Mengatasi Kamera Gagal di HP Samsung

Dianisa.com – Cara Mengatasi Kamera Error dan Tidak Terhubung di Samsung Galaxy. Kamera menjadi bagian yang sangat dibutuhkan bagi para pengguna #Smartphone dan tablet android, khususnya pengguna Samsung Galaxy. Dengan adanya kamera, pengguna bisa mengambil momen dari semua sisi dengan mudah dan cepat. Lebihnya lagi, resolusi kamera yang tinggi mampu hasilkan kualitas gambar yang sangat baik. Lalu, bagaimana jika kamera Samsung mengalami masalah seperti tidak terhubung atau muncul pesan error bertuliskan “Warning, Camera Failed”.

Baca Juga :

Mengatasi “Warning, Camera Failed” Di HP Samsung

Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi metode ke anda semua, khususnya pengguna Samsung Galaxy mengenai Cara Mengatasi “Warning, Camera Failed” Di HP Samsung. Masalah mengenai kamera yang gagal atau tidak terhubung memang sering di alami oleh para pengguna perangkat Samsung seperti Samsung Grand Prime, Galaxy S, Galaxy Young, Galaxy Mega, Galaxy V, Galaxy S5, Galaxy A3, Galaxy A5, Galaxy A7, Galaxy C5, Galaxy C7, Galaxy C9, Galaxy J2 Ace, dan tipe – tipe Samsung lainnya. Dan untuk mengatasi masalah tersebut, cobalah dengan beberapa metode sederhana berikut ini.

1. Restart Smartphone

Hal paling simple atau sederhana pertama yang bisa anda lakukan yakni me-restart smartphone Samsung yang anda miliki. Dengan cara ini biasanya smartphone akan normal kembali, dan kamera bisa digunakan seperti biasanya. Jika tidak berhasil, cobalah untuk melakukan metode kedua.

2. Bersihkan Cache Aplikasi

Untuk metode berikutnya yakni membersihkan file cache aplikasi kamera. Membersihkan file cache akan membuat kamera lebih fresh dan lebih ringan saat digunakan. Gunakan aplikasi Cleaner untuk membersihkan file cache Android, atau untuk cara manual bisa langsung menuju pada aplikasi kamera. Untuk lebih jelasnya, anda bisa simak langkah – langkahnya dibawah ini.

  • Masuk pada Menu Settings » Manager Application » All » Selanjutnya cari aplikasi “Camera/Kamera”. Tap “Hapus Cache”.

Baca Juga :

3. Hentikan dan Hapus Data Aplikasi

Untuk metode ketiga, pengguna bisa mencoba untuk menghentikan dan menghapus data aplikasi Kamera. Cara ini akan membersihkan data kamera yang bersifat sementara seperti pengaturan pada kamera, history, cache, basis data, bookmark, dan lainya. Tenang saja, ini bukanlah menghapus aplikasi, tetapi hanya menghapus data aplikasi kamera. Dan untuk melakukannya, silahkan anda simak langkah – langkahnya dibawah ini.

  • Masuk pada menu Settings » Manager Application » All » Selanjutnya cari aplikasi “Camera/Kamera”. Tap “Paksa Berhenti” dan “Hapus Data”.

Baca Juga :

4. Gunakan Aplikasi Lain

Untuk yang keempat, anda bisa gunakan aplikasi kamera lain atau aplikasi dari pihak ketiga. Karena aplikasi kamera bawaan anda tidak bisa dipakai, maka anda bisa mencari aplikasi kamera langsung dari #Google Play Store.

Di Google Play Store, anda bisa mendapatkan banyak aplikasi kamera dengan kualitas terbaik. Seperti misalnya aplikas Camera360. Dengan aplikasi tersebut, anda tidak hanya mendapatkan fitur kamera saja, tetapi juga mendapatkan fitur edit foto juga.

Baca Juga :

5. Upgrade OS

Untuk solusi ke lima, anda bisa mencoba untuk meng-upgrade OS Android. Dengan melakukan cara ini, biasanya Bugs dan kerusakan yang terjadi bisa hilang, terutama pada aplikasi bawaan seperti kamera. Adapun untuk Upgrade OS Android, anda perlu mengkoneksikan dengan signal WiFi. Dan untuk melakukannya, silahkan anda simak langkah – langkahnya dibawah ini.

  • Masuk pada menu Settings » About Device » Software Update.

Baca Juga :

6. Factory Reset

Solusi ke enam, anda bisa mencoba melakukan Factory Reset. Sebelum melakukan cara ini, pastikan anda melakukan backup pada semua data yang anda simpan, baik di Internal atau eksternal. Lakukan penyalinan pada memori lain seperti flashdisk atau Laptop. Dan untuk factory reset, silahkan anda simak langkah – langkahnya dibawah ini.

  • Masuk pada menu Settings » Backup dan Reset » Selanjutnya, anda bisa tap “Factory Reset” dan tekan tombol “OK”.

Baca Juga :

7. Bawa Ke Service Center

Apabila semua metode diatas tidak berhasil mengatasi kamera samsung yang bermasalah, maka solusi terakhir anda bisa membawanya ke Service Center. Di tempat tersebut, anda bisa bertanya mengenai permasalah yang anda hadapi, dan yang pasti Tim akan membantu menangani masalah tersebut.

Semua metode yang saya berikan diatas memang tidak bisa dikatakan 100% berhasil. Tetapi setidaknya anda coba terlebih dahulu agar tahu hasilnya seperti apa. Semua metode diatas bisa anda terapkan pada semua tipe Samsung seperti Samsung Galaxy J1 mini prime, Samsung Galaxy J3 Emerge, Samsung Galaxy C7 Pro, Samsung Galaxy A7 (2017), Samsung Galaxy A5 (2017), Samsung Galaxy A3 (2017), Samsung Galaxy Grand Prime Plus, Samsung Galaxy J2 Prime, Samsung Galaxy C9 Pro, Samsung Galaxy A8 (2016), Samsung Galaxy On8, Samsung Galaxy On7 (2016), Samsung Gear S3 classic, Samsung Gear S3 frontier, Samsung Gear S3 frontier LTE, Samsung Galaxy J5 Prime, Samsung Galaxy J7 Prime, Samsung Z2, Samsung Galaxy Note7 (USA), dan masih banyak lagi.

Baca Juga :

Demikian ulasan singkat mengenai Cara Mengatasi Kamera Samsung Muncul Pesan Failed Dan Error, semoga bisa membantu dan bermanfaat. Jika ada sesuatu yang ingin anda tanyakan atau sampaikan mengenai artikel diatas, silahkan tulis melalui kolom komentar atau chat melalui fanspage facebook Dianisa. Terima kasih dan selamat mencoba!!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here