6 Cara Mengatasi Google Play Store Tidak Ada Sambungan (No Connection)

0
613

Dianisa.comSolusi Cara Mengatasi Google Play Store Tidak Ada Sambungan (No Connection) di Android. Google Play Store merupakan tempat untuk mengunduh atau mendapatkan aplikasi dan game Android secara gratis dan aman. Saat ini Google Play Store menyediakan lebih dari 1 Milyar aplikasi, baik itu game, buku, film, aplikasi umum, dan lainnya. Intinya Google Play Store adalah tempat untuk mengunduh aplikasi Android yang sangat lengkap dan aman.

Baca Juga:

Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan tips mengenai Cara Mengatasi Google Play Store Tidak Ada Sambungan Atau No Connection Di Android. Masalah semacam itu memang bisa terjadi pada semua perangkat Android mulai dari Samsung Galaxy, Oppo, Lenovo, Asus Zenfone, Xiomi, HTC, LG, Motorola, OnePlus, Huawai, Smartfren Andromax, Sony Experia, Vivo, ZTE, Acer, Advan, Axioo, dan perangkat Android lainnya.

Mengatasi Google Play Store No Connection di Android

Google Play Store yang loading terus menerus dan akhirnya muncul tulisan “Tidak Ada Sambungan, Atau Periksa Koneksi & Coba Lagi, Atau No Connection”. Itu artinya permasalahan bisa jadi pada jaringan Internet yang lemah, baik itu Jaringan Seluler ataupun dari Jaringan Wi-Fi. Perlu anda ketahui bahwa Google Play Store membutuhkan jaringan/ sinyal dengan kecepatan yang cukup baik supaya loading page bisa sempurna. Maka dari itu jika jaringan di daerah anda serasa sangat lemot, maka tidak heran apabila Google Play Store Muncul Tulisan Tidak Ada Sambungan.

Tapi jika misalnya Jaringan dan kecepatan Internet Android anda cukup baik, namun Google Play Store tetap seperti itu maka bisa jadi penyebabnya adalah file sampah yang terus menumpuk pada Android. Atau bisa juga karena banyaknya aplikasi yang berjalan di background sehingga membuat Google Play Store serasa berat, lemot, dan loading page lama. Untuk mengatasi hal tersebut, ada beberapa metode yang bisa anda coba. Simak metode Cara Mengatasi Play Store Tidak Ada Sambungan Atau No Connection berikut ini.

Metode 1 : Setting Tanggal dan Waktu Android

Metode pertama yang bisa anda lakukan yakni memeriksa tanggal dan waktu Android. Pastikan tanggal dan waktu Android sesuai dengan keadaan saat ini. Jika tidak sesuai kemungkinan besar, akses internet akan terganggu, termasuk Aplikasi Google Play Store. Untuk lebih mudahnya, anda bisa atur tanggal dan waktu pada mode otomatis, sehingga Android akan menyesuaikan tanggal dan waktu sesuai dengan sinyal telepon/ Operator yang anda pakai. Untuk lebih jelasnya, silahkan anda ikuti langkah – langkahnya dibawah ini.

  • Buka menu Pengaturan » Tanggal & Waktu » Centang pada bagian “Tanggal & Waktu Otomatis” dan “Zona Waktu Otomatis”.

Baca Juga :

Metode 2 : Hapus File Cache Android

Metode kedua yang bisa anda coba yakni membersihkan file cache yang ada pada perangkat Android dengan aplikasi Cleaner seperti Clean Master, 1 Tap Cleaner, CCleaner, CM Security, CM Booster, dan aplikasi cleaner lainnya. Anda juga bisa melakukannya secara manual atau satu persatu. Untuk menghapus file sampah Google Play Store, silahkan anda ikuti langkah – langkahnya dibawah ini.

  • Buka menu Pengaturan » Setelan Tambahan » Manajemen Aplikasi » Cari “Google Play Store” » Kemudian tap “Hapus Cache”.

NOTE : Metode di atas saya lakukan pada Smartphone dengan sistem operasi Android Lollipop v5.1.1. Jika anda menggunakan Smartphone beda sistem, anda bisa menyesuaikan sendiri metodenya.

Baca Juga :

Metode 3 : Hapus Data Aplikasi Google Play Store

Metode ketiga yang bisa anda coba yakni menghentikan aplikasi secara paksa dan menghapus data aplikasi Google Play Store. Cara ini akan membuat Google Play Store bersih dari file sampah (Cache), History, Bookmark, Basis Data, Data Login, dan lainnya. Tujuan dari cara ini akan membuat Google Play Store kembali pada setelan awal atau semula. Untuk melakukannya, silahkan anda ikuti langkah – langkahnya dibawah ini.

  • Buka menu Pengaturan » Setelan Tambahan » Manajemen Aplikasi » Semua » Cari aplikasi “Google Play Store” » Kemudian tap “Paksa Berhenti” dan “Hapus Data”.
  • Lakukan hal yang sama pada Google Service Framework, Tap “Paksa Berhenti” dan “Hapus Data”.

NOTE : Metode di atas saya lakukan pada Smartphone dengan sistem operasi Android Lollipop v5.1.1. Jika anda menggunakan Smartphone beda sistem, anda bisa menyesuaikan sendiri metodenya.

Baca Juga :

Metode 4 : Mengubah APN (Access Point Name)

Coba Alternati lain dengan mengubah APN pada operator atau kartu SIM yang anda gunakan. Pastikan anda melakukannya dengan benar dan pastikan juga Android bisa terkoneksi pada jaringan Internet. Untuk mengubah setelan APN, silahkan anda ikuti langkah – langkahnya dibawah ini.

  • Buka menu Pengaturan » Jaringan Lainnya » Jaringan seluler. Kemudian pilih menu Nama Poin Akses dan tambahkan dengan APN baru. (Sumber : HeyRiad.com)

Metode 5 : Tutup Aplikasi Lain Yang Berjalan di Background

Untuk meringankan beban Android sebaiknya anda tutup aplikasi lain yang berjalan pada background, salah satunya adalah Aplikasi sosial dan Messenger seperti BBM, LINE, WhatsApp, dan lainnya. Tutup sementara waktu supaya beban Android tidak terlalu besar, dan data internet lebih fokus pada Google Play Store saja. Untuk menutup aplikasi, anda bisa ikuti langkah – langkahnya dibawah ini.

  • Buka menu Pengaturan » Setelan Tambahan » Manajemen Aplikasi » Semua » Cari “Nama Aplikasi” » Kemudian tap “Paksa Berhenti”.

NOTE : Metode di atas saya lakukan pada Smartphone dengan sistem operasi Android Lollipop v5.1.1. Jika anda menggunakan Smartphone beda sistem, anda bisa menyesuaikan sendiri metodenya.

Baca Juga:

Metode 6 : Reboot Smartphone Android

Untuk hasil yang lebih baik dan lebih sempurna sebaiknya anda restart atau reboot smartphone atau tablet Android anda. Tunggu beberapa saat, dan nyalakan data internet. Cobalah untuk membuka kembali Google Play Store, semoga nantinya bisa masuk dan loading bisa normal kembali.

Untuk menghindari lola karena jaringan yang kurang bagus atau lemah, sebaiknya carilah tempat yang lebih baik atau bisa juga nongkrong pada area Wi-Fi dengan koneksi cepat, seperti misalnya WIFi.id. Layanan Wi-Fi yang disediakan oleh Telkomsel sudah pasti koneksinya cepat.

Baca Juga:

Demikian ulasan singkat mengenai Cara Mengatasi Play Store Tidak Ada Sambungan Internet. Bagikan artikel diatas melalui sosial media supaya lebih berguna dan bermanfaat. Jika ada sesuatu yang ingin anda tanyakan atau sampaikan, silahkan tulis melalui kolom komentar dibawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here