4 Cara Mengatasi Bootloop di HP Android Mudah dan Cepat

0
686

Dianisa.comCara Mengatasi HP Android Bootloop Tidak Bisa Booting. Setiap perangkat Android pastinya memiliki spesifikasi dan keunggulan yang berbeda – beda. Performa yang mantap dengan dukungan multitasking yang maksimal menjadi pilihan terbaik dari para pengguna Android. Namun sebagus dan secanggih – canggihnya smartphone pastinya juga akan mengalami masalah, bisa pada software atau pada hardware. Dan kebanyakan masalah memang sering terjadi pada software, seperti aplikasi terinstall, aplikasi bawaan, sistem android, dan lainnya.

Baca Juga :

Bootloop merupakan salah satu masalah yang sering terjadi pada sebagian pengguna Android yang suka melakukan oprek pada sistem Android. Adapun masalah Bootloop bisa terjadi pada semua perangkat Android seperti pada OPPO, Lenovo, Asus Zenfone, HTC, LG, Motorola, Xiaomi, Vivo, Samsung, Panasonic, Polytron, Advan, Acer, Axioo, LUNA, Coolpad, dan lainnya. Penyebab bootloop bisa bermacam – macam, bisa karena proses rooting, upgrade OS yang gagal, Costum ROM yang gagal atau corrupt, Flashing Firmware yang tidak berhasil, dan masih banyak lagi.

Cara Mengatasi HP Android Bootloop

Smartphone yang booting terus menerus tanpa henti (bootloop) atau berhenti pada LOGO (Merek Ponsel) tentunya membuat aktifitas multitasking tidak bisa dilakukan sama sekali. Hal semacam ini banyak dipertanyakan oleh para pengguna Android seperti Kenapa Android Saya Dinyalakan Hanya Muncul Logo Ponsel Saja? Mengapa Android Saya Kok Tiba-Tiba Mati? dan Bagaimana Caranya Supaya Hp Saya Bisa Masuk Ke Menu?. Dan untuk mengatasi masalah tersebut, ada beberapa metode yang bisa anda lakukan. Lebih jelasnya, anda bisa simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Metode 1 : Hapus Cache Sistem

Untuk cara paling mudah dan cara paling sederhana pertama yang bisa anda lakukan yakni membersihkan file cache pada sistem dan memori Android. Dan untuk melakukan cara ini, anda harus bisa masuk pada menu Recovery Mode. Menu Recovery Mode pada setiap smartphone pastinya berbeda – beda, dan untuk masuk juga akan berbeda – beda. Anda harus bisa masuk pada menu Recovery Mode sesuai dengan tipe perangkat yang anda gunakan. Sebagai contohnya, anda bisa simak langkah – langkahnya dibawah ini.

  1. Tekan tombol “Power + Volume Down” Secara bersamaan selama beberapa saat sampai muncul LOGO ponsel. Lepaskan kedua tombol yang anda tekan, dan anda akan dibawa pada opsi menu Recovery Mode.
  2. Pilih menu “Advanced”, kemudian anda lanjutkan dengan memilih “Wipe-Dalvik Cache”.
  3. Selanjutnya, anda pilih lagi menu “Mounts & Storage”, lalu pilih opsi “Wipe /Cache”.
  4. Selesai.

RECOVERY MODE :

Metode 2 : Wipe Cache Partition

Dan untuk metode yang kedua, anda bisa mencoba melakukan Wipe Cache Partition. Cara ini akan membersihkan file cache pada partisi memori. Caranya hampir sama dengan yang pertama, yakni melalui menu Recovery Mode. Biasanya hal ini dilakukan Bootloop tipe Medium Bootloop atau sedang. Dan untuk melakukannya, silahkan anda simak langkah – langkahnya dibawah ini.

  1. Tekan tombol “Power + Volume Down” Secara bersamaan selama beberapa saat sampai muncul LOGO ponsel. Lepaskan kedua tombol yang anda tekan, dan anda akan dibawa pada opsi menu Recovery Mode.
  2. Pilih menu “Wipe Cache Partition”, apabila nantiny muncul pesan konfirmasi, anda bisa pilih “Yes”.
  3. Selesai.

RECOVERY MODE :

Metode 3 : Wipe Data/ Factory Reset

Dan untuk metode ketiga, anda bisa mencoba melakukan Wipe Data atau Factory Reset (Hard Reset). Cara ini biasa dilakukan pada pada bootloop tipe berat atau Hard Bootloop. Sebelum melakukan Factory Reset, pastikan anda mem-bakcup semua file yang tersimpan di memori Internal dan Eksternal. Dan untuk melakukan backup dan hard reset, silahkan anda simak langkah – langkahnya dibawah ini.

  1. Tekan tombol “Power + Volume Down” Secara bersamaan selama beberapa saat sampai muncul LOGO ponsel. Lepaskan kedua tombol yang anda tekan, dan anda akan dibawa pada opsi menu Recovery Mode.
  2. Pilih menu “Backup & Restore”, kemudian pilih “Backup”.
  3. Selanjutnya, anda pilih menu “Wipe Data/ Factory Reset”. Dan apabila pesan notifikasi, anda bisa pilih “Yes”.

Selesai.

Baca Juga :

Metode 4 : Flashing/ Install Firmware

Dan untuk yang terakhir, anda bisa mencoba melakukan flashing atau Install ROM. Sebelum melakukan cara ini, pastikan anda telah memiliki firmware atau Stock ROM sesuai dengan tipe perangkat Android yang anda miliki. Apabila anda belum memiliki Firmware sesuai dengan tipe perangkat, anda bisa mencari – cari di Google. Ketikkan saja firmware sesuai dengan tipe android yang anda miliki. Dan untuk cara flashing pasti juga berbeda – beda, bisa langsung dari SD Card, Via Odin, Flashing Tool, PC, atau yang lainnya.

FIRMWARE :

FLASING ASUS :

FLASHING OPPO :

FLASHING SMARTFREN :

Ada tiga tipe Bootloop yang bisa terjadi pada perangkat Android, seperti Android Light Bootloop, Android Medium Bootloop, dan Android Hard Bootloop. Biasanya dengan factory reset, semua bisa kembali normal. Adapun jika masih error bisa melakukan flashing sesuai dengan penjelasan diatas.

Baca Juga :

Demikian ulasan singkat mengenai Cara Mengatasi Bootloop Pada HP Android Melalui Recovery Mode, semoga bisa membantu dan bermanfaat. Jika ada sesuatu yang ingin anda tanyakan atau sampaikan, silahkan tulis melalui kolom komentar dibawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here