Mengatasi Baterai ASUS Zenfone Cepat Panas

Dianisa.com – Tips Mengatasi Baterai HP ASUS Zenfone Yang Cepat Panas. Banyak dari semua pengguna ASUS Zenfone tentu sudah merasakan yang namanya panas berlebih saat melakukan Aktifitas multitasking. Berbeda dengan smartphone lain, ASUS Zenfone memang sering kali mengalami panas berlebih dan bisa dibilang sangat panas. Hal ini terjadi mungkin karena Hardware ASUS tidak sebagus #Smartphone lain, bukan bermaksud merendahkan tapi kebanyakan ASUS Zenfone dari seri pertama sampai ke lima memang terasa sangat panas.

Baca Juga :

Tips Mengurangi Panas Pada ASUS Zenfone

Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi solusi ke anda semua mengenai Tips Mengurangi Panas Berlebih Pada HP Asus Zenfone. Masalah mengenai penas pada Hardware ASUS Zenfone sebenarnya bisa di akali dengan beberapa tips sederhana. Tidak perlu aplikasi tambahan atau yang lainnya, cukup dengan perawatan dan penggunaan yang tidak melebihi batas maka panas berlebih bisa anda hindari. Simak Tips Mengatasi Panas Berlebih Pada ASUS Zenfone berikut ini.

1. Kurangi Penggunaan Smartphone Yang Berlebihan

Yap, hal paling simple atau sederhana yang bisa anda lakukan yakni jangan terlalu memaksakan smartphone untuk aktifitas berat yang berlebihan. Jika hal ini anda lakukan terus – menerus maka panas pada hardware akan terjadi. Panas yang terjadi sebenarnya ada pada baterai, namun lama – kelamaan akan merambat pada hardware lain.

Jangan membuka terlalu banyak aplikasi yang terhubung ke Internet. Selain itu, jangan terlalu banyak pula membuka tab browser lebih dari 5 tab. Anda harus bisa perkirakan bahwa ASUS Zenfone mudah panas, jadi anda harus pintar dalam mengatur daya dan penggunaan.

2. Jangan Terlalu Sering Bermain Game

Siapa sih yang tidak suka main game, tentunya pasti suka, walaupun tidak semuanya. Game adalah salah satu hiburan murah dan tanpa biaya yang bisa di mainkan di perangkat Android, khususnya ASUS Zenfone. Adapun jika anda ingin bermain game di ASUS Zenfone maka anda harus pintar – pintar dalam bermain.

Anda harus sadar bahwa ASUS Zenfone sangat rentan terhadap panas. Selain itu, baterai dari ASUS Zenfone terbilang sangat boros. Cukup bermain 1 atau 2 jam saja, kemudian anda instirahatkan smartphone anda tersebut. Atau anda bisa jeda saat bermain game, jika baterai terasa sedikit panas, maka anda bisa berhenti bermain game dan melanjutkannya di lain waktu.

Baca Juga :

3. Non-Aktifkan Aplikasi Yang Berjalan di Background

Perlu anda ketahui bahwa sebenarnya ada banyak aplikasi yang berjalan di background, khusunya aplikasi #Sosial Messenger. Aplikasi Sosial Messenger seperti #WhatsApp, BBM, LINE, Facebook Messenger, #Facebook, Twitter, dan juga Instagram adalah aplikasi yang berjalan di background. Selain itu, ada juga game atau permainan yang juga berjalan di background.

Untuk meminimalisir penggunaan Baterai dan Data Internet, sebaiknya anda matikan atau non-aktifkan sebagian aplikasi messenger yang tidak anda gunakan. Hal ini tentu akan sangat baik untuk HP ASUS anda, karena sistem android tidak bekerja terlalu keras dalam mengolah semua aplikasi yang berjalan.

Baca Juga :

4. Turunkan Kecerahan Layar Pada Posisi Dark

Dan untuk yang ke empat, anda bisa mencoba untuk menurunkan Brightness atau kecerahan pada layar pada posisi dark. Hal ini anda lakukan pada waktu gelap saja atau tidak terpapar langsung dengan sinar matahari. Adapun jika anda melakukan aktifitas multitasking langsung terkena paparan sinar matahari, maka anda tidak perlu menurunkan kecerahan layar. Dan untuk menurunkan kecerahan pada ASUS Zenfone, anda bisa simak langkah – langkahnya dibawah ini.

Mengurangi Tingkat Kecerahan Layar ASUS

  • Masuk pada menu Setelan » Tampilan » Tingkat Kecerahan. Kemudian hilangkan centang pada “Kecerahan Otomatis”. Dan Atur Tingkat Kecerahan pada posisi “Dark”.

NOTE : Metode di atas saya lakukan pada Smartphone dengan sistem operasi Android Lollipop v5.0.2. Jika anda menggunakan Smartphone beda sistem, anda bisa menyesuaikan sendiri metodenya.

Baca Juga :

5. Gunakan Fitur Ultra-Saving Mode

Dan untuk yang kelima, anda bisa memanfaatkan Fitur Ultra-Saving Mode. Perlu anda ketahui bahwa fitur Ultra-Saving Mode dalam membuat baterai ASUS Zenfone lebih irit hingga 50% dari biasanya. Dengan adanya fitur semacam ini, tentunya penggunaan daya baterai ASUS Zenfone akan lebih irit. Dan yang pasti, Panas pada ASUS Zenfone tidak akan sering terjadi. Jika anda tertarik untuk menggunakan fitur Ultra-Saving Mode, silahkan anda simak langkah – langkahnya dibawah ini.

Aktifkan Fitur Hemat Baterai ASUS

  • Masuk pada menu Setelan » Power Management » Power Saver. Kemudian pilih “Mode Baterai”.

Baca Juga :

6. Matikan Smartphone Saat Pengisian Daya

Di waktu anda men-charging smartphone ASUS, maka sebaiknya anda mematikan smartphone anda. Hal ini anda lakukan agar smartphone tidak panas saat sedang di charging. Selain itu, proses pengisian daya juga akan lebih cepat di waktu anda mematikan smartphone. Atau jika anda tidak ingin mematikan smartphone, anda bisa mengaktifkan Mode AirPlane atau Mode Pesawat Terbang.

Metode diatas dapat anda terapkan pada semua perangkat ASUS seperti pada ASUS Zenfone 2, Zenfone 3, Zenfone 4, Zenfone 5, Zenfone 6, Zenfone C, Zenfone 2 Deluxe, Zenfone 2 Laser, Zenfone 3 Ultra, Zenfone 3 Max, Zenfone Max, Zenfone Selfie, Zenfone Go, dan masih banyak lagi. Apabila ada sedikit perbedaan, maka anda tinggal menyesuaikannya saja.

Baca Juga :

Demikian ulasan singkat mengenai Cara Mengatasi Baterai ASUS Zenfone Cepat Panas Dan Habis, semoga bisa membantu dan bermanfaat. Jika ada sesuatu yang ingin anda tanyakan atau sampaikan terkait baterai ASUS Zenfone, silahakan tulis melalui kolom komentar yang ada dibawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here