6 Cara Mengatasi Getar Android Tidak Berfungsi (Hilang)

0
1580

Dianisa.comCara Mengatasi Getar di HP Android Hilang dan Tidak Berfungsi Sama Sekali. Getar pada Smartphone dan Tablet Android terkadang memang sangat penting dan terkadang tidak begitu penting. Biasanya getar yang digunakan pada saat waktu – waktu tertentu saja seperti misalnya pada saat Meeting, Belajar, dan di tempat – tempat tertentu yang tidak diperbolehkan untuk membesarkan volume dering pada smartphone.

Baca Juga:

Fitur getar memang sangat jarang digunakan, tapi bukan berarti kita mengabaikannya. Sebagai pengguna Android kita memang jarang menggunakan fitur vibrate, tapi sebenarnya ini bisa menjadi alternatif supaya tidak berisik dan menggangu orang lain saat ada pesan/ SMS masuk, panggilan telepon masuk, notifikasi masuk baik itu dari sosial media, Aplikasi Messenger, ataupun game tertentu. Dengan getar anda tetap akan tahu notifikasi masuk, tetapi tidak menggangu penguna lain.

Bagi anda yang mendapat masalah pada getar Android yang tidak berfungsi, anda tenang dan tidak perlu khawatir karena kali ini saya akan membantu anda dengan beberapa metode yang semoga saja bisa mengatasi masalah tersebut.

Mengatasi Getar Android Hilang dan Tidak Berfungsi

Penyebab mengenai getar Android yang hilang bisa terjadi karena pengguna melakukan Root atau bisa juga karena Costum ROM. Perlu anda ketahui bahwa Root tidak semuanya berdampak baik, bisa saja terjadi kerusakan, terutama pada software dan salah satunya adalah getar Android hilang. Selain itu, Costum ROM juga tidak semuanya bisa baik, terkadang ada beberapa aplikasi yang macet, error, rusak, dan lebihnya lagi getar hilang (Tidak Berfungsi).

Ada beberapa metode yang bisa anda lakukan supaya getar Android bisa berfungsi kembali. Dan untuk metode yang saya berikan bisa anda ikuti pada semua merek smartphone seperti Samsung Galaxy, Oppo, Lenovo, Asus Zenfone, Xiomi, HTC, LG, Motorola, Vivo, Meizu, Smartfren Andromax, Sony Experia, dan lainnya yang masih banyak lagi.

Metode 1 : Pastikan Fitur Getar Sudah Dalam Kondisi Aktif

Sebelum ke metode yang lebih ribet, anda pastikan dulu sudah mengaktifkan getar pada Android anda. Karena tidak lucu juga jika anda mengatakan Getar Android tidak berfungsi padahal memang belum anda aktifkan. Nah, untuk cek fitur getar pada Android, anda bisa simak langkah – langkahnya dibawah ini.

  • Buka Menu Pengaturan » Suara dan Notifikasi » Getar Saat Dering.

Setiap perangkat Android biasanya memiliki cara yang berbeda – beda untuk melihat fitur getar pada Android, maka dari itu anda harus bisa menyesuaikan dengan perangkat Android yang anda gunakan.

Metode 2 : Bersihkan File Cache Android

Metode kedua yang bisa anda lakukan yakni membersihkan sampah pada smartphone Android anda. Anda bisa gunakan aplikasi cleaner seperti Clean Master, CCleaner, 1 Tap Cleaner, CM Booster, dan lainnya. Anda bisa unduh aplikasi semacam itu secara gratis langsung dari Google Play Store. Untuk lebih jelasnya lagi, anda juga bisa ikuti metodenya dengan menyimak ulasan artikelnya dibawah ini.

Baca Juga :

Metode 3 : Matikan Smartphone Android Anda

Setelah membersihkan sampah Android, alangkah lebih baiknya anda mematikan smartphone Android anda, kemudian dilanjutkan dengan melepaskan baterai, SIM Card, dan SD Card. Diamkan beberapa saat supaya tidak ada daya yang masuk ke Smartphone. Selanjutnya anda aktifkan kembali android anda, semoga nantinya getar bisa berfungsi kembali.

Tujuan dari cara ini adalah supaya Smartphone Android melakukan Boot Ulang dengan lebih fresh tanpa adanya error apapun.

Metode 4 : Update OS Android

Selanjutnya metode ke empat, anda bisa update OS Android. Tujuan dari cara ini adalah menghilangkan bugs dan kerusakan pada Smartphone, memperbaiki aplikasi bawaan yang error dan salah satunya adalah getar pada Android. Dengan Update OS diharapkan getar Android anda bisa pulih kembali. Dan untuk update OS Android, anda bisa simak langkah – langkahnya dibawah ini.

Baca Juga :

Metode 5 : Factory Reset

Metode kelima yang bisa anda lakukan yakni mengembalikan smartphone ke pengaturan awal/ pabrik. Cara ini sebenarnya bukan cara pilihan, tapi mau tidak mau anda harus melakukannya supaya Android anda bisa normal kembali dan getar Android bisa berfungsi kembali. Sebelum anda melakukan factory reset, anda harus mem-backup semua file yang anda miliki supaya bisa anda kembali disaat Android anda sudah normal kembali. Untuk melakukan factory riset, anda bisa ikuti langkah – langkahnya dibawah ini.

  • Buka Menu Pengaturan » Buat Cadangan & Setel Ulang » Kembalikan Ke Pengaturan Pabrik » Pilih “Reset Ulang Telepon”.

Baca Juga :

Metode 6 : Bawa Ke Service Center

Jika semua cara diatas tidak berhasil mengatasi getar Android yang hilang maka terpaksa anda harus bawa ke Service Center, itupun jika memang anda mau melakukannya. Dengan membawa smartphone ke Service Center, anda bisa tanyakan langsung pada orang yang lebih ahli di sana, dan anda akan dikasih tau apakah yang rusak adalah komponen Hardware ataupun Software.

Baca Juga:

Demikian ulasan singkat mengenai Cara Mengatasi Getar Android Tidak Berfungsi Sama Sekali, semoga bisa membantu dan bermanfaat. Jika ada sesuatu yang ingin anda tanyakan atau sampaikan, silahkan tulis melalui kolom komentar dibawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!!

Sumber Referensi : HeyRiad.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here