartphone

Untuk solusi ke tujuh, anda bisa mencoba melakukan factory reset atau mengembalikan smartphone ke pengaturan pabrik. Dengan cara ini, pastikan smartphone Samsung yang anda miliki akan terasa baru dan semua aplikasi akan terasa ringan saat anda gunakan. Tapi sebelum melakukan factory reset, pastikan anda melakukan backup pada semua data yang anda miliki. Simak langkah – langkah factory reset dibawah ini.

  • Masuk pada menu Settings » Backup dan Reset » Selanjutnya, anda bisa tap “Factory Reset” dan tekan tombol “OK”.

Baca Juga :

8. Gunakan Smartphone Sewajarnya

Selanjutnya untuk yang terakhir adalah anda bisa menggunakan perangkat Samsung sewajarnya saja. Tidak perlu melakukan aktifitas multitasking yang berlebihan. Selain itu, lakukan perawatan secara software untuk memaksimalkan setiap aplikasi yang berjalan.

Dengan adanya tips – tips diatas, semoga performa smartphone anda bisa lebih maksimal dan mantap. Semua metode diatas bisa anda terapkan pada semua perangkat Samsung seperti Samsung Galaxy J1 mini prime, Samsung Galaxy J3 Emerge, Samsung Galaxy C7 Pro, Samsung Galaxy A7 (2017), Samsung Galaxy A5 (2017), Samsung Galaxy A3 (2017), Samsung Galaxy Grand Prime Plus, Samsung Galaxy J2 Prime, Samsung Galaxy C9 Pro, Samsung Galaxy A8 (2016), Samsung Galaxy On8, Samsung Galaxy On7 (2016), Samsung Gear S3 classic, Samsung Gear S3 frontier, Samsung Gear S3 frontier LTE, Samsung Galaxy J5 Prime, Samsung Galaxy J7 Prime, Samsung Z2, Samsung Galaxy Note7 (USA), Samsung Galaxy S5, Galaxy S6 dan S6 Edge, Galaxy S7 dan S7 Edge, Galaxy S8 dan S8 Plus, dan masih banyak lagi.

Baca Juga :

Demikian ulasan singkat mengenai Cara Mengatasi HP Samsung Galaxy Terasa Lemot Dan Sering Macet, semoga bisa membantu dan bermanfaat. Jika ada sesuatu yang ingin anda tanyakan atau sampaikan, silahkan tulis melalui kolom komentar dibawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here